Loading...

6 Cara Mendidik Anak Agar Makan Sehat Secara Teratur

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga

6 Cara Mendidik Anak Agar Makan Sehat Secara TeraturTERUSKAN.COM – Apakah Anda termasuk ibu yang ingin mendorong anak-anak Anda untuk membuat pilihan makanan sehat?

Anak-anak sering tertarik mencoba makanan apapun yang terlihat menarik tanpa memikirkan tingkat kesehatan di dalamnya. Maka dari itu seorang ibu harus dapat menilai kualitas serta mengatur kebiasaan makan yang sehat untuk anak.

Di bawah ini adalah beberapa ide yang dapat Anda gunakan untuk mendidik anak Anda mengonsumsi makanan sehat yang baik bagi tubuh:

Loading...

Beri anak penjelasan dan informasi tentang makanan

Pasar atau supermarket bisa menjadi kelas publik yang baik untuk mengajarkan anak tentang nilai gizi dalam setiap makanan. Ajarkan balita dan anak-anak tentang warna dan nama buah-buahan serta sayuran.

Kemudian minta mereka untuk membantu Anda memilih buah atau sayuran yang bergizi. Cara ini dapat membuat anak menjadi lebih mengerti tentang makanan sehat.

Berikan anak tantangan untuk belajar membandingkan

Di rumah, Anda dapat mendorong anak Anda untuk membaca bahan-bahan dan kandungan gizi yang terdapat pada kemasan makanan. Ajarkan mereka untuk membandingkan makanan guna membuat pilihan sehat.

Mintalah mereka misalnya untuk membandingkan jumlah serat dan gula dalam sereal favorit mereka dengan orang lain. Jelaskan bahwa setiap orang perlu mengonsumsi lebih banyak serat dan harus mengurangi jumlah gula untuk tetap sehat.

Melatih indra perasa anak

Anak-anak terkadang suka mencicipi makanan yang baru atau belum pernah mereka lihat sebelumnya.

Pelajari semua tentang asal-usul dan cara produksi pangan, kemudian mintalah anak Anda untuk berbincang atau berdiskusi dengan teman-teman mereka tentang bahan apa saja dari makanan khusus yang mereka konsumsi.

Ini dapat berpengaruh baik untuk memberikan pemahaman kepada anak dalam menentukan mana yang sehat dan mana yang tidak.

Bermain game

Anak-anak kecil terutama menyukai suatu permainan. Anda bisa mengajarkan anak dengan cara yang menarik seperti memainkan sebuah game.

Anak biasanya telah diajarkan tentang 4 sehat 5 sempurna di sekolahnya. Bila Anda menyiapkan makanan untuk keluarga, cobalah untuk tidak menyiapkan salah satu dari makanan sehat tersebut.

Sebagai contoh, ketika Anda mempersiapkan nasi, lauk pauk, buah dan sayuran, cobalah untuk tidak menyiapkan segelas susu. Kemudian mintalah anak Anda untuk mencari tahu apa yang kurang.

Biasakan untuk melibatkan anak dengan urusan dapur

Selalu menjadi hal yang menyenangkan untuk mengamati bagaimana anak-anak mengembangkan keterampilan dan kepercayaan diri mereka di dapur.

Minta anak Anda untuk mencuci anggur atau apel hingga bersih. Biasakan untuk melibatkan mereka dalam urusan dapur dan masak-memasak. Cara ini dapat menambah pengetahuan mereka tentang makanan sehat.

Mendorong kreativitas kuliner anak

Cobalah mengajarkan anak memasak sedini mungkin. Mereka dapat bereksperimen dan memungkinkan anak-anak untuk menggunakan imajinasi mereka dalam membuat makanan.

Anda dapat meminta anak untuk menyiapkan sendiri bekal makan siang sesuai dengan bahan yang mereka sukai, namun tetap harus sehat.

Itulah beberapa ide yang dapat Anda coba untuk membiasakan anak mengkonsumsi makanan sehat secara teratur. Biasanya anak lebih memilih cemilan aatau makanan manis seperti es krim daripada makanan sehat yang mengenyangkan.

Cobalah untuk tidak memanjakan anak dengan makanan apapun yang tidak sehat. Karena makanan yang sehat akan sangat membantu ketahanan tubuh terutama saat mereka menjelang dewasa.