Loading...

Inilah 4 Keunikan Indonesia yang Diakui Dunia

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fun

TERUSKAN.COM – Indonesia merupakan negara indah yang memiliki begitu banyak daya tarik alam, budaya serta panorama yang sangat mengagumkan dan menakjubkan, tak hanya oleh anak negeri namun juga telah diakui dunia.

Di antaranya dengan puluhan ribu pulaunya, Indonesia memiliki berbagai keunikan dan keindahan alam yang tiada duanya. Mulai dari adat istiadat, tradisi, suku bangsa yang unik, kekayaan flora dan fauna dengan ribuan jenisnya.

Inilah 4 Keunikan Indonesia yang Diakui Dunia

Pantai Plengkung di Jawa Timur

Loading...

 

Nah, berikut adalah 4 fakta unik Indonesia yang telah diakui dunia:

Pantai Plengkung, pantai dengan ombak terpanjang di dunia

Selama ini orang-orang hanya mengenal Pantai Kuta, Sanur dan Nias sebagai surga para peselancar.

Namun sebenarnya selain pantai-pantai tersebut, terdapat sebuah pantai di Taman Nasional Alaspurwo, Banyuwangi, Jawa Timur yang tak kalah terkenalnya di mata para peselancar dunia.

Pantai ini bernama Plengkung, atau lebih sering disebut dengan G-land sebab bentuk wilayahnya menyerupai huruf “G” jika diamati dari atas.

Ombak di pantai plengkung mencapai ketinggian 4 hingga 6 meter dengan panjang 2 kilometer, dan dianggap sebagai salah satu ombak terbaik di dunia.

Bahkan pantai ini diyakini merupakan pantai dengan ombak tertinggi kedua serta terpanjang di dunia. Inilah yang membuat G-land menjadi salah satu surga peselancar dunia.

Rendang, salah satu makanan paling enak di dunia

Siapa yang tidak kenal dengan masakan rendang?

Ini merupakan makanan khas masyarakat Padang, Sumatera Barat, namun juga sangat populer di hampir seluruh bagian tanah air.

Makanan ini pernah menduduki urutan ke-11 dari 50 daftar makanan paling enak di dunia yang dipublikasikan melalui saluran berita CNN. Urutan tersebut merupakan hasil dari sebuah polling yang dilakukan melalui media sosial Facebook.

Dan masakan rendang, mendapatkan kehormatan menjadi satu-satunya makanan Indonesia yang berhasil masuk ke dalam daftar tersebut. Rendang mengalahkan kelezatan kebab dari Turki serta lasagna dari Italia.

Goa Petruk, salah satu goa terdalam di dunia

Goa Petruk yang terdapat di Kebumen, Jawa Tengah, merupakan salah satu goa terdalam di dunia yang secara keseluruhannya terdapat panorama alam yaitu batu salagtit dan salagmit yang menyerupai berbagai bentuk.

Goa ini terbagi menjadi tiga bagian, yang pertama hanya terdapat kelelawar yang beterbangan, sementara bagian kedua yang diberi nama goa semar, terdapat pemandangan dari bebatuan yang cukup indah serta tentunya mempesona.

Dan bagian terakhir disebut dengan goa petruk, karena dalam goa tersebut Anda dapat menemui sebuah batu yang memiliki wujud seperti hidung petruk, tokoh wayang.

Namun sayangnya hidung tersebut kemudian putus karena ulah Belanda yang kala itu melakukan penambangan. Goa ini memiliki kedalaman jelajah mencapai 2000 meter.

Letusan Gunung Tambora, salah satu letusan gunung terdahsyat di dunia

Gunung Tambora yang keberadaannya terletak di Pulau Sumbawa, NTB, pada tahun 1815 pernah mengalami letusan dan menjadi letusan gunung terdahsyat yang pernah terjadi di Indonesia.

Suara letusan bahkan terdengar hingga ke Pulau Sumatera yang berjarak lebih dari 2.000 km.

Selain itu, abu abu vulkanik dari letusan gunung ini menyebar hingga ke berbagai belahan pulau lainnya seperti Kalimantan, Sulawesi, Jawa dan Maluku, tidak hanya sampai disitu, tragedi ini juga menyebabkan korban jiwa sekitar 71.000 orang.

Yang tidak kalah dahsyat adalah, bahwa letusan Gunung Tambora juga menyebabkan terjadinya perubahan iklim dunia, yang kemudian membuat banyak panen yang gagal, banyaknya ternak yang mati terutama di bumi bagian Utara, hingga kelaparan terburuk pada abad ke-19.

(photo: http://eyesfriend.co.id)