Loading...

8 Langkah Membuat Parfum Sendiri

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fashion

TERUSKAN.COM – Mempelajari hal-hal baru seperti membuat parfum sendiri tentunya merupakan sesuatu yang menantang.

Ya, Anda tidak harus mengeluarkan uang banyak untuk membeli sebuah parfum ber-merk dengan aroma yang tahan lama, karena sebenarnya Anda dapat menggunakan bahan-bahan sederhana untuk membuat parfum.

8 Langkah Membuat Parfum Sendiri

Loading...

 

Namun, ada langkah-langkah tertentu yang harus diperhatikan dan tidak boleh Anda abaikan.

1. Pilih Minyak yang Tepat

Langkah pertama yang harus Anda ambil ketika Anda pertama kali membuat parfum sendiri adalah memilih minyak yang tepat. Anda bisa menggunakan minyak jojoba, minyak almond dan bahkan minyak kelapa jika Anda mau.

Sebaiknya pilihlah minyak dengan aroma yang Anda sukai untuk membuat parfum sempurna sesuai dengan yang Anda inginkan.

2. Pilih Esensial yang Tepat

Setelah memutuskan pemilihan minyak yang Anda inginkan, selanjutnya adalah memilih esensial yang tepat untuk aroma yang Anda inginkan, misalnya saja minyak esensial lavender.

Disarankan kepada Anda untuk mencari minyak esensial yang murni, karena tidak akan membuat aroma parfum memudar terlalu cepat.

3. Ketahui Aroma yang Anda Inginkan

Ini adalah langkah yang paling penting, pastikan dan ketahui aroma seperti apa yang Anda inginkan.

Apakah Anda menyukai bau parfum yang menyerupai buah atau Anda lebih memilih wangi bunga sebagai aroma parfum Anda.

4. Memutuskan Bentuk Parfum

Salah satu keuntungan dengan membuat parfum sendiri adalah bahwa Anda mengetahui persis apa yang terkandung di dalamnya. Setelah mengetahui jenis aroma yang Anda inginkan, segeralah memutuskan bentuk parfum yang akan Anda buat, padat ataukah cair.

Hal ini akan mempengaruhi bahan yang Anda gunakan, jadi pastikan Anda benar-benar mengetahui segala keinginan Anda sebelum mulai membuat parfum.

5. Mencari Botol Parfum

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mencari wadah untuk menempatkan parfum yang telah Anda buat.

Untuk parfum cair, ada banyak jenis botol semprot yang bisa Anda dapatkan. Pilihlah botol yang unik dan indah untuk menghias meja rias Anda.

6. Jangan Menggunakan Bahan Berlebih

Kesalahan terbesar yang banyak dilakukan terutama bagi mereka yang baru pertama kali mencoba membuat parfum sendiri adalah mereka selalu mencari bahan-bahan yang terlalu sulit untuk ditemukan.

Terkadang bahkan mencampurkan aroma apapun hingga kesannya terlalu berlebihan.

Ingat, hal yang sederhana selalu lebih baik. Jadi cukup sediakan bahan-bahan sederhana untuk menemukan aroma luar biasa.

7. Tambahkan Sedikit Garam

Jika Anda ingin parfum buatan Anda memiliki aroma yang lebih segar, Anda dapat mencoba memerikan sedikit garam ke dalamnya, atau Anda dapat mencampurkan sedikit air laut.

Ini adalah salah satu trik yang akan membuat parfum Anda lebih menyegarkan.

Jadi, itulah beberapa langkah sederhana yang harus Anda pahami sebelum Anda memutuskan untuk membuat parfum sendiri.

Saat pertama kali mencoba, hasilnya bisa jadi tidak seperti yang Anda harapkan, namun itu bukan berarti bahwa Anda harus berhenti mencoba untuk membuat parfum sendiri.

Sesuatu yang sempurna memang tidak dapat kita peroleh dengan cepat. Maka dari itu lakukanlah secara terus-menerus sampai Anda mendapatkan aroma terbaik bagi tubuh Anda.

(photo: www.mightybeauty.com)