Loading...

Kimchi, Acar Korea Kaya Manfaat

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: K-Pop, Kesehatan

Kimchi, Acar Korea Kaya ManfaatTERUSKAN.COM – Kabar baik bagi Anda pecinta kimchi, ataupun Anda yang menyukai kuliner dari Negeri Ginseng Korea.

Kimchi tidak hanya segar dan enak, tetapi juga dilengkapi dengan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Kimchi adalah makanan pelengkap yang berasal dari Korea dan dapat ditemukan di semua restoran Korea, bahkan di Jepang dan Cina.

Kimchi merupakan makanan pelengkap yang wajib ada di setiap hidangan. Di Indonesia, kimchi dapat disamakan seperti acar sayur karena rasanya yang asam, asin dan pedas. Bedanya, kimchi dibuat dari proses fermentasi sederhana yang menggunakan kubis, bawang putih dan sayuran lainnya dan disimpan dalam wadah tertutup.

Loading...

Tidak perlu menyediakan bahan khusus untuk membuat Kimchi, Anda dapat menyimpannya dan melakukan fermentasi dengan botol kaca di rumah.

Meskipun demikian, manfaat yang diberikan ternyata tidak sesederhana bahan dan pembuatannya. Berikut beberapa manfaat kimchi bagi kesehatan:

1. Rendah Kalori

Acar korea ini menjadi makanan yang memiliki kandungan kalori yang rendah, dengan kandungan serat tinggi yang membuat proses pencernaan lebih cepat dan lebih mudah.

Kimchi dapat menyembuhkan beberapa penyakit biasa dan secara umum baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

2. Sumber Probiotik

Karena melalui proses  fermentasi makanan, kimchi menjadi sumber probiotik yang yang sangat baik. Probiotik membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat dan membantu melawan semua infeksi.

Selain itu, kimchi juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, zat besi, kalsium dan selenium. Vitamin dan mineral membantu dalam memperlancar  aliran darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga pertumbuhan otot.

3. Menurunkan Tekanan Darah

 Jika dikonsumsi setiap hari, kimchi dapat membantu menurunkan tekanan darah.  Bahan lain yang digunakan selain kubis yaitu bawang putih. Dan keduanya mengandung allicin dan selenium.

Allicin dan selenium baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh Anda tetap rendah dan mencegah penyumbatan lemak pada dinding arteri.

4. Berat Badan Ideal

Tidak perlu heran mengapa wanita korea memiliki badan langsing, meskipun mengonsumsi banyak makanan.

Kimchi membantu menjaga bentuk tubuh wanita karena di dalam kimchi terdapat lactobacillus yang merupakan bakteri baik. Lactobacillus dapat menekan nafsu makan dan  mengurangi kadar gula darah.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi akan menjaga perut Anda agar merasa kenyang lebih lama.

5. Kaya Antioksidan

Kimchi mengandung antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

Bahan-bahan lain seperti jahe, merica dan bawang putih menjadi pendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah Anda dari flu dan tetap merasa hangat.

6. Melawan Kanker

Kimchi merupakan salah satu jenis  makanan yang dapat melawan kanker karena memiliki antioksidan dan flavonoid yang membantu dalam memerangi kanker, terutama kanker perut.

Meskipun memberikan banyak manfaat, perlu diingat untuk mengonsumsinya tidak dalam jumlah berlebihan. Terutama untuk Anda penderita hipertensi.

Banyaknya kandungan garam di dalam kimchi mengharuskan Anda untuk membatasinya. Selain itu, terlalu banyak makanan yang berasal dari hasil fermentasi juga dapat menyebabkan kanker lambung.

Semoga bermanfaat.