Loading...

Posisi Tidur yang Tepat Untuk Mengatasi Nyeri Punggung

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

Posisi Tidur yang Tepat Untuk Mengatasi Nyeri PunggungTERUSKAN.COM – Di zaman yang serba modern sekarang ini, nyeri punggung menjadi salah satu hal umum yang setidaknya pernah dialami 70 persen manusia pada suatu saat dalam hidupnya. Terutama bagi mereka yang setiap harinya berkelut di depan komputer.

Nyeri punggung tentunya disebabkan oleh berbagai faktor, misalnya saja terlalu banyak duduk ataukah tidur dengan posisi yang tidak benar dan berlangsung selama bertahun-tahun.

Saat tidur, posisi tubuh terkadang bergerak tanpa Anda sadari. Dan posisi yang kurang tepat dapat menekan punggung yang kemudian dapat berpengaruh buruk dan menyebabkan nyeri.

Loading...

Selain itu, posisi tidur juga memiliki pengaruh pada rasa nyeri yang telah lama diderita, entah hal tersebut akan menjadikan punggung terasa lebih nyaman ataukah malah sebaliknya.

Menyamping

Posisi tidur menyamping merupakan posisi yang paling umum dilakukan kebanyakan orang saat tidur. Posisi ini membuat kaki serta pinggul terdapat dalam satu garis dan tertekuk. Ini kemudian akan membuat area atas kaki tidak tersokong.

Selain itu lutut atas dengan pinggul cenderung merosot kearah depan yang akhirnya menyebabkan punggung bagian bawah berputar. Nah, putaran punggung tersebut akan menimbulkan rasa nyeri pada punggung atau pinggul.

Solusi terbaik adalah dengan menggunakan bantal yang diletakkan di antara lutut dan paha. Cara ini dapat mencegah terjadinya nyeri punggung.

Telentang

Selain menyamping, telentang juga menjadi posisi favorit bagi kebanyakan orang.

Jika Anda termasuk salah satunya, cobalah sesering mungkin untuk menaruh bantal di bagian bawah lutut Anda. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga lengkungan alami terutama di bagian punggung bawah.

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan penopang tambahan dengan meletakkan handuk kecil di bawah punggung Anda. Letakkan bantal kecil sebagai sanggahan untuk leher Anda.

Ini merupakan posisi tidur terbaik bagi Anda yang sering mengalami sakit atau nyeri punggung bawah.

Tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap bisa memberi pengaruh buruk pada kondisi punggung Anda.

Apabila Anda tidak dapat tidur dengan melakukan posisi lain, cobalah untuk mengatasinya dengan meletakkan bantal di bagian bawah panggul dan perut bawah guna mengurangi terjadinya tekanan pada punggung Anda.

Sesering mungkin letakkan bantal di bawah kepala Anda.

Selain posisi tidur, cobalah untuk memeriksa kasur Anda karena hal ini juga berkaitan erat dengan timbulnya nyeri punggung. Kasur harus menjadi penopang yang benar, rata dan tidak melesak ke dalam.

Di samping itu, disarankan agar Anda rutin melakukan hal-hal seperti yoga, akupuntur dan pijat.

Ketika Anda rutin melakukan yoga 75 menit dalam 12 minggu, maka gejala nyeri punggung yang Anda derita dapat menjadi lebih baik.

Namun bila Anda merasa sulit untuk melakukan yoga, efek yang sama bisa Anda dapatkan dengan mengikuti peregangan intensif.

Solusi Terbaik

– Akupuntur telah dikenal luas mampu meringankan sakit yang diderita, salah satunya adalah nyeri punggung.

Dikatakan bahwa akupuntur dapat memberikan efek yang lebih baik terhadapa nyeri punggung bawah, dibandingkan dengan konsumsi obat-obatan serta terapi fisik.

– Pijatan juga dapat mengatasi nyeri punggung yang diderita. Cobalah untuk mendapatkan pijatan setidaknya satu kali dalam seminggu.

Anda dapat melakukan hal ini selama 10 minggu dan Anda akan melihat perubahan besar. Selain itu, sesering mungkin berolahragalah.

Melakukan jogging atau jalan santai juga dapat menjadi solusi terbaik untuk mengobati nyeri punggung.