Loading...

Makanan Tak Terduga Penyebab Bau Mulut

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Makanan Tak Terduga Penyebab Bau Mulut TERUSKAN.COM – Bau mulut adalah salah satu keadaan yang paling tidak menyenangkan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adalah makanan.

Ada jenis makanan tertentu yang dapat mengundang timbulnya bau mulut, misalnya saja bawang putih, bawang merah dan kopi. Namun di samping itu ada pula makanan tidak terduga yang rupanya dapat berpengaruh terhadap timbulnya bau mulut.

Alkohol

Alkohol serta minuman berenergi merupakan salah satu penyebab utama dehidrasi, jika ini terjadi maka produksi air liur akan semakin berkurang. Seperti yang telah kita ketahui, air liur merupakan pembasmi bakteri penyebab bau mulut yang sangat efektif.

Loading...

Selain itu ketika mengkonsumsi minuman elektrolit, dampak dari bau mulut sebenarnya dapat berkurang. Namun tingkat keasaman yang dikandungnya juga mampu membuat mulut Anda kering yang kemudian menyebabkan bau mulut.

Jadi sebaiknya Anda lebih memilih untuk memperbanyak konsumsi air putih.

Susu

Susu adalah minuman yang mudah menempel pada gigi serta mulut Anda, dan ini membuat bakteri dapat berkembang biak dengan cepat.

Selain itu, terdapat beberapa orang yang tidak mampu mencerna susu dengan baik, akibat intoleransi laktosa. Inilah yang kemudian menjadi penyebab bau mulut.

Permen

Terkadang orang mengonsumsi permen untuk mengusir bau mulut, namun rupanya permen justru dianggap sebagai salah satu penyebab bau mulut.

Permen tidak hanya akan membuat gigi Anda berlubang dan keropos, namun juga akan membuat mulut Anda mengeluarkan bau yang kurang sedap. Saat bercampur dengan gula, bakteri yang terdapat dalam mulut akan mengeluarkan senyawa sulfur yang menimbulkan bau.

Jadi disarankan untuk segera menyikat gigi setelah menikmati permen untuk menjaga kesehatan gigi dan membuat nafas Anda lebih segar.

Daging Merah

Ya, daging merah merupakan salah satu jenis makanan yang mampu menyediakan begitu banyak protein untuk tubuh. Kabar buruknya, makanan ini rupanya dapat mengundang bau tak sedap pada mulut Anda.

Jadi setelah mengonsumsi daging merah, cobalah untuk mengunyah permen karet guna menambah produksi air liur dan menghindari bau mulut.

Solusi

Dan berikut adalah beberapa solusi mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghindarkan bau mulut:

> Menyikat gigi secara rutin dengan pola yang benar, dan menggunakan pasta gigi ber-fluor. Disamping itu, Anda juga sebaiknya melakukan pembersihan lidah dengan cara menyikatnya, dan rutin menggunakan benang gigi.

> Mengkonsumsi banyak buah-buahan berserat serta sayuran hijau guna merangsang produksi air liur. Anda juga harus mengkonsumsi banyak air putih.

> Cobalah untuk mengurangi asupan makanan manis untuk mencegah terjadinya gigi berlubang dan munculnya bau tak sedap pada mulut.

> Lakukan pemeriksaan rutin serta pembersihan karang gigi.

> Jangan sampai membiarkan gigi Anda terus berlubang tanpa perawatan yang tepat. Sebaiknya tamballah gigi berlubang Anda untuk mengatasi bau mulut.

> Kurangi kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

> Terakhir, sebisa mungkin hindarilah makanan yang dapat memicu timbulnya bau mulut. Namun jika Anda tidak dapat melakukannya, setelah mengkonsumsinya segera berkumur dengan air putih, sikat gigi serta lidah Anda, lalu kunyah permen karet untuk mengatasi bau.

Itulah beberapa makanan penyebab bau mulut, serta solusi untuk mengatasinya. Jika rupanya cara-cara tersebut tidak membuahkan hasil, cobalah melakukan konsultasi ke dokter.