Loading...

Tips Perawatan Rambut Untuk Wanita Berhijab

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Memakai hijab tidak hanya menjadi sebuah kewajiban, tetapi juga memiliki banyak manfaat lainnya. Meskipun begitu, menggunakan hijab juga dapat membuat sedikit kekhawatiran bagi para wanita terutama untuk masalah kesehatan rambut.

Hal ini dikarenakan saat menggunakan hijab, pori-pori pada kulit kepala kurang mendapatkan udara yang membuatnya sulit bernapas sehingga akan menyebabkan beberapa masalah seperti kerontokan, bau, ketombe atau rasa gatal.

Tips Perawatan Rambut Untuk Wanita Berhijab

Loading...

Karena itu, meskipun Anda berhijab, kesehatan rambut juga penting untuk diperhatikan. Bukan hanya sebatas menggunakan shampoo dan conditioner, tetapi melakukan beberapa hal untuk menjaga rambut tetap kuat juga penting untuk Anda lakukan.

Yuk, simak tips di bawah ini untuk rambut lebih sehat meskipun menggunakan hijab.

1. Pemilihan Bahan Jilbab

Pilih scarf atau kerudung yang memiliki bahan mudah menyerap keringat, seperti katun atau jersey.

Bahan kain yang mudah menyerap keringat sangat berguna untuk memperlancar sirkulasi udara di kepala.

2. Gunakan Hijab Simple

Sangat wajar jika Anda ingin tampil cantik dengan hijab sehingga memilih menggunakan model hijab yang mengguunakan banyak layer. Tetapi untuk menggunakan model hijab yang menggunakan banyak layer sepertinya akan sedikit membuat kesehatan rambut Anda terganggu.

Menggunakan layer hijab lebih dari empat helai akan membuat pori pada kulit kepala sulit bernafas sehingga menyebabkan kerontokan parah. Akan sangat baik jika Anda hanya menggunakan 1 atau 2 layer saja untuk model hijab.

3. Lapisan Kerudung

Menggunakan lapisan dalam atau yang biasa disebut ciput membantu menahan rambut saat menggunakan hijab. Tetapi, menggunakan ciput terlalu sering dan ketat ternyata dapat membuat rambut sulit bernapas dan juga membuat kulit kepala menjadi lebih lembab sehingga mengeluarkan bau tidak sedap.

4. Ikat Rambut

Jika Anda memiliki rambut panjang, jangan mengikatnya terlalu kencang atau menggulungnya. Cara ini akan membuat rambut tertarik dan nantinya akan rontok. Untuk wanita berhijab sebaiknya untuk tidak memanjangkan rambut lebih dari 60 cm untuk memberikan kemudahan.

5. Warna 

Perawatan rambut tidak hanya berfokus pada rambut saja, Warna dari hijab ternyata dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

Hindari menggunakan hijab berwarna gelap untuk Anda yang sering beraktifitas di luar rumah. Warna gelap akan lebih banyak menyerap matahari sehingga akan merusak rambut. Pilih hijab yang memiliki warna lembut atau putih.

6. Sisir

Pilih sisir yang memiliki gigi besar.  Sisir rambut Anda sebelum menggunakan kerudung yang akan membuat rambut Anda lebih rapi dan dapat meningkatkan sirkulasi darah di kepala.

7.  Bersihkan Rambut

Bersihkan rambut secara teratur 2-3 kali dalam seminggu untuk menghilangkan debu dan kotoran pada rambut. Gunakan shampo sesuai dengan jenis rambut Anda untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Atau setidaknya pilihlah sampo yang dapat melembutkan rambut setiap hari. Ingat, pastikan rambut Anda dalam keadaan kering sebelum menggunakan kerudung.

8. Creambath

Lakukan creambath seminggu sekali untuk memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala agar tetap sehat. Pilih krim yang sesuai dengan jenis rambut Anda atau yang memiliki bahan alami.

Jika Anda memiliki rambut dengan tipe kering, gunakan krim creambath yang berbahan alpukat. Untuk rambut berminyak dan berketombe, pilih dari bahan lemon. Sementara untuk krim dengan campuran ginseng dipercaya dapat menguatkan akar rambut.

9. Masker Rambut

Lakukan masker rambut seminggu sekali untuk menjaga kesehatan dan kekuatan akar rambut. Gunakan masker siap pakai yang sesuai dengan jenis rambut yang tersedia di toko-toko kosmetik. Oleskan masker di sekitar rambut lau diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas lagi dengan air bersih.

Demikian beberapa tips perawatan rambut untuk kalian yang menggunakan hijab. Menggunakan hijab tidak akan membuat rambut rontok selama Anda melakukan perawatan yang tepat dan rutin.

Selamat mencoba!