Loading...

Resep dan Cara Membuat Cumi Kecap

Penulis: Nila Rubrik: Resep

Resep dan Cara Membuat Cumi KecapTERUSKAN.COM – Jika Anda senang memasukkan makanan laut ke dalam diet mingguan Anda, risiko Anda terkena serangan jantung menurun hingga 50%.

Udang, kepiting, cumi-cumi dan gurita sama dikemas dengan vitamin, mineral dan minyak ikan seperti pada ikan salmon atau cod. Semuanya dikenal mengandung omega-3, asam lemak utama yang dikenal membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Meskipun makanan laut mengandung kolesterol, ia sebenarnya merupakan makanan tinggi lemak jenuh – jenis yang ditemukan dalam keju, daging merah dan makanan cepat saji – yang meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Loading...

Jadi seafood tidak mungkin memiliki dampak besar pada kadar kolesterol darah. Namun NHS menyarankan untuk menghindari makan kerang mentah dan makanan laut mentah selama kehamilan.

Cobalah untuk makan makanan laut segar, sebagai produk beku yang mungkin berisi lebih banyak natrium – dan kita sudah mengkonsumsi dua kali lipat yang direkomendasikan 6g sehari.

Manfaat Kesehatan dari Cumi

Cumi-cumi merupakan sumber protein yang baik. Juga mengandung omega 3, tembaga, seng, vitamin B dan yodium.

Para ahli berpendapat bahwa beberapa makanan mengandung tembaga dan sangat penting untuk penyerapan, penyimpanan dan metabolisme besi dan pembentukan sel darah merah.

Tingginya tingkat B2 dapat membantu meringankan migrain dan fosfor membantu kalsium membangun tulang dan gigi.

Cumi-cumi merupakan pilihan terbaik sebagai starter – terutama jika Anda memilih camembert goreng. Sebaiknya hindari versi goreng.

Cumi-cumi hanya sekitar 70 kalori per 100g, tetapi menambahkan adonan akan menyebabkan hampir tiga kali lipat jumlah kalori dan menambahkan lemak trans. Ini sangat buruk bagi Anda dan diyakini meningkatkan risiko beberapa jenis kanker.

Hindari cumi-cumi jika Anda sensitif terhadap makanan laut, dan pastikan memilih yang segar.

Resep Cumi Kecap

Makanan seafood merupakan santapan yang paling mantap dan patut Anda coba bersama di rumah, utamanya bagi Anda para pecinta hidangan cumi.

Cumi kecap, selain lezat juga bernilai gizi tinggi, karena perpaduan antara bumbu yang istimewa dengan gurihnya daging cumi-cumi pastinya akan membuat Anda sekeluarga ketagihan.
Nah, berikut resep sederhana membuat cumi kecap:

Bahan yang dibutuhkan:
500 gram cumi, cuci bersih
2 lembar daun jeruk
4 lembar daun salam, cuci bersih
2 ruas jari lengkuas, memarkan, cuci dan geprak
2 sdt air asam jawa
penyedap rasa dan garam secukupnya
kecap manis secukupnya
minyak goreng secukupnya

Bumbu yang perlu diulek:
4 buah bawang merah
2 buah bawang putih
2 buah cabe merah besar
4 cabe rawit
sedikit terasi bakar
kunyit secukupnya

Cara membuat:

1. Ambil penggorengan dan mulai panaskan minyak goreng, tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan hingga mengeluarkan bau wangi.
2. Tambahkan daun salam, daun jeruk, lengkuas, penyedap rasa, garam, air asam jawa dan tumis atau aduk-aduk.
3. Ambil daging cumi cumi yang sudah dibersihkan, masukkan kedalam penggorengan.
4. Aduk perlahan-lahan lalu tambahkan kecap manis secukupnya, terus aduk hingga semua bumbu tercampur dan cumi masak kecap matang sempurna.
5. Taburkan garnis dari irisan bawang bombay dan daun bawang yang dipotong–potong bentuk korek api.
6. Hidangkan selagi panas!

Mudah dan sederhana bukan? Semua orang pasti bisa, bagaimana dengan anda?

(photo: http://wanita-tips.com)