Loading...

Manfaat Gula Merah Untuk Kesehatan

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Manfaat Gula Merah Untuk KesehatanTERUSKAN.COM – Gula merah adalah bahan pemanis alami, atau tradisional, yang paling mudah ditemukan. Harganya pun sangat terjangkau. Banyak terdapat di pasar-pasar tradisional hingga supermarket. Namun sedikit yang menyadari manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Ya, gula merah, atau yang sering disebut gula jawa, memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan mengonsumsi gula tebu/gula pasir.

Selain memberikan rasa manis alami, gula merah juga mengandung garam mineral, rendah kalori, kaya nutrisi dan berguna dalam mengatasi dan mengobati sakit anemia, batuk, tipes, lepra maupun jenis penyakit lainnya.

Loading...

Secara garis besar, gula merah ampuh untuk mencegah timbulnya beberapa jenis penyakit. Berikut ulasannya!

1. Membersihkan darah kotor

Gula merah berfungsi sebagai zat-zat membangun yang berguna untuk membersihkan racun-racun dalam darah, yang dapat diperoleh melalui rasa manis alami dari gula ini. Tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

2. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Gula merah banyak membantu mengatasi berbagai masalah penyakit pencernaan seperti susah BAB, perut kembung, dan lain sebagainya, karena di dalamnya banyak mengandung zat-zat penting yang mampu mendetoks darah dan sistem pencernaan tubuh.

3. Mengatasi sariawan

Gula merah berfungsi sebagai media untuk mendinginkan suhu panas tubuh yang tinggi sebagai akibat banyaknya sariawan yang timbul di dalam mulut.

Pencegahan lainnya adalah dengan jamu tradisional berbahan dasar kunyit, campurkan dengan asam dan larutan gula merah. Minum ramuan ini secara rutin agar sariawan cepat kering.

4. Menyembuhkan sakit batuk dan panas demam

Gula merah memiliki sifat mendinginkan sehingga bisa dikonsumsi tanpa perlu khawatir berdampak semakin buruk terhadap Anda yang kebetulan terkena sakit batuk dan demam.

Caranya sangat mudah, seduh gula merah menjadi semacam minuman sirup (bisa ditambah dengan perasan air jeruk secukupnya), atau gula merah cair tambahkan dengan makanan ringan seperti aneka kue, konsumsi secara rutin setiap hari.

Juga dapat membantu mengencerkan dahak.

5. Meredakan nyeri haid

Nyeri di bagian perut yang biasa timbul waktu seorang wanita mengalami menstruasi, dapat dicegah dengan jamu tradisional kunyit asam yang dicampur dengan larutan gula merah, konsumsi secara rutin saat sedang menstruasi, niscaya nyeri perut mereda.

Selanjutnya istirahat yang cukup.

6. Mencegah anemia

Gula merah sangat baik dalam mencegah dan mengobati anemia, terutama bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi, dimana gejala penyakit ini sangat terasa mengganggu.

7. Mencegah sakit asma

Pada penderita sakit asma sangat dianjurkan menggunakan gula merah untuk pola makan Anda sehari-hari, dan kurangi mengonsumsi gula pasir.

Ketika temperatur tubuh Anda berada pada suhu yang normal, penyakit asma bisa diatasi dengan memperhatikan pola makan yang sehat. Gula merah dapat membantu mencegah penyakit agar tidak mudah kambuh kembali.

Di samping itu gula merah memiliki sifat sebagai anti alergi.

8. Mencegah jerawat

Gula merah dapat membantu mencegah berbagai masalah penyakit kulit seperti komedo dan jerawat.

Rasa manis alami dari gula ini tidak berpengaruh buruk terhadap peradangan kulit, sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Nah, gula merah juga baik diolah dan dikembangkan menjadi aneka makanan/minuman ringan untuk cemilan keluarga tercinta. Murah, mudah dperoleh, dan memiliki nilai gizi tinggi, apalagi yang kurang?

 (photo: sehataja.com)