Loading...

Lakukan 5 Trik Ini Saat Mengalami Insomnia

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Lakukan 5 Trik Ini Saat Mengalami InsomniaTERUSKAN.COM – Meskipun setiap harinya Anda dapat tertidur pulas, pasti akan ada waktu-waktu dimana Anda merasa insomnia datang menghampiri. Ini memang telah menjadi hal umum yang sering dialami setiap orang.

Insomnia dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah stress dan depresi, selain itu pola makanan yang dikonsumsi juga dapat memberi pengaruh terhadap timbulnya insomnia.

Saat Anda merasa insomnia, maka waktu tidur Anda akan berkurang, yang kemudian akan membuat Anda merasa lelah keesokan harinya.

Loading...

Nah, daripada Anda terus mengeluh karena tidak dapat tertidur, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba lima cara relaksasi berikut yang dapat Anda lakukan saat sedang insomnia:

1. Kendalikan Visualisasi

Seorang ahli Jantung yang berasal dari Pasadena, Joshua Jacobi, mengungkapkan bahwa kegiatan mengendalikan visualisasi akan sangat membantu untuk membuat perasaan Anda menjadi lebih santai.

Caranya adalah cobalah baringkan badan Anda dengan santai, kemudian sugesti diri Anda untuk merasa tenang dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Setelah itu bayangkanlah bahwa Anda sedang berada di pantai dan menikmati suara ombak yang damai. Rasakan indahnya pantai dengan pasirnya yang putih, bayangkan diri Anda sedang mengagumi keindahan matahari yang perlahan mulai terbenam.

Hal ini dapat membantu Anda merasa lebih santai dan Anda pun dapat tertidur pulas.

2. Analisa Siklus Tidur

Ari Meisel, seorang yang merupakan pendiri blog Kesehatan pernah mengungkapkan bahwa dengan mencari tahu dan memahami data tentang siklus tidur Anda, dapat memudahkan Anda menghindari terjadinya insomnia.

Jadi, sebaiknya ketahui pola tidur Anda setiap hari.

3. Atasi Rasa Cemas

Ketika rasa cemas datang menyerang, jangan berpikir bahwa hal itu dapat diatasi dengan tidur. Sebab hal ini justru akan memicu terjadinya insomnia.

Sebaliknya, yang harus Anda lakukan adalah mencari solusi yang tepat untuk mengatasi rasa cemas Anda, misalnya saja dengan cara berolahraga, yoga, atau alihkan pikiran Anda ke hal-hal yang menyenangkan.

4. Atur Pernapasan

Saat Anda dilanda insomnia, itu adalah saat yang tepat untuk mengatur pernapasan. Ini merupakan salah satu bentuk relaksasi yang dapat membantu mengatasi insomnia.

Coba gunakan jempol Anda untuk menutupi satu bagian lubang hidung Anda, lalu tarik napas dalam-dalam melalui lubang hidung yang tidak tertutup, kemudian hembuskan. Setelah itu, lakukan hal yang sama dengan menutup lubang hidung pada bagian yang lain.

Anda dapat melakukannya secara berulang kali hingga Anda merasa lebih santai dan tenang.

5. Hitung Mundur

Menghitung mundur, ini adalah cara paling umum yang banyak dilakukan orang saat sedang mengalami insomnia. Baringkan tubuh Anda lalu hitung mundur angka-angka yang ada di kepala Anda.

Ini sejak delu telah dianggap sebagai solusi terbaik untuk mengenyahkan insomnia. Disarankan untuk melakukannya secara perlahan, Anda bisa memulainya dari hitungan 100 dan sebagainya.

Philip Mandel, seorang pakar hipnoterapi, mengungkapkan bahwa trik menghitung mundur merupakan salah satu bentuk hipnotik ringan yang perlahan akan mensugesti diri Anda untuk merasakan kantuk.

Hal ini dikatakan adalah sesuatu yang monoton yang kemudian akan memberikan efek mengantuk pada diri Anda.