Loading...

Tips Melindungi Anak dari Serangan Pedofil

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga

Tips Melindungi Anak dari Serangan PedofilTERUSKAN.COM – Maraknya kasus pelecehan seksual saat ini, membuat para orang tua lebih berhati-hati dalam menjaga anak. Lihat saja contoh pelecehan yang terjadi pada salah satu sekolah internasional di Jakarta baru-baru ini.

Kurangnya pengawasan serta bimbingan pada anak membuat kasus ini bahkan jarang terungkap. Beberapa anak yang telah mengalaminyapun enggan untuk memberitahukan pada orang tua mereka karena rasa takut dan trauma.

Karena itu, kita sebagai orang tua harus memberikan perlindungan. Berikut kami bagikan beberapa tips atau trik yang dapat Anda lakukan untuk mengantisipasi anak dari serangan pedofil.

Loading...

1. Identifikasi orang terdekat

Dalam kebanyakan kasus pelecehan seksual, kebanyakan yang menjadi tersangka adalah orang yang Anda kenal, seperti tetangga, guru, pelatih, anggota ulama, instruktur musik, atau bahkan pengasuh anak Anda.

Bahkan tidak jarang anggota keluarga seperti ayah, kakek, paman, sepupu, orang tua tiri, dan sebagainya mungkin juga menjadi salah satu predator seksual.

Hal ini mungkin disebabkan karena  penyakit mental seperti suasana hati atau gangguan kepribadian.

2. Waspadai perilaku umum

Perilaku yang pada umumnya ditunjukkan oleh para pedofil hampir sama dengan kebanyakan orang seperti memiliki pekerjaan yang memungkinkan mereka untuk berada di sekitar anak-anak atau sebuah kelompok usia tertentu.

Atau merancang cara lain untuk menghabiskan waktu dengan anak-anak dengan bertindak dengan sebagai pelatih, pengasuh atau tetangga yang mencoba untuk membantu.

Para pedofil cenderung berbicara tentang atau memperlakukan anak-anak seolah-olah mereka adalah orang dewasa. Bahkan beberapa pelaku pedofil sering mengatakan bahwa mereka mencintai semua anak-anak.

3. Gunakan kamera  

Menyewa seorang pengasuh bukan jaminan untuk menjaga anak dari bahaya pelecehan seksual. Jika Anda tidak terlalu yakin dengan pengasuh yang ditugaskan untuk menjaga anak Anda, gunakan sebuah kamera yang diletakkan pada beberapa ruang di rumah Anda.

Kamera ini akan sangat membantu merekam segala kegiatan yang dilakukan di rumah. Akan lebih baik jika Anda tidak memberitahukan pada pengasuh dan anak Anda tentang keberadaan kamera.

4. Batasi penggunaan internet pada anak

Pastikan anak Anda tahu bahwa pedofil sering menggunakan media online untuk mencari target selanjutnya. Karena itu, pantau penggunaan internet  pada anak dan batasi waktu penggunaan media.

Bahkan akan lebih baik jika Anda tidak mengajarkan pada anak mengenai internet jika usianya masih dibawah 15 tahun.

Pastikan juga anak Anda tidak pernah mengirim gambar ke orang yang ia temui di dunia maya.

5. Dukungan emosional   

Pastikan anak mendapatkan dukungan emosional dari Anda. Para pelaku pedofil yang telah melakukan kejahatan pada umumnya akan melarang anak untuk menceritakan hal yang mereka alami pada orang tua.

Pastikan anak-anak Anda memahami bahwa jika seseorang telah meminta mereka untuk menyimpan rahasia dari Anda, itu bukanlah karena anak akan mendapatkan masalah tetapi orang yang telah meminta mereka untuk menjaga rahasia tahu apa yang mereka lakukan kepada mereka adalah salah.

Pastikan juga Anda menghabiskan banyak waktu dengan anak Anda untuk menumbuhkan ikatan antara Anda dan anak.  Luangkan waktu untuk berbicara dengan anak Anda setiap hari dan saling terbuka.

Perlihatkan juga untuk menunjukkan minat Anda pada segala sesuatu yang dikerjakan anak Anda, sehingga mereka tidak akan menyimpan banyak rahasia dari Anda.

6. Ajarkan anak untuk berteriak saat orang asing menyentuh daerah pribadi

Ajarkan anak Anda bahwa tidak ada yang boleh menyentuh anggota tubuhnya atau daerah pribadi.

Banyak orang tua mendefinisikan daerah pribadi sebatas kelamin dan dada. Namun, daerah pribadi sebenarnya dapat mencakup seluruh anggota tubuh. Badan anak akan menjadi bagian yang sangat pribadi untuk orang asing dan tidak dikenal.

Ajarkan kepada anak Anda untuk mengatakan “tidak” dan pergi jika ada orang asing atau orang yang tidak dikenal mencoba untuk menyentuhnya.

Beritahu anak Anda untuk melaporkan kepada Anda segera mungkin jika seseorang menyentuhnya dengan cara yang salah.

Ingat, hal  yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk melindungi anak Anda adalah dengan memberikan mereka banyak perhatian dan kasih sayang. Memenuhi kebutuhan dan keinginan, dan berbicara kepada mereka akan menjadi cara terbaik untuk melindungi anak.