Loading...

Memanfaatkan Hobi Menjadi Peluang Usaha

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Bisnis

Memanfaatkan Hobi Menjadi Peluang UsahaTERUSKAN.COM – Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada mengerjakan sesuatu yang Anda cintai.

Rasa lelah dan tertekan akibat kerjaan yang menumpuk, tidak akan Anda rasakan bila pekerjaan itu adalah hobi Anda.

Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis Anda sendiri, ada langkah-langkah penting yang harus Anda pertimbangkan dan lakukan dengan baik. Usaha keras sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Loading...

Berikut adalah beberapa langkah menjadikan hobi sebagai bisnis, seperti dilansir dari AllWomenStalk:

Berpikir panjang dan keras

Bekerja untuk diri sendiri mungkin terdengar seperti hal yang mudah bagi kebanyakan orang, namun realitanya adalah bahwa hal itu tentunya memerlukan kerja keras, ketekunan dan kemauan.

Hal pertama dan terpenting ketika Anda memulai bisnis dari awal adalah merek atau label. Anda harus menentukan sesuatu yang dapat menjadi tanda bahwa produk tersebut adalah milik Anda.

Usahakan agar Anda memiliki merek yang berbeda dengan yang lain, buatlah produk Anda menjadi unik, agar dapat menarik perhatian orang-orang. Mengembangkan bisnis dari bawah berarti dibutuhkan kesabaran, dan kesuksesan akan datang dengan kerja keras serta kejujuran.

Dan tentunya keberhasilan tidak akan menghampiri Anda dalam semalam, butuh waktu untuk itu.

Bekerja sama dengan pihak lain atau tidak

Terkadang, orang akan mencari partner saat akan memulai usaha. Ini juga akan menjadi pertanyaan ketika Anda akan memulai bisnis. Melakukannya seorang diri, berarti segala resiko akan Anda tanggung sendiri, dan keuntungan yang Anda dapatkan bisa Anda nikmati seorang diri.

Namun, jika Anda membutuhkan orang-orang yang lebih berpengalaman, maka Anda dapat bekerja sama dan memilih rekan usaha yang cocok untuk Anda ajak menjalankan bisnis. Jadi, pertimbangkan hal ini dengan matang sebelum Anda memutuskan langkah berikutnya.

Meminta saran dari orang-orang terdekat

Ini merupakan langkah kunci yang sering diabaikan orang ketika memulai bisnis kecil. Bila Anda memulai sebuah usaha dan menjalankannya seorang diri, otomatis Anda tidak memiliki tim untuk berkolaborasi dan bertukar pikiran.

Maka dari itu, sangat penting untuk meminta saran dari orang terdekat seperti keluarga, atau kawan Anda.

Anda dapat membuatnya menjadi menyenangkan, seperti bertukar pikiran sambil minum kopi atau makan cemilan, orang-orang terdekat Anda tentunya akan memberikan masukan ide-ide yang dapat Anda terapkan.

Buatlah daftar dan menyusun rencana bisnis

Sebelum memulai bisnis apapun, Anda tentu saja harus memiliki rencana.

Sangat direkomendasikan kepada Anda untuk memulainya dengan membuat daftar induk dari segala sesuatu yang perlu dilakukan dalam rangka menjalankan bisnis Anda.

Tanyakan kepada diri Anda pertanyaan-pertanyaan dasar seperti: Apa pernyataan misi Anda? Apa tujuan jangka pendek Anda? Apa tujuan jangka panjang Anda? Apakah Anda perlu kemasan? Seperti apa bentuk publikasi yang akan dilakukan? Bagaimana Anda akan memulai? Bagaimana Anda akan tumbuh?

Mengidentifikasi semua hal ini lebih cepat adalah hal yang sangat penting . Setelah Anda memiliki jawabannya, maka Anda dapat mulai untuk menyusun rencana bisnis tersebut.

Mendengarkan

Saat memulai bisnis, terus minta pendapat dan dengarkan opini mereka yang telah memiliki pengalaman sebelumnya. Masukan yang bermanfaat dapat menghindarkan Anda dari kesalahan-kesalahan kecil yang tidak diinginkan.

Tidak sedikit orang yang merasa begitu percaya diri sampai mengabaikan ide-ide dari orang yang lebih dulu memulai usaha, sehingga pada akhirnya kesalahan pun tidak dapat ia hindari.

Sekarang ini, mendengarkan memang telah menjadi kualitas yang langka. Ironisnya, mereka yang mendengarkan sebelum berbicara atau berbagi pikiran dan ide-ide mereka sendiri akhirnya akan menuai manfaat.

Menginvestasikan kembali dan selalu meningkatkan

Jika Anda memilih rute tanpa investor, maka Anda harus siap untuk menjadi investor sendiri. Gunakan keuntungan yang Anda peroleh untuk meningkatkan kualitas produk Anda.

Buatlah bisnis Anda terus berkembang dan bertumbuh dengan lebih baik. Hal ini akan menjadi kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap produk yang Anda miliki.

Satu hal yang tidak boleh Anda lupakan saat akan memulai bisnis adalah jangan pernah menyerah. Akan tiba satu saat dimana kegagalan akan menghampiri, namun Anda harus menjadikannya pengalaman untuk bangkit menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Lewati setiap gundukan jalan dan tantangan yang ada di hadapan Anda dan fokuslah pada bagaimana Anda bisa menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih cerdas daripada sebelumnya.