Loading...

Meningitis, Siapa yang Paling Berisiko?

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan

Meningitis, Siapa yang Paling BerisikoTERUSKAN.COM – Meningitis merupakan infeksi yang relatif langk,a yang mempengaruhi selaput halus, yang disebut meninges, yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang. Meningitis bakteri bisa menular pada orang yang melakukan kontak dekat.

Meningitis viral cenderung kurang parah, dan kebanyakan orang sembuh sepenuhnya.

Meningitis jamur adalah bentuk meningitis yang jarang terjadi dan umumnya hanya terjadi pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

Loading...

Penyebab Meningitis

Meningitis hampir selalu disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus yang dimulai di tempat lain dalam tubuh, seperti di telinga, sinus, atau saluran pernapasan bagian atas. Penyebab umum meningitis yang cenderung jarang termasuk infeksi jamur, gangguan autoimun, dan obat-obatan.

Meningitis Bakteri

Meningitis bakteri merupakan penyakit yang sangat serius, memerlukan perawatan medis segera. Jika tidak ditangani dengan cepat, dapat menyebabkan kematian dalam hitungan jam – atau menyebabkan kerusakan permanen pada otak dan bagian lain dari tubuh.

Meningitis bakteri disebabkan oleh salah satu dari beberapa bakteri. Neisseria meningitidis atau “meningococcus” umum pada anak-anak dan dewasa muda, dan Streptococcuspneumoniae atau “pneumococcus” adalah penyebab umum lain pada anak-anak dan orang dewasa.

Haemophilus influenzae tipe b (Hib) adalah penyebab umum meningitis pada bayi dan anak-anak hingga vaksin Hib diperkenalkan pada bayi.

Bakteri dapat menyebar dari orang ke orang melalui batuk dan bersin. Dalam banyak kasus, meningitis bakteri terjadi ketika bakteri masuk ke dalam aliran darah dari sinus, telinga, atau bagian lain dari saluran pernapasan bagian atas. Bakteri kemudian melakukan perjalanan melalui aliran darah ke otak.

Meningitis Virus

Meningitis virus lebih sering terjadi dibanding bentuk bakteri dan umumnya – tapi tidak selalu – kurang serius. Hal ini dapat dipicu oleh sejumlah virus, termasuk beberapa yang dapat menyebabkan diare.

Orang-orang dengan meningitis viral sangat kecil kemungkinannya untuk mengalami kerusakan otak permanen setelah infeksi pulih. Sebagian akan sembuh sepenuhnya.

Meningitis Jamur

Meningitis jamur jauh lebih umum daripada dua bentuk menular lainnya.

Meningitis terkait jamur jarang terjadi pada orang sehat. Namun, seseorang yang memiliki sistem kekebalan yang terganggu seperti pengidap AIDS lebih mungkin terinfeksi.

Siapa yang Paling Berisiko?

Menurut webMD, siapapun dapat mengembangkan hampir semua jenis meningitis. Tetapi penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa kelompok usia memiliki tingkat lebih tinggi daripada yang lain, diantaranya:

– Anak di bawah usia 5 tahun
– Remaja dan dewasa muda usia 16-25 tahun
– Orang dewasa di atas usia 55 tahun

Penelitian telah menunjukkan bahwa meningitis lebih bahaya bagi orang-orang dengan kondisi medis tertentu, seperti limpa rusak, penyakit kronis, atau gangguan sistem kekebalan tubuh.

Karena kuman tertentu yang menyebabkan meningitis dapat menular, wabah yang paling mungkin terjadi di tempat-tempat di mana orang hidup dalam jarak dekat. Jadi mahasiswa yang tinggal di asrama atau calon tentara di barak berada pada risiko yang lebih tinggi.

Dan juga bagi mereka yang bepergian ke daerah-daerah di mana meningitis lebih sering terjadi, seperti bagian dari Afrika.

Namun, bahkan jika kemungkinan pribadi Anda mendapatkan meningitis lebih tinggi dari rata-rata, itu masih merupakan penyakit langka dan ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meminimalkan risiko terkena meningitis.