Loading...

Menjaga Kecantikan dengan Blood Facial

Penulis: Mayrani Rubrik: Kesehatan, Wanita

Menjaga Kecantikan dengan Blood FacialTERUSKAN.COM – Blood facial atau vampire facial adalah prosedur kosmetik di mana dokter mengambil beberapa botol darah dari lengan Anda, sentrifuse darah untuk memisahkan plasma dan trombosit dari sel-sel darah merah, dan kemudian menambahkan platelet-kaya plasma kembali ke wajah Anda.

Untuk penyerapan ekstra, dokter menusuk seluruh wajah Anda dengan sekelompok jarum mikro sebelum menerapkan plasma.

Tidak ada bukti apakah prosedur ini bekerja, dan hanya studi awal yang menunjukkan bahwa menyuntikkan trombosit ke dalam kulit bekerja sama sekali terhadap penampilan melawan penuaan. Tapi mungkin sedikit membahayakan, karena suntikan plasma berurusan dengan cairan tubuh pasien sendiri, dermatologist mengatakan.

Loading...

Teknologi yang digunakan dermatologist telah disetujui oleh Food and Drug Administration, untuk menambahkan plasma ke tulang sebelum operasi ortopedi, tetapi tidak untuk mengurangi kerutan.

Di Balik Blood Facial

Ide di balik blood facial adalah menginfusi kulit dengan trombosit, yang mengandung faktor-faktor pertumbuhan, yang pada gilirannya dikenal dapat membantu dalam penyembuhan luka.

Praktisi suntikan terkait mengatakan faktor pertumbuhan dapat merangsang pertumbuhan kolagen baru di wajah. Kolagen adalah protein dalam kulit yang membuat pipi kencang.

Apakah pertumbuhan kolagen benar-benar terjadi dan membantu, “tidak ada yang benar-benar tahu,” kata Patricia Farris, dermatolog kosmetik yang berpraktek di Louisiana, seperti dilansir dari Popular Science.

Efek Samping dan Risiko

Suntik kulit selalu memiliki risiko infeksi, tetapi Farris tidak berpikir bahwa mereka yang menerima prosedur dari dokter kulit atau ahli bedah plastik akan mendapatkan bahaya yang dignifikan. Begitu juga dengan plasma, tak seorang pun yang telah melakukan studi perihal benar-tidaknya.

Anthony Sclafani, seorang ahli bedah plastik wajah di New York Ear and Eye Infirmary, melakukan suntikan jarum tunggal untuk keriput dan bekas jerawat.

Sclafani juga menulis satu-satunya studi tentang plasma kaya trombosit untuk keriput, sebuah penelitian kecil yang melibatkan 15 orang. Penelitian ini didukung oleh Aesthetic Factor, perusahaan yang berbasis di Pennsylvania yang membuat teknologi untuk memisahkan plasma dari darah, prosedur yang sebelumnya harus dilakukan di laboratorium.

Sclafani berujar bahwa perawatan ini bukan untuk semua orang, mengatakan bahwa beberapa pasien tidak melihat perbedaan setelah pengobatan. Bagi mereka yang bekerja, tampaknya bertahan lama. Kadang-kadang pasien datang kembali dalam enam sampai delapan bulan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, kata Sclafani.

Efek samping yang telah ia lihat termasuk memar kecil. Seperti Farris, ia menyebutkan potensi bahaya infeksi, namun menambahkan ia belum melihatnya pada pasiennya sendiri.

Tidak ada suntikan plasma kaya trombosit yang mendapatkan persetujuan FDA untuk penggunaan estetika. Namun, dokter umumnya dan secara hukum diperbolehkan untuk menggunakan obat – dan perangkat yang disetujui FDA walaupun dalam metode obat atau perangkat yang tidak mendapatkan persetujuan FDA.

Pengobatan seperti ini menghabiskan biaya sekitar $ 1.500, tapi jumlahnya tergantung pada seberapa banyak pasien akhirnya gunakan.

Ada beberapa suntikan resep yang disetujui FDA, menghilangkan kerutan atau membuat wajah terlihat lebih muda untuk sementara. Beberapa nama yang lebih dikenal termasuk Botox, Restylane dan Juvederm, tetapi ada banyak lagi yang lain.

Alasan untuk menggunakan plasma kaya trombosit bukan suntikan lainnya adalah bahwa plasma “alami” dan tidak membawa risiko alergi atau penolakan – karena darah Anda sendiri.