Loading...

Waspadai dan Kenali Meningitis Jamur Lebih Jauh

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

Waspadai dan Kenali Meningitis Jamur Lebih JauhTERUSKAN.COM – Meningitis adalah peradangan yang terjadi pada selaput otak dan sumsum tulang belakang, biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri. Dan tidak semua jenis meningitis dapat dicegah dengan vaksin.

Nah, berikut adalah 5 hal yang harus Anda tahu tentang meningitis dan bagaimana menanggulanginya.

Bagaimana cara mengetahui jika Anda terkena meningitis karena jamur?  

Pertama, pasien harus menyadari bahwa meningitis jamur sangat jarang dan tidak menular. Berbagai jamur dapat menyebabkan meningitis seperti spora yang dihirup dari lingkungan, dari tanah yang terinfeksi, atau kadang-kadang di rumah sakit.

Loading...

Meningitis akan terjadi ketika jamur menyebar melalui darah ke sumsum tulang belakang. Meskipun setiap orang berpotensi terkena meningitis jamur, namun pasien dengan sistem kekebalan yang lemah seperti sedang mengidap AIDS atau kanker berada pada risiko tinggi.

Menurut Centers for Disease Control  (CDC), obat steroid yang digunakan pasien yang terinfeksi oleh wabah ini, juga dapat mengurangi kekebalan tubuh.

Secara umum, suntikan epidural dianggap aman dan jarang terjadi komplikasi.

Apa saja gejalanya?  

Gejala meningitis berbeda-beda.

Untuk meningitis karena jamur dapat menimbulkan gejala seperti demam, sakit kepala, leher kaku, mual dan muntah, sensitivitas terhadap cahaya, kelemahan dan mati rasa.

Pasien yang telah terkontaminasi suntikan juga harus memperhatikan tanda jika terjadi kemerahan dan bengkak di tempat suntikan.

Jika infeksi berlanjut cukup lama tanpa pengobatan, hal itu dapat mempengaruhi kesadaran yang menyebabkan pasien berada dalam keadaan koma.

Untuk meningitis aspergillus juga dapat mempengaruhi pembuluh darah pasien, menyebabkan pembekuan dan perdarahan serta masalah berbicara dan menjaga stabilitas.

Gejala ini dapat membuat orang sering keliru mengenai efek samping yang terjadi. Karena itu sangat penting untuk mengetahui lebih jauh tentang efek samping.

Bagaimana cara mendiagnosis meningitis?  

Jika Anda curiga terserang wabah ini, cara yang paling aman untuk melakukan diagnosis dengan pungsi lumbal atau spinal tap. Cairan serebrospinal yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang ditarik dan diperiksa di bawah mikroskop oleh dokter.

Prosedur ini dilakukan dengan aman dan efisien meskipun pasien akan merasa sedikit tidak nyaman.

Cara Mengobati Infeksi

Infeksi karena meningitis jamur dapat diobati di rumah sakit melalui IV. Meskipun bakteri meningitis dapat diobati dalam waktu seminggu, meningitis jamur dapat memakan waktu lebih lama kadang-kadang lebih dari sebulan.

Dua obat yang digunakan untuk mengobati meningitis jamur, amfoterisin B dan vorikonazol juga dapat menyebabkan efek samping yang serius seperti kerusakan hati dan ginjal. Karenanya harus dipantau dengan cermat oleh dokter.

Bagaimana cara membedakan meningitis bakteri dan virus?  

Meningitis bakteri dan virus lebih umum terjadi daripada meningitis jamur. Bakteri dan virus dapat menular, tetapi tidak akan selalu menyebabkan meningitis pada mereka yang terkena atau terinfeksi.

Gejala meningitis karena jamur berkembang lebih lambat dibandingkan meningitis karena bakteri.

CDC merekomendasikan bahwa setiap individu yang menerima injeksi steroid dan mengalami gejala untuk segera mengunjungi  dokter sesegera mungkin. Awal diagnosis sangat penting untuk pengobatan yang efektif.