Loading...

Cara Terbaik Memerangi Nyeri Saat Haid

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

Cara Terbaik Memerangi Nyeri Saat HaidTERUSKAN.COM – Beberapa hari sebelum menstruasi, wanita akan mengalami kembung, kelelahan, cepat marah serta nyeri perut.

Sindrom pramenstruasi (PMS) merupakan sesuatu umum dan normal terjadi pada setap wanita di muka bumi ini, dan pastinya hal tersebut tidak begitu menyenangkan.

PMS adalah istilah umum untuk berbagai gejala yang terjadi sebelum haid, dan tingkat keparahan mereka tergantung pada setiap individu. Beruntung, gejala ini biasanya berhenti pada awal periode Anda.

Loading...

Menurut American College of Obstetricians and Gynecologists, setidaknya 85% perempuan mengalami satu atau lebih gejala PMS sebagai bagian dari siklus bulanan mereka.

Jadi, ketika Anda tahu periode rutin Anda, cobalah untuk melakukan rekomendasi tips berikut guna memerangi nyeri haid:

1. Banyak bergerak

Ketika Anda merasa lelah dan mudah marah, berolahraga mungkin menjadi hal terakhir yang ingin Anda lakukan.

Namun menurut Mary Clarkin, seorang praktisi perawat kesehatan perempuan mengungkapkan bahwa endorfin yang dihasilkan oleh latihan dapat sangat bermanfaat untuk mengatasi gejala PMS seperti kram, sakit dan nyeri, bahkan emosi yang kurang stabil.

Melakukan yoga, peregangan sederhana atau jogging cepat adalah cara-cara mudah untuk memompa jantung dan mengalirkan endorfin dalam tubuh.

2. Konsumsi obat penghilang rasa sakit

Banyak kaum wanita yang mengeluhkan rasa nyeri otot atau kram sebelum periode bulanan mereka.

Jika metode alternatif penghilang rasa sakit seperti berolahraga rupanya tidak begitu memberikan efek untuk Anda, cobalah untuk mengatasinya dengan obat penghilang rasa sakit. Cara ini biasanya dapat membantu dengan cepat.

Sebelum periode haid, biasanya Anda akan merasakan sakit punggung yang tak tertahankan, jadi segeralah mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri haid.

Selain itu, Anda juga dapat mengkonsumsi teh hijau, karena cukup baik untuk mengatasi kram perut.

3. Perhatikan apa yang Anda makan

Kembung merupakan salah satu gejala PMS yang paling umum. Ini tentunya menjadi sangat tidak menyenangkan, namun sebenarnya dapat Anda kurangi dengan memperhatikan makanan yang Anda konsumsi, dan pastikan untuk minum banyak air putih.

Menurut Diane Blahut, seorang ahli gizi klinis di Johns Hopkins Nutrition Clinic di Baltimore, Anda harus menghindari minuman berkarbonasi, sayuran cruciferous (seperti brokoli dan kembang kol), kacang-kacangan, makanan asin dan permen karet. Jenis makanan ini dianggap bisa membuat kembung menjadi semakin parah.

Jadi makanan seperti apa yang harus Anda konsumsi saat haid? Pisang, nanas, jahe, dan peppermint, makanan ini dapat menenangkan perut kembung Anda.

Menghindari makanan yang membuat Anda kembung juga dapat membantu jika Anda mengalami gejala pencernaan seperti diare dan sembelit sebelum periode Anda.

4. Lakukan apa yang Anda inginkan

Sebagian besar wanita akan merasa moody atau suasana hatinya suka berubah-ubah tepat sebelum periode mereka. Jika hal ini rupanya juga terjadi pada Anda, cobalah untuk menyenangkan diri Anda sendiri.

Saat Anda merasa murung, nikmatilah sebatang coklat untuk memperbaiki suasana hati. Tenangkan jiwa dengan segelas teh hangat, dan lakukan apapun yang Anda ingin lakukan untuk memperbaiki mood Anda.

Intinya adalah PMS sangat tidak menyenangkan, jadi tidak apa-apa untuk sesekali memanjakan diri Anda.

Jadi pada saat Anda sedang berada pada periode Anda, lakukanlah apa saja untuk meringankan gejala nyeri yang diderita.

Namun jangan biarkan diri Anda terus terkapar di tempat tidur, lakukanlah kegiatan yang Anda senangi dan buatlah segala hal menjadi menyenangkan.

Ini dapat menjadi obat terbaik untuk rasa nyeri dan kram saat haid. Tentu saja, jika gejala Anda benar-benar parah, segeralah berbicara dan berkonsultasi dengan dokter.