Loading...

Ini Dia Tips Menanam Kaktus

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Bisnis, Desain

Ini Dia Tips Menanam KaktusTERUSKAN.COM – Kaktus adalah salah satu tanaman favorit sepanjang masa oleh setiap orang yang cinta akan berkebun.

Tanaman ini dapat tumbuh baik di luar ruangan, maupun di dalam ruangan. Namun, orang pada umumnya lebih senang untuk meletakkannya di dalam ruangan.

Sekarang ini, penanaman kaktus dalam pot menjadi bagian dari desain ruangan yang modern. Ada tersedia banyak varietas kaktus dalam pot, mulai dari ukuran sebesar cangkir sampai ukuran pot besar.

Loading...

Kaktus dapat dikatakan sebagai tanaman yang relatif mudah untuk tumbuh, karena jenis tanaman ini tidak membutuhkan banyak perawatan dan perhatian. Tapi tetap saja, jika Anda memiliki waktu luang untuk merawat kaktus Anda, Anda dapat membuatnya tumbuh semakin luar biasa.

Kaktus bisa bertahan dalam berbagai hidrasi, cahaya dan lingkungan panas. Tapi, jika Anda mampu memberikan kondisi yang optimal, itu akan menjadi pilihan yang lebih baik untuk tanaman kaktus Anda.

Sementara itu, Anda juga harus memberikan pengawasan ekstra pada berbagai kaktus yang Anda pilih, jenis pot, tanah dan ketersediaan cahaya yang dibutuhkan. Karena tanaman pot cukup mudah untuk ditangani, Anda bebas untuk memindahkannya ke tempat yang nyaman sesuai dengan keinginan Anda.

Nah, berikut adalah beberapa tips mudah dan efektif yang dapat membantu Anda untuk menanam kaktus dengan baik:

Pemilihan Kaktus

Memilih varietas yang paling cocok adalah salah satu hal yang paling penting saat akan menanam kaktus. Ini bahkan lebih penting dibandingkan dengan memilih ukuran kaktus yang Anda mau.

Jadi, cobalah untuk membuat pilihan yang sempurna yang sesuai dengan suasana ruangan Anda.

Pot Dangkal

Ketika akan memilih pot, pilihlah pot atau wadah yang sesuai dengan ukuran tanaman kaktus yang Anda miliki. Kaktus akan tumbuh dengan baik dalam wadah yang pas.

Namun lebih baik untuk memilih berbagai pot dangkal, dengan ukuran sekitar 10 inci. Hal ini akan membantu memberikan dukungan yang diperlukan untuk tanaman Anda.

Pot Tanah

Selain ukuran pot, jenis atau bahan pot juga harus Anda pertimbangkan dengan baik. Salah satu tips penting saat akan berkebun kaktus adalah dengan menggunakan pot tanah.

Tersedia secara komersial, tanah diformulasikan yang khusus dirancang untuk menumbuhkan kaktus dalam pot. Tanah, kerikil atau pasir dengan nitrogen dan fosfor adalah yang paling umum untuk menemani tanaman Anda tumbuh sehat.

Paparan Sinar Matahari

Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya, adalah bahwa Anda harus memilih tempat di mana terdapat paparan sinar matahari langsung.

Tempatkan kaktus di lokasi yang cerah dan jika tidak, pastikan bahwa tanaman kaktus Anda akan mendapatkan sinar matahari selama 4 hingga 6 jam setiap harinya.

Penyiraman

Salah satu keuntungan utama dari tumbuhan kaktus adalah bahwa Anda tidak perlu menyiraminya setiap hari. Kaktus hanya membutuhkan penyiraman sekitar sekali dalam sebulan.

Berhati-hatilah untuk tidak memberinya asupan air yang berlebihan.

Pemupukan

Terapkan pupuk sekali atau dua kali dalam setahun. Pertimbangkan ukuran kaktus Anda saat menggunakan pupuk.

Selain itu, Anda sebaiknya berhati-hati untuk tidak memberikan pupuk yang berlebihan, karena hal ini tentunya dapat merusak tanaman Anda.

Menambah Kreativitas

Penanaman kaktus menawarkan Anda kesempatan untuk menggunakan kreativitas Anda juga untuk membuatnya lebih menarik.

Anda dapat menanam kaktus dalam wadah yang lebar dan dapat memberikan suasana padang pasir di dalamnya. Anda dapat menghiasinya sesuai dengan imajinasi Anda, misalnya tambahkan hiasan seperti patung unta kecil di dalam wadah.

Ini akan membuat tanaman Anda terlihat lebih menarik.