Loading...

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Jantung

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Manfaat Madu Untuk Kesehatan JantungTERUSKAN.COM – Siapa yang tidak kenal madu? Selain rasanya yang manis, madu juga kaya akan nutrisi. Oleh karenanya banyak digunakan sebagai pengobatan seperti terapi lebah, yaitu dengan menggunakan produk-produk lebah seperti bee pollen, propolis, royak jelly dan madu.

Sejak 5.000 tahun yang lalu, produk lebah sudah digunakan sebagai salah satu sumber makanan, pengobatan dan untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Dengan rutin minum madu setiap hari akan bermanfaat untuk mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Madu selain untuk obat, juga banyak dipakai sebagai pelengkap bahan kuliner.

Loading...

Khasiat Madu

Secara mendetail dapat dijelaskan manfaat dan khasiat madu yang berguna untuk kesehatan tubuh, berikut diantaranya:

1. Melancarkan sistem pencernaan

Madu dapat meningkatkan sistem kerja bakteri mikroflora di dalam usus. Mikroflora adalah mikroorganisme yang memegang peranan penting dalam memperlancar sistem pencernaan tubuh.

2. Untuk mengobati luka

Kandungan hidrogen peroksida yang terkandung didalamnya cukup tinggi. Selain luka, madu juga bermanfaat untuk mengobati jerawat. Jenis madu yang baik untuk mengobati jerawat adalah madu manuka dan kanuka.

Cara menyembuhkannya sangat sederhana yakni cukup dioleskan pada kulit yang berjerawat atau menderita luka.

3. Mencegah gigitan nyamuk

Madu memiliki sifat anti-inflamasi atau anti peradangan. Berfungsi untuk mengurangi gatal-gatal di badan dan iritasi yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk.

4. Membantu mencegah dan mengobati beberapa jenis penyakit

Madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Lebah menambahkan enzim hidrogen peroksida pada madu, yang mampu mencegah rasa gatal karena bakteri. Senyawa ini memiliki sifat antibakteri dan antijamur.

5. Pereda batuk

Dengan rutin mengonsumsi jenis madu soba dapat menghilangkan atau mengurangi gejala dan penyakit batuk.

6. Probiotik

Probiotik merupakan bakteri baik yang diperlukan tubuh dan bakteri ini banyak terda[pat dalam beberapa varietas madu.

7. Memperindah kulit

Madu dapat membantu memperindah kulit, di mana antibakteri yang terkandung di dalam madu sangat baik untuk kulit. Memadukan madu dengan bahan – bahan lainnya akan memberikan manfaat melembabkan dan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Madu dan Kesehatan Jantung

Selama berabad-abad lamanya madu telah dikenal memiliki banyak manfaat. Bahkan Ratu Mesir, Cleopatra, selalu menggunakan madu untuk menjaga kecantikan tubuh dan wajahnya.

Tidak hanya itu saja, madu juga baik untuk kesehatan jantung. Penyakit jantung umunya terjadi disebabkan karena kurangnya jumlah darah yang memasok oksigen ke jantung. Berbagai macam penyebab dan gejalanya dapat datang secara tiba-tiba.

Misalnya saja, sering pusing, berkeringat dingin, dan sesak napas. Meskipun penyakit ini adalah pembunuh nomor satu di dunia, banyak yang masih juga menyepelekannya.

Untuk pengobatan tradisional, madu sangat bagus untuk mencegah sekaligus mengobatinya. Madu memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Polifenol inilah yang nantinya akan menjadi antioksidan yang melindungi sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas.

Madu dapat diminum begitu saja atau diolah dan dicampur dengan bahan-bahan lain, untuk kemudian dikonsumsi.