Loading...

Beauty Green, Cantik Dengan Peduli Lingkungan

Penulis: Amanda Rubrik: Wanita

Anda mungkin sudah familiar dengan isu-isu pelestarian lingkungan yang saat ini sedang menjadi tren di berbagai aspek kehidupan. Baik itu dalam kegiatan sehari-hari, hingga pemilihan dan penggunaan produk yang dikenal sebagai ‘go green‘.

Jika Anda termasuk salah satu yang peduli dengan keadaan lingkungan, mungkin Anda telah ikut melakukan beberapa aktivitas ‘hijau’ secara bertahap, dengan meminimalisir penggunaan plastik misalnya, menghemat pengeluaran listrik, air dan lain sebagainya.

Beauty Green, Cantik Dengan Aktivitas Peduli Lingkungan

Loading...

Bagi Anda yang  gemar membeli dan menggunakan produk-produk kecantikan, mungkin Anda patut mencoba cara baru menjaga lingkungan dan tetap cantik saat bersama, yaitu dengan menjalankan aktivitas beauty green.

Untuk menjalankan tentu tidak sulit, hanya perlu dibiasakan dan dibuktikan jika Anda mencintai dan ingin melestarikan alam, tentunya dengan cara sebagai berikut:

1. Memilih Kemasan ‘Hijau’

Ya, hal pertama yang Anda dapat lakukan adalah dengan memilih kemasan produk yang ramah lingkungan, yaitu yang terbuat baik dari produk alam atau produk daur ulang.

Meski sebagian besar kemasan produk terbuat dari plastik, namun ada juga beberapa plastik yang merupakan plastik daur ulang. Jika tidak, mungkin anda bisa berpikir dua kali sebelum membuang produk berbahan plastik tersebut dan menjadikannya wadah atau benda lain yang memiliki fungsi sebagai kreasi ramah lingkungan.

Anda juga dapat memilih kemasan yang lebih ramah lingkungan seperti yang terbuat dari kertas, bambu dan lain sebagainya.

2. Tes pada Hewan

Jika Anda jeli, mungkin Anda dapat melihat di belakang kemasan produk yang biasanya tertulis bahwa produk tersebut tidak dites atau diujicobakan pada hewan.

Hal ini dapat kita lakukan untuk mencegah uji coba yang memakan banyak hewan sebagai korbannya.

3. Organik

Ya, ada beberapa produk kosmetik yang berbahan alami.

Hal ini selain dapat bermanfaat lebih baik pada kulit karena jauh dari bahan kimia, produk dengan bahan-bahan organik juga dapat meningkatkan kebutuhan pada alam sehingga orang akan lebih terdorong untuk melestarikannya.

Sebagian besar produk kosmetik berbahan organik memang lebih mahal ketimbang yang tidak, tapi melihat manfaat yang besar baik untuk kita dan alam, mengapa tidak?

4. Memberdayakan Masyarakat Lokal

Ketimbang membeli produk kosmetik yang sudah sangat populer akan namanya, mungkin anda dapat mulai mempertimbangkan untuk membeli produk kecantikan yang diproduksi oleh komuninas lokal tertentu.

Produk-produk yang homemade ini selain lebih alami dalam pemilihan bahannya,  juga dapat memberdayakan masyarakat lokal tersebut melalui pembelian kita.

Saat ini juga terdapat beberapa merek produk kecantikan yang turut menyumbangkan sebagian keuntungan untuk kesejahteraan wanita misalnya.

5. Hemat

Hal yang terakhir ini juga merupakan hal yang terpenting, yaitu dengan menghemat penggunaan produk kecantikan.

Coba lihat kembali meja rias Anda, mungkin Anda banyak membeli produk yang pada akhirnya tidak anda habiskan dan terbuang begitu saja.

Anda dapat turut melestarikan alam dengan cara menghemat produk tersebut dan menggunakannya hingga habis. Jika tidak, mungkin Anda dapat memberikannya kepada orang lain yang membutuhkan.

***

Itulah 5 langkah mudah untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan hidup, lewat produk kecantikan.

Semoga bermanfaat!