Loading...

5 Tips dan Cara Jitu Memilih Jam Tangan

Penulis: Amanda Rubrik: Fashion

TERUSKAN.COM – Bagi beberapa orang, jam tangan merupakan aksesoris wajib yang seakan membuat Anda tidak nyaman jika lupa memakainya.

Walaupun saat ini orang lebih sering memanfaatkan gadget nya untuk melihat jam, namun masih banyak orang yang lebih senang menggunakan jam tangan.

5 Tips dan Cara Jitu Memilih Jam Tangan

Loading...

Fungsi jam tangan yang awalnya hanya menunjukkan jam, semakin berkembang mulai dari informasi tanggal, hari maupun cuaca, dan juga menjadi aksesoris layaknya gelang pada wanita.

Bagi pria maupun wanita, jam tangan juga dapat menjadi salah satu penunjang penampilan. Itulah sebabnya beberapa orang memiliki jam tangan lebih dari satu karena disesuaikan dengan acara maupun busana.

Sehari-hari misalnya, banyak orang yang memilih jam tangan berbentuk kasual dan berwarna netral, sedangkan untuk beberapa acara formal tak sedikit orang yang mengenakan jam tangan denga aksen mewah maupun dari merk terkenal.

Membeli jam tangan bagi sebagian orang tidaklah semuda itu karena beberapa pertimbangan yang membuat kita lebih jeli dalam memilih jam tangan.

Tidak hanya dari segi harga, namun juga model, warna, fungsi maupun merk dapat menjadi patokan kala memilih jam tangan.

Inilah beberapa tips memilih jam tangan yang tepat:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum membeli jam tangan, pertimbangkan kebutuhan Anda mengenakannya, apakah untuk aktivitas sehari-hari atau untuk menghadiri acara formal tertentu.

Untuk penggunaan sehari-hari, Anda sebaiknya memilih jam tangan yang berbahan nyaman, bergaya kasual hingga elegan jika sering digunakan ke kantor dan juga warna yang cukup netral sehingga serasi dikenakan dengan segala warna busana Anda.

Hal ini dapat mencegah kemungkinan anda membeli jam tangan namun tidak nyaman atau tidak dikenakan saat dibutuhkan.

2. Bahan Tali

Tali jam tangan terbuat dari bahan dengan jenis yang berbeda-beda. Mulai dari plastik, kain, logam, perak, kulit dan masih banyak lagi.

Pilihlah bahan yang nyaman dikenakan dan jika Anda lebih banyak beraktivitas di luar, pilih bahan tali yang tidak mudah rusak jika terkena cuaca panas atau air.

Beberapa bahan tali juga tidak mampu menyerap keringat dengan baik sehingga dapat menyebabkan bahan cepat rusak dan menimbulkan rasa gatal.

Beberapa orang juga memiliki alergi terhadap beberapa bahan tertentu, dan karena itu pilih bahan yang tidak hanya nyaman namun juga aman untuk dikenakan.

3. Sesuaikan dengan Budget

Tips yang satu ini juga berlaku saat membeli barang lainnya, yaitu menyesuaikan dengan dana maupun jumlah uang yang Anda anggarkan untuk membeli jam tangan.

Merk yang terkenal dengan harga mahal belum tentu nyaman dan cocok jika Anda kenakan, karena itu sesuaikan dana dan juga model jam tangan agar Anda tidak menyesal nantinya.

4. Kualitas Mesin

Ada beberapa jam tangan yang mudah rusak karena mesin yang tidak bermutu tinggi.

Sebelum anda membeli jam tangan, mungkin anda dapat melihat dulu review dari beberapa orang yang telah memakainya untuk mendapatkan informasi lebih tentang kualitas jam tangan tersebut.

5. Utamakan Fungsi

Ini yang terpenting.

Fungsi utama jam tangan yang terpenting adalah menunjukkan waktu, karena itu pilih yang berfungsi dengan baik untuk menunjukkan waktu misalnya dengan bentuk angka yang mudah dilihat dan lain sebagainya.

***

Dengan memilih jam tangan yang tepat, Anda dapat merasa nyaman dan juga senang mengenakannya.

Selamat memilih!

(photo: http://2.bp.blogspot.com)