Loading...

5 Hal yang Perlu Diwaspadai Wanita Tentang Kesehatan Reproduksi

Penulis: Tamara Mega Buana Rubrik: Kesehatan, Wanita

5 Hal yang Perlu Diwaspadai Wanita Tentang Kesehatan ReproduksiTERUSKAN.COM – Wanita adalah makhluk indah dengan tingkat sensitivitas yang tinggi.

Ya, perhatikan saja! Bagian tubuh wanita dari atas sampai bawah sangatlah sensitif. Dari rambut, wajah, tubuh bagian tengah, hingga ke tubuh bagian bawah.

Salah satu alat vital wanita yang paling sensitif adalah alat reproduksi. Dan masalah kesehatan reproduksi masih menjadi penyebab utama sakit dan kematian bagi wanita usia subur di seluruh dunia.

Loading...

Alat reproduksi merupakan bagian tubuh wanita yang harus benar-benar diperhatikan, terutama jika bicara mengenai kebersihannya. Sedikit saja lengah, ada banyak penyakit yang akan mengancam.

Berikut adalah lima hal tentang kesehatan reproduksi yang harus diketahui wanita. Simak yuk!

Waspadai potongan kecil daging pada pembalut saat menstruasi

Saat menstruasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah ketika ada potongan kecil daging yang ikut keluar bersama darah menstruasi.

Daging tersebut kecil, namun masih cukup besar untuk dilihat dengan mata telanjang jika Anda memerhatikan dengan baik. Potongan kecil daging tersebut merupakan tanda-tanda adanya kista di dalam rahim Anda.

Jika Anda mendapati hal ini terjadi pada Anda, segeralah pergi ke dokter dan periksakan untuk memastikannya.

Waspada jika keputihan terjadi di luar masa menstruasi

Keputihan yang kami maksud di sini bukan keputihan yang berupa cairan, melainkan berupa serbuk putih menyerupai tumbukan beras.

Keputihan ini wajar terjadi sebelum atau sesudah menstruasi. Namun jika terjadi di luar masa tersebut, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Karena hal tersebut merupakan salah satu gejala kemandulan.

Menstruasi terlalu lama

Jangka waktu menstruasi normal ialah sekitar lima sampai tujuh hari. Biasanya lima hari merupakan waktu peluruhan, dan dua hari waktu pembersihan.

Jika melebihi dari jangka waktu tersebut, apalagi sampai mencapai waktu dua minggu, bisa jadi Anda tengah terserang penyakit atau pendarahan. Seperti biasa, cobalah periksakan ke dokter.

Jangan menggunakan celana dalam berbahan satin

Celana dalam berbahan satin merupakan bahan yang kedap air, dengan kata lain celana dalam bahan ini tidak mampu menyerap keringat dan akan menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah untuk masuk ke dalam area rahim.

Jika Anda masih menggunakan celana dalam berbahan ini, gantilah segera sebelum Anda mulai terserang penyakit.

Jangan memangku laptop

Selain di meja, ketika tengah berbaring di kasur, bersandar di pinggiran kasur dengan laptop berada di pangkuan memang posisi yang nyaman.

Tapi, hal ini dapat menyebabkan penyakit, contohnya saja seperti kanker rahim, kanker leher rahim, dan kemandulan.

Mengapa? Hal ini disebabkan karena besarnya radiasi yang dikeluarkan laptop menembus masuk ke dalam tubuh Anda dan merusak sistem tubuh Anda.