Loading...

Ini Yang Menyebabkan Wanita Sulit Hamil

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Keluarga, Kesehatan, Wanita

Ini Yang Menyebabkan Wanita Sulit HamilTERUSKAN.COM – Pada zaman dulu, seorang ibu biasanya memiliki lebih dari lima orang anak, bahkan terkadang berpuluh-puluh anak.

Namun bagi perempuan-perempuan masa kini, kehamilan telah menjadi sesuatu yang sulit dan bukan perkara yang mudah. Tidak sedikit wanita yang terus berusaha dan menunggu lahirnya seorang anak, tapi tidak juga kunjung hamil.

Banyak orang yang berpikir bahwa ketika mereka tidak dikaruniai seorang anak, itu berarti ada masalah terhadap kesuburannya.

Loading...

Padahal sebenarnya tingkat kesuburan bukanlah satu-satunya hal yang dapat menghambat kehamilan. Ada beberapa faktor lain yang juga berpengaruh membuat wanita masa kini sulit untuk hamil.

Menunda pernikahan

Di zaman modern sekarang ini, tidak sedikit wanita yang lebih memilih untuk mengejar karirnya daripada membangun sebuah rumah tangga.

Menunda perkawinan dan mengundur waktu untuk memiliki momongan. Ini kemudian dapat menyebabkan seorang wanita sulit untuk hamil.

Salah satu yang menentukan kesuburan dalam diri seorang wanita adalah usia. Ketika wanita menginjak usia 27 tahun keatas, maka tingkat kesuburan secara bertahap akan mengalami penurunan, lalu kemudian akan terus merosot setelah melewati usia 35 tahun hingga akhirnya mencapai masa menopause.

Di samping itu, usia yang semakin tua juga akan mempengaruhi jumlah serta kualitas sel telur. Meskipun telah terdapat perawatan kesuburan yang dapat membantu kehamilan, namun keberhasilannya juga masih tergantung pada usia Anda.

Obesitas

Sekarang ini, penderita obesitas semakin meningkat setiap tahunnya. Ini tentu saja disebabkan oleh beberapa faktor, seperti gaya hidup yang tidak sehat, terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji, kurang berolahraga, dan lain sebagainya.

Obesitas tidak hanya akan membuat penampilan Anda terlihat lebih buruk, tetapi juga memegang kaitan yang erat dengan tingkat kesuburan seseorang, yang pastinya akan berpengaruh pada kesempatan Anda untuk hamil.

Seorang wanita muda yang menderita obesitas, sangat disarankan untuk melakukan program-program penurunan berat badan dengan rutin berolahraga sebelum memutuskan untuk hamil.

Terlalu kurus akibat diet

Setiap perempuan selalu menomorsatukan penampilan, dan mereka berpikir bahwa penampilan yang sempurna adalah dengan memiliki tubuh yang langsing dan ramping.

Dengan alasan tersebut, setiap perempuan mencoba untuk melakukan cara apapun untuk mendapatkan tubuh yang langsing, bahkan hingga mereka tampak terlalu kurus.

Padahal, ini juga dapat memberi pengaruh yang kurang baik bagi kesuburan wanita yang kemudian membuatnya sulit untuk hamil. Jumlah lemak yang terlalu sedikit rupanya dapat menghambat produksi hormon-hormon yang dibutuhkan untuk mematangkan sel telur.

Jadi jangan membiarkan tubuh Anda terlalu kurus akibat program diet yang Anda jalankan.

Tingginya tingkat stres

Stres atau depresi merupakan hal paling umum yang sering dialami siapa saja, terutama karena banyaknya tuntutan pekerjaan dan berbagai masalah lainnya.

Nah, cobalah untuk membiasakan diri mengatasi rasa stres yang menghadang, karena selain menurunkan sistem kekebalan tubuh, stres juga dapat membuat wanita semakin sulit untuk hamil.

Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa semakin tingginya tingkat stres, maka akan semakin kecil kemungkinan seorang wanita dapat hamil.

Jadi lakukan solusi yang terbaik untuk mengatasi hal tersebut, lakukan yoga atau meditasi, tertawalah sebanyak-banyaknya dengan keluarga dan teman terdekat Anda.