Loading...

Tips Menghilangkan Bau Mulut Secara Instan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Tips Menghilangkan Bau Mulut Secara InstanTERUSKAN.COM – Bau mulut tidak hanya membuat rasa percaya diri Anda menurun, tetapi juga mempengaruhi kepribadian dan mengganggu orang sekitar.

Penyebab utama bau mulut adalah kurangnya menjaga kebersihan mulut dan gigi. Permen dan penyegar mulut mungkin dapat memberikan bantuan sementara untuk mengatasi bau mulut, tetapi tidak untuk jangka panjang.

Berikut kami paparkan beberapa tips instan untuk menghilangkan bau mulut:

Loading...

1. Sikat Gigi Secara Teratur

Sikat gigi secara teratur pagi dan malam mungkin terdengar klise. Pada umunya, Anda hanya menyikat gigi saat pagi hari dan tidak pada malam hari.  Sikat gigi dua kali sehari akan sangat membantu mengatasi bau mulut.

Selain itu, menggunakan benang gigi juga akan sangat membantu menghilangkan partikel makanan terkecil yang terjebak di antara gigi yang menyebabkan bau. Anda juga dapat menggunakan obat kumur untuk memberikan kesegaran pada mulut.

2. Baking Soda

Baking soda dapat membantu menjaga keseimbangan pH mulut, sehingga meminimalkan bau tidak sedap di mulut Anda. Baking soda bisa digunakan dalam bentuk apapun.

Gunakan dengan pasta gigi biasa atau ubah ke dalam bentuk pasta. Atau cara lain dapat digunakan sebagai obat kumur dengan mencampurkan baking soda dan air. Ini akan membantu mengurangi bau mulut.

3. Konsumsi Makanan Kaya Seng

Mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan seng dapat bekerja sebagai antimikroba yang membantu mengurangi bakteri dan kuman.

Seng membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Seng juga memiliki sifat anti-inflamasi, yang lagi-lagi akan menghindarkan Anda dari bau mulut.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan seng dan buah-buahan akan menjadi suplemen alami dalam melawan bau mulut.

4. Minum Banyak Air

Meminum banyak air mineral akan membantu melawan bakteri yang sering menjadi penyebab bau mulut. Air membantu menetralkan kandungan asam dalam tubuh yang biasanya akan menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Minum setidaknya 10-12 gelas air untuk mengurangi bau tak sedap atau bau mulut. Mengonsumsi cairan seperti jus buah dan sayuran untuk mengurangi kandungan asam dalam tubuh juga akan sangat membantu.

5. Mengunyah Sayuran Mentah

Sayuran hijau mentah kaya akan kandungan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Sayuran hijau mentah juga tinggi akan kandungan vitamin dan mineral. D

engan mengunyah sayuran hijau, Anda dapat mengurangi plak dan bakteri.

6. Peppermint Oil

Gunakan peppermint oil yang berasal dari bahan alami, yang tidak hanya membantumenyegarkan mulut, tetapi  juga sarat dengan sifat antibakteri.

Peppermint oil membantu membunuh bakteri yang disebabkan oleh makanan yang bersifat asam di mulut.

Oleskan sedikit minyak peppermint secara bergantian, dengan menambahkan beberapa tetes air hangat dan obat kumur. Ini akan meninggalkan rasa segar di mulut, yang akan mengurangi bau mulut.

7. Kurangi Kebiasaan Minum dan Merokok

Menahan diri untuk tidak terlalu sering minum dan merokok akan menghindarkan Anda dari bau mulut. Merokok dan minum alkohol terlalu sering akan membuat kondisi mulut menjadi buruk.

Jika mungkinkan, membatasi asupan minum akan membantu mengurangi bau.

8. Diet Sehat

Hindari mengonsumsi terlalu banyak bawang merah dan bawang putih. Biji adas dan cengkeh dapat membantu memberikan kesegaran dan menetralisir bau tak sedap.

Demikian beberapa cara instan yang dapat membantu Anda mengatasi bau mulut. Bau mulut akan sangat mengganggu terlebih saat Anda berkomunikasi dengan teman atau rekan kerja. Karena itu, menjaga kebersihan mulut akan sangat membantu.

Semoga bermanfaat.