Loading...

5 Minuman Nikmat Sebelum Tidur

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

5 Minuman Nikmat Sebelum TidurTERUSKAN.COM – Sebagian besar orang mengonsumsi segelas air menjelang tidur di malam hari, agar kesehatan tetap terjaga meskipun tubuh dan organ-organ lainnya dalam keadaan tidur.

Mereka beranggapan bahwa air putih yang terbaik. Nyatanya, ada beberapa jenis minuman lain yang bisa Anda nikmati sebelum tidur karena memiliki manfaat bagi kesehatan.

Berikut adalah pilihan minuman yang direkomendasikan oleh beberapa pakar kesehatan, dapat dikonsumsi menjelang tidur. Simak yuk!

Loading...

1. Kakao

Kakao kerap disiapkan sebagai salah satu jenis minuman panas yang lezat dan terbuat dari biji kakao panggang. Biasanya minuman ini ditambah dengan rempah-rempah.

Dewasa ini minuman panas kakao menjadi pilihan favorit untuk dinikmati oleh beberapa kalangan orang dewasa menjelang mereka tidur pulas di malam hari.

2. Teh chamomile

Jika Anda adalah salah seorang yang memiliki kebiasaan buruk susah tidur, maka hal ini bisa dihindari dengan secangkir teh chamomile selagi hangat.

Teh chamomile akan membantu merelaksasi saraf atau otot tubuh yang tegang. Untuk memberikan manfaat optimal terhadap kesehatan, maka disarankan meminum secangkir teh chamomile tanpa gula. Konsumsi 30 menit sebelum Anda tidur.

3. Susu hangat

Minum susu hangat menjelang tidur di malam hari baik untuk kesehatan tubuh.

Susu kaya akan kandungan kalsium dan merupakan salah satu sumber utama protein, selain diperoleh dari daging.

4. Cokelat panas

Minuman cokelat panas pada umumnya dibuat dengan menggunakan susu yang diseduh dengan air panas. Minuman ini merupakan salah satu pilihan yang cocok buat anak – anak.

5. Teh peppermint

Sama seperti teh chamomile, teh jenis ini merupakan teh herbal yang berfungsi alami untuk menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan beberapa pakar kesehatan merekomendasikan minuman ini sebagai salah satu obat herbal untuk mengurangi susah tidur di malam hari.

Supaya tidur Anda semakin lelap, jangan mencampur susu dengan kopi atau sumber kafein lainnya, merokok, makan terlalu banyak atau minum berlebihan. Semua hal ini bisa mengganggu kenyamanan tidur lelap Anda.

Pilih salah satu dari lima jenis minuman tersebut di atas untuk membantu mempromosikan tidur yang sehat bagi Anda sekeluarga di malam hari.

Penting juga untuk menyesuaikan siklus sirkadian tidur-bangun Anda. Itu adalah salah satu strategi yang paling penting untuk mencapai tidur yang baik.

Jika Anda menjaga jadwal tidur yang teratur, tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, Anda akan merasa jauh lebih segar dan bersemangat daripada jika Anda tidur dengan jumlah jam yang sama pada waktu yang berbeda. Hal ini berlaku bahkan jika Anda mengubah jadwal tidur Anda dengan hanya satu atau dua jam. Konsistensi sangat penting.

Melatonin adalah hormon alami yang dikendalikan oleh paparan cahaya. Produksi melatonin dikendalikan oleh paparan cahaya.

Otak Anda harus mengeluarkan lebih banyak di malam hari, ketika gelap, untuk membuat Anda mengantuk. Namun, banyak aspek kehidupan modern dapat mengganggu produksi alami tubuh melatonin dan dengan itu siklus tidur-bangun Anda.

Semoga bermanfaat!