Loading...

4 Tips Menghemat Pengeluaran

Penulis: Tamara Mega Buana Rubrik: Finansial

4 Tips Menghemat PengeluaranTERUSKAN.COM – Bagi beberapa orang, mengendalikan pengeluaran dan menyeimbangkannya dengan pemasukan sangatlah sulit, terutama bagi kaum wanita.

Nafsu berbelanja yang tak dapat terbendung akan mengancam simpanan uang dalam dompet, seberapa pun kerasnya menahan diri.

Karena itu, di tengah-tengah krisis finansial harus ada cara-cara baru yang dapat membantu menyeimbangkan pengeluaran dan pemasukannya.

Loading...

Tapi, cara-cara baru saja pun tak bisa banyak membantu jika tidak ada kemauan dan niat yang kuat.

Cari kesibukan lain

Nafsu berbelanja biasanya timbul apabila seseorang tengah tidak memiliki sesuatu untuk dikerjakan dan simpanan uang masih tersedia di dompet.

Karena itu, untuk menekan kuatnya nafsu berbelanja, cobalah untuk mencari kesibukan lain yang dapat Anda lakukan di rumah atau di mana pun. Seperti yoga, membaca, menulis, melukis, atau yang lainnya.

Hal tersebut tentunya dapat membuat Anda sibuk tapi juga tidak akan membuat Anda bosan. Alhasil pengeluaran dapat ditekan.

Simpan uang di Bank

Realitanya, jika Anda menyimpan semua uang gaji Anda di dalam dompet yang sama yang Anda gunakan untuk membeli sesuatu, uang itu pasti tidak akan bertahan lama.

Anda akan berpikir bahwa setiap Anda berbelanja dan melihat masih ada persediaan yang cukup dalam dompet untuk kembali berbelanja, maka Anda akan terus berbelanja.

Jika saja Anda memilah uang hasil gaji Anda hanya sebanyak yang Anda butuhkan untuk berbelanja kebutuhan pokok hidup Anda sehari-hari dan menyimpan sisanya di bank, maka nafsu berbelanja Anda dapat ditekan.

Kenapa? Karena pasti terbesit di benak Anda kemalasan untuk pergi ke mesin ATM dan menarik uang.

Catat setiap pengeluaran

Selanjutnya adalah, catat pengeluaran Anda setiap hari. Tidak perlu rapi, yang terpenting adalah bahwa Anda mengetahui seberapa besar pengeluaran Anda pada hari itu. Sehingga Anda bisa sadar jika pengeluaran Anda sudah keterlaluan dan menekannya.

Jika perlu, sebaiknya simpan bukti-bukti pembayaran belanjaan Anda. Tidak untuk disimpan selamanya, tapi untuk menjadi tolak ukur pengeluaran Anda.

Setelah Anda memahami seberapa besar pengeluaran Anda, Anda dapat membuangnya atau mencatatnya terlebih dahulu dan membuangnya.

Jangan mudah termakan iklan

Zaman sekarang, banyak sekali iklan-iklan yang dapat dengan mudah memengaruhi Anda untuk membeli produk mereka.

Diskon-diskon bertebaran di sana dan sini, menarik perhatian Anda tanpa Anda ketahui bahwa produk yang di diskon telah mengalami kenaikan harga terlebih dahulu lalu kemudian dineri diskon.

Berpikirlah dua kali saat Anda mulai tertarik pada suatu produk dengan iklan yang menarik. Apakah barang tersebut benar-benar berguna bagi Anda, apakah barang tersebut benar-benar akan Anda pakai setelah membelinya, apakah barang tersebut aman bagi kesehatan Anda.

Semua itu harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk.

Itulah beberapa tips hemat yang bisa Anda coba. Ingat! Tanpa niat dan usaha, kata “hemat” tidak akan terwujud.