Loading...

Yum! Diet Sehat dengan Makanan Lezat

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

Yum! Diet Sehat dengan Makanan LezatTERUSKAN.COM – Diet pada umumnya merampas kebahagiaan setiap wanita untuk mengonsumsi makanan ini, tapi itu bukan masalah lagi.

Ya, yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan makanan favorit Anda.

Anda akan memiliki hidangan sempurna yang rendah lemak tetapi tetap dapat menikmati kenikmatannya, tanpa harus takut program diet gagal.  Anda hanya perlu melakukan sedikit perubahan dalam cara memasak atau penyediaan bahan saja.

Loading...

Nah, berikut adalah beberapa jenis hidangan yang awalnya tidak mungkin menjadi mungkin untuk Anda konsumsi, dilansir dari magforwomen. Simak, yuk!

 1. Ayam

Siapa yang tidak tergoda menonsumsinya? Tapi daging yang lembut dan nikmat akan menghancurkan program diet Anda dalam sekejap.

Ayam dapat Anda konsumsi dalam berbagai jenis hidangan seperti digoreng, dibakar atau di rebus. Tetapi untuk Anda yang menjalani program diet, Anda dapat mengolahnya  dengan cara dipanggang menggunakan oven dari tanah liat yang akan memberikan rasa yang sama nikmatnya.

Ayam yang direndam terlebih dahulu dengan campuran yogurt dan bumbu dasar yang direndam semalaman akan membuat bumbu meresap lebih dalam. Ini bisa disebut dengan ‘Tandoori Chicken’. Campuran rempah-rempah dan ayam lembut membuat kombinasi yang sempurna.

Dan tentu saja rendah kalori. Nikmati tanpa perlu khawatir.

2. Pasta

Pasta adalah makanan yang paling mudah untuk dibuat tetapi memiliki kandungan lemak yang cukup banyak. Meskipun begitu, Anda dapat mengganti hampir semua bahan dengan makanan pendamping lain yang rendah lemak.

Untuk pasta, pilihlah pasta yang berbahan gandum. Anda dapat menemukannya di toko dan swalayan saat ini.

Pasta yang berbahan gandung juga tidak terlalu sulit diolah. Pasta gandum tinggi akan kandungan karbohidrat, protein dan mineral sehingga membuatnya menjadi pilihan yang sehat untuk dikonsumsi jika Anda sedang menjalankan rencana diet.

Anda dapat menambahkan banyak sayuran untuk pasta yang akan membuatnya lebih sehat. Tambahkan jamur, tomat, jagung, paprika, brokoli, asparagus, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Untuk saus, saus tomat adalah pilihan yang baik. Anda juga dapat membuat saus alfredo dengan mengganti susu dengan susu skim dan keju rendah lemak.

3. Cemilan

Saat rasa lapar menyerang, Anda biasanya akan berakhir dengan mencari burger, pizza atau makanan apapun yang berminyak yang sudah pasti tidak terlalu sehat. Terlebih jika Anda sedang menjalankan program diet, sudah menjadi pantangan untuk Anda mengonsumsinya.

Namun, kenapa tidak mencoba bereksperimen dengan resep yang lebih mudah dan lezat untuk memuaskan rasa lapar Anda?

Misalnya saja mengganti cemilan Anda dengan popcorn yang dicampur dengan garam dan cabe bubuk yang akan siap dalam 2 menit. Selain itu, Anda dapat membuat lumpia dengan menggunakan tortilla atau selembar pastry siap pakai dan mengisinya dengan sayuran tumis dan ayam. Sajikan dengan saus cabe manis dan pedas.

Cemilan sehat lainnya, seperti bruschettas. Anda hanya membutuhkan beberapa roti panggang perancis atau roti gandum yang dapat Anda isi dengan berbagai jenis sayuran seperti paprika, asparagus, kacang-kacangan, tomat, bayam dan juga menambahkan beberapa keju rendah lemak.

Jika Anda tidak suka sayuran, asparagus, wortel, buncis, paprika, lobak, jagung manis dapat menjadi alternatif lainnya. Meskipun tidak tampak seperti burger atau pizza, tetapi tetap memberikan rasa yang tidak kalah nikmatnya.

4. Makanan Penutup

Yummy, desert yang menjadi hidangan paling digemari akan membuat Anda sulit untuk menolaknya. Ada begitu banyak pilihan dessert atau makanan penutup yang akan membuat mata Anda berkaca-kaca.

Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, jangan khawatir. Anda tetap dapat menyantap dessert sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda hanya perlu mengganti beberapa bahan dengan bahan yang memiliki kandungan rendah lemak.

Misalnya saja, jika Anda ingin menikmati sepiring cheesecake dengan muffin. Maka gantilah susu sapi yang menjadi bahan dasar keju dengan susu skim, tentu akan memberikan rasa yang sama tetapi rendah lemak.

Jika Anda adalah penggemar cokelat, ganti cokelat dengan dark chocolate atau mousse sangat baik untuk menjaga berat badan tetap seimbang. Sedangkan untuk whipping cream, pilih yang memiliki kandungan lemak paling rendah.

Untuk menjalankan program diet Anda tidak harus menyiksa diri dengan menahan diri mengonsumsi makanan yang berlimpah ruah di luar sana. Cukup dengan mengganti bahan makanan dengan yang memiliki kandungan lemak rendah akan memberikan kepuasan.