Loading...

5 Raja Dengan Kekayaan Paling Banyak Di Dunia

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fun

5 Raja Dengan Kekayaan Paling Banyak Di DuniaTERUSKAN.COM – Beberapa Negara yang terdapat di dunia ini sejak dulu hingga sekarang masih menjalankan sistem pemerintahan monarki, atau yang biasanya dikenal dengan kerajaan.

Kebanyakan, mereka yang termasuk dalam anggota kerajaan, sudah tidak lagi memiliki kekuasaan dalam hal politik, namun kekayaan yang dimiliki tentunya masih melimpah ruah.

Nah, Anda mungkin merasa ingin tahu dan bertanya-tanya keluarga kerajaan yang mana sajakah yang memiliki kekayaan paling banyak di dunia ini? Berikut adalah 5 daftar keluarga kerajaan paling kaya di dunia:

Loading...

1. Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej

Peringkat pertama ditempati oleh Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej. Raja ini juga dikenal dengan gelar Rama IX, dan memiliki masa kekuasaan paling lama di Thailand.

Raja Bhumibol menjalankan kekuasaan selama kurang lebih 68 tahun, dan dikabarkan memiliki kekayaan berlimpah, yaitu 30 miliar dolar AS, atau sama dengan sekitar Rp.345 triliun.

Segala hal yang berkaitan dengan properti serta investasi keluarga kerajaan dikelola oleh Biro Properti Kerajaan. Jumlah aset yang dikelola itu termasuk tanah seluas 1.340 di Bangkok, dan 5.340 hektar yang tersebar di berbagai wilayah pedesaan Thailand.

Di samping itu, Raja Bhumibol juga memiliki saham Siam Cement sebesar 32 persen, dan masih banyak investasi lain yang akan membuat Anda merasa takjub. Sang raja juga mempunyai koleksi salah satu berlian terbesar di dunia, berlian Golden Jubilee, yang bila diuangkan akan bernilai sekitar 4 hingga 12 juta dolar AS.

Tidak hanya sampai disitu, dalam Undang-Undang Thailand, rakyat tidak boleh menghina Raja Bhumibol. Apabila ada yang mencaci atau menghina sang Raja, maka orang tersebut akan terancam hukuman penjara.

2. Raja Brunei, Hassanal Bolkiah

Brunei merupakan salah satu negara penganut monarki absolut yang masih tersisa di dunia ini. Sebagian besar kekayaan yang diperoleh adalah melalui persediaan minyak bumi yang dimilikinya.

Namun, persediaan minyak mentah Brunei dipercaya akan habis dalam kurun waktu 25 tahun.

Pemimpin negara ini, yaitu Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzaddin Waddaulah Ibni Al-Marhum Sultan Haji Omar Ali Saifuddien Sa’adul Khairi Waddien.

Selain menjabat sebagai Sultan, dia juga merupakan perdana menteri, serta panglima tertinggi Angkatan Bersenjata Brunei. Kekayaan yang dimiliki sang raja mencapai 20 miliar dolar AS,

Jadi tidaklah mengherankan apabila ia memiliki sebuah istana yang terdiri dari 1.800 kamar. Disamping itu, ia juga merupakan kolektor mobil terbanyak di dunia, Salah satu jenis mobil yang dimilikinya bahkan dilapisi dengan emas 24 karat.

Seluruh kekayaan tersebut kelak akan diwariskan kepada putranya, Al-Muhtadee Billah.

3. Raja Arab Saudi, Abdullah bin Abdulaziz al-Saud

Raja Abdullah yang memimpin Arab Saudi, dikabarkan memiliki nilai kekayaan yang mencapai 18 miliar dolar AS. Hal ini lebih karena negerinya mempunyai cadangan minyak mentah seluruh dunia sebesar 18 persen.

Dengan usianya yang hampir menginjak 90 Tahun, kesehatan Raja Abdullah terus menurun, dan diperkirakan bahwa perebutan kekuasaan akan terjadi setelah kematiannya.

4. Emir Abu Dhabi, Khalifa bin Zayed al-Nayhan

Sheikh Khalifa telah menjadi pemimpin Abu Dhabi sejak tahun 2004, dan kekayaan yang dimilikinya mencapai 15 miliar dolar AS, yang sebagian besar berasal dari produksi minyak di negerinya.

Dikatakan bahwa dia mengendalikan 100 miliar barel cadangan minyak. Selain itu, Sheik Khalifa juga menjalankan sebuah perusahaan yang asetnnya mencapai 627 miliar dolar AS.

Seluruh harta kekayaan milik keluarga Al Nahyan dikabrakan berjumlah 150 miliar dolar AS.

5. Sheikh Dubai, Mohammed bin Rashid al-Maktoum

Di Uni Emirat, Sheikh Mohammed merupakan orang nomor dua. Sejak tahun 2006, dia telah menjabat sebagai perdana menteri dan wakil presiden UEA. Dia menduduki jabatan tersebut setelah diambil alih dari kakaknya.

Salah satu kekayaan yang dimiliki oleh Sheikh Mohammed adalah sebuah kapal layar yang diberi nama Dubai, yang dihargai sekitar 300 juta dolar AS. Kapal dengan panjang 152 meter tersebut dikabarkan dapat mamuat 115 penumpang dan kru kapal.