Loading...

9 Cara Sederhana Menjadi Panutan Yang Baik Untuk Anak

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga

9 Cara Sederhana Menjadi Panutan Yang Baik Untuk AnakTERUSKAN.COM – Orang tua mana yang tak ingin menjadi panutan yang baik bagi anak-anaknya? Menjadi seseorang yang diidolakan dan menjadi teladan untuk anak-anaknya memang merupakan salah satu cita-cita orang tua.

Anak-anak memang tumbuh dan berkembang baik dalam lingkungan internal dan eksternal, di mana lingkungan internal adalah lingkungan keluarga, sedangkan eksternal adalah lingkungan sosial berupa teman-teman, sekolah, tempat bermain dan lain sebagainya.

Ketika melihat saat ini banyak anak yang memiliki sifat bermasalah atau tidak mencerminkan perilaku yang positif, sebagai orang tua kita perlu mencegah hal tersebut terjadi dengan mendidik anak dengan baik sejak dini.

Loading...

Terlebih lagi anak-anak termasuk yang paling mudah meniru dan terpengaruh oleh banyak perilaku dan tindakan, walaupun dalam hal sekecil apapun.

Sulitkah mewujudkan sosok panutan yang baik bagi anak-anak Anda? Berikut adalah tips dan cara simple untuk mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.

1. Menahan Pintu di Tempat Umum

Hal kecil berikut ini dapat menjadi contoh yang mengandung banyak muatan positif, yaitu menahan pintu di tempat umum, seperti supermarket dan sarana umum lainnya.

Dengan menahan pintu untuk membantu orang lain masuk atau keluar, terlebih bagi  orang yang memerlukan bantuan akan menjadi contoh yang sangat baik bagi anak, yaitu dalam hal membantu orang lain walau dalam hal kecil seperti itu.

2. Merawat Hewan Peliharaan dan Tanaman

Aktivitas merawat tidaklah selalu mudah, butuh kesabaran dan tanggung jawab yang ckup besar. Hal tersebut dapat dilihat saat Anda memiliki hewan peliharaan atau tanaman tertentu yang memerlukan perawatan maksimal.

Dengan merawat baik hewan atau tanaman dengan baik dan rutin, anak akan melihat Anda sebagai sosok yang bertanggung jawab dan sayang dengan alam. Hal ini dapat membuat anak tumbuh menjadi anak yang memiiki jiwa sosial yang tinggi.

3. Rajin Membaca

Membaca buku merupakan cara terampuh untuk menambah wawasan. Rajin-rajinlah membaca buku, membelikan anak Anda buku bacaan yang bermanfaat atau membacakan cerita sebelum tidur.

Membaca selalu bermanfaat dan dapat membuat anak Anda juga tertular hobi membaca.

4. Bersenang-senang

Siapa yang tidak suka melihat orang yang sering tersenyum dan menikmati hidupnya? Bersenang-senang sesekali waktu dapat menunjukkan kepada anak bahwa anak merupakan sosok yang ceria, positif dan menikmati hidup.

Tunjukkan dengan tidak sering mengeluh, berkata kasar, sering menangis di depan anak. Ajak anak bersenang-senang dengan melakukan kegiatan bersama-sama.

5. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Orang Lain

Menjalin hubungan yang baik dengan teman, tetangga, orang tua anda dan anggota keluarga lainnya dapat menunjukkan sifat sayang yang merupakan hal positif untuk dicontoh anak.

Anak juga dapat melihat betapa pentingnnya menjalin hubungan erat dengan orang-orang terdekat anda, tak segan membantu mereka atau selalu menjalin komunikasi.

6. Sehat

Orang tua yang malas dan tak memperhatikan kesehatan juga membuat anak mudah menirunya. Tunjukkan betapa pentingnya menjaga kesehatan dengan rajin menggosok gigi, mencuci tangan, berolah raga, tidak mengonsumsi makanan yang tidak sehat dan lain sebagainya.

7. Menghargai Uang

Orang tua yang boros atau suka hidup berfoya-foya tidak memberikan contoh yang baik kepada anak dalam hal mengelola uang.

Anak yang tumbuh dalam keluarga yang sering menghambur-hamburkan uang akan menganggap bahwa mengelola uang tidak terlalu penting.

Tunjukkan bahwa uang dihasilkan karena usaha dan kerja keras dan patut dihargai dengan rajin menabung misalnya.

8. Suka Bercanda

Bercanda atau sesekali melucu merupakan hal yang positif. Orang tua yang gemar bercanda juga dinilai tidak kaku dan lebih mudah membaur serta beradaptasi dalam lingkungan baru.

9. Menghargai Orang Tua

Tidak hanya orang tua kandung, namun tunjukkan pula sikap hormat Anda terhadap orang lain yang berusia lebih tua.

Hal-hal kecil yang Anda lakukan, misalnya memberikan tempat duduk untuk orang tua di tempat umum, membantu menyeberangkan jalan dan lain sebagainya.

Hal ini akan membuat anak menghargai orang yang lebih tua.

***

Itulah 9 cara mudah memjadi panutan yang baik untuk anak Anda. Semoga bermanfaat.