Loading...

Ini Dia, 6 Alasan Mengapa Membuat Daftar Itu Penting!

Penulis: Amanda Rubrik: Wanita

Ini Dia, 6 Alasan Mengapa Membuat Daftar Itu Penting!TERUSKAN.COM – Mungkin Anda pernah melakukan hal yang satu ini dalam kehidupan sehari-hari: membuat daftar.

Daftar apa yang dimaksud? Daftar yang biasa dibuat dalam kehidupan sehari-hari adalah hal-hal yang akan dilakukan, rencana-rencana dalam jangka waktu dekat atau panjang, hingga daftar kecil untuk aktivitas tertentu seperti yang berkaitan dengan pekerjaan, belanja dan lain sebagainya.

Membuat daftar bisa jadi bukanlah hal yang dianggap penting bagi sebagian besar orang. Pada kenyataannya, kita lebih mengandalkan ingatan atau membuat daftar dalam gadget kita yang dinilai lebih praktis.

Loading...

Padahal, membuat daftar baik dalam secarik kertas maupun buku agenda hingga kini masih sering dilakukan terutama oleh masyarakat yang tinggal di negara-negara maju. Hal ini mengisyaratkan bahwa membuat dan menulis daftar memiliki manfaat bukan?

Alasan apa saja yang membuat Anda sebaiknya sering membuat daftar? Ini dia ulasannya.

1. Membantu dalam Mengatur 

Bagi Anda yang sudah biasa melakukan banyak aktivitas dalam sehari, membuat daftar dapat membuat Anda lebih baik dalam mengatur waktu, dan tidak ada yang terlewatkan.

Terutama bagi ibu yang juga bekerja, aktivitas yang harus dilakukan juga tidak sedikit dan semua terasa penting.

2. Membantu Agar Rileks

Apa hubungannya rileks dengan membuat daftar? Tentu saja ada.

Mungkin Anda pernah mengalami kejadian saat ada rapat atau pertemuan penting yang Anda lupakan, sehingga Anda harus terburu-buru untuk tiba di sana tepat waktu.

Atau saat Anda memiliki deadline pekerjaan tertentu yang akan membuat Anda stress jika Anda melupakannya.

Dengan membut daftar, Anda lebih dapat mengatur waktu dengan lebih baik untuk menghindari hal-hal yang membuat Anda panik tiba-tiba.

3. Memberi Waktu Lebih

Percaya atau tidak, membuat daftar dapat membuat Anda memiliki waktu lebih untuk melakukan kegiatan lain yang ingin Anda sempatkan untuk lakukan.

Dengan membuat daftar, Anda dapat merencakan hal-hal yang mungkin dapat Anda lakukan lebih awal atau mengatur waktu agar Anda memiliki waktu lebih untuk keluarga, kerabat, pasangan dan tentu saja, waktu untuk diri Anda sendiri.

4. Meningkatkan Kinerja

Dalam bidang pekerjaan, karir Anda daat terbantu jika Anda rajin membuat daftar, seperti jadwal tugas yang harus diselesaikan, beberapa deadline tertentu, meeting dengan klien dan lain sebagainya.

Hal ini dapat menghindarkan Anda dari menyelesaikan tugas terburu-buru atau bahkan lupa mengerjakan pekerjaan yang penting.

5. Mengatasi Sifat Lupa

Bagi Anda yang sering lupa, baik hal kecil maupun hal besar, mulailah membuat daftar karena cara ini dapat menjadi ‘obat’ bagi sifat lupa Anda.

Mulailah dari hal-hal kecil seperti barang apa yang harus Anda beli saat belanja, tugas apa saja yang harus Anda selesaikan, dan lain sebagainya.

6. Membuat Anda Lebih Berharga

Tak jarang orang yang super sibuk tidak memiliki waktu banyak untuk dihabiskan dengan orang-orang tercinta seperti keluarga, kerabat dan pasangan Anda.

Dengan mengatur jadwal Anda dengan baik dalam sebuah daftar, Anda dapat mengatur untuk meluangkan waktu dengan mereka. Dan dengan sendirinya, Anda tentu semakin dicintai.

***

Membuat daftar mungkin merupakan hal kecil yang tak terdengar penting. Namun melihat beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, mulailah membuat daftar dan rasakan sendiri manfaatnya.

Semoga bermanfaat!