Loading...

Sulit Berkonsentrasi? Mungkin Ini Penyebabnya

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

Sulit Berkonsentrasi? Mungkin Ini PenyebabnyaTERUSKAN.COM – Membuat to-do list dan menjaga jadwal dapat membuat Anda terorganisir, tapi apakah itu benar-benar membantu Anda menyelesaikan lebih banyak pekerjaan?

Organisasi memang penting, tetapi apa yang Anda perlukan adalah fokus. Mampu duduk dan berkonsentrasi secara intens pada pekerjaan Anda selama beberapa jam, bahkan walau setengah jam saja, dapat membantu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dibanding mendapatkan distraksi sepanjang hari dan multitasking.

Namun jika Anda termasuk orang yang sulit berkonsentrasi, mungkin inilah penyebabnya:

Loading...

1. Konsumsi gula berlebihan

Terlalu banyak mengonsumsi gula dapat berakibat buruk terhadap sistem kekebalan tubuh, tentunya juga berpengaruh pada kinerja otak.

Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi gula mengurangi produksi zat kimia otak yang dikenal sebagai faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF).

Tanpa BDNF, otak kita tidak dapat membentuk memori baru dan kita tidak bisa belajar (atau mengingat) apa-apa.

2. Kurang olahraga

Tubuh telah menyimpan energi yang perlu digunakan. Jika Anda tidak berolahraga secara teratur, energi ini dapat memanifestasikan dirinya dalam bentuk terganggunya pikiran.

Cara terbaik untuk meningkatkan konsentrasi Anda sepanjang hari adalah dengan berolahraga di pagi hari. Ini akan membersihkan kepala Anda, memberikan Anda kesempatan untuk merenungkan hari ke depan, dan memungkinkan tubuh Anda berkeringat, mengeluarkan racun.

3. Kurang tidur 

Mungkin tampak jelas, tetapi faktor terbesar yang mempengaruhi konsentrasi adalah istirahat. Jika Anda tidak cukup istirahat pikiran Anda akan kemana-mana dan lesu.

Hindari hal ini dengan memastikan Anda mendapatkan jumlah tidur yang tepat pada waktu yang tepat.

Penting juga untuk tidak tidur terlalu banyak. Tidur berlebihan mengganggu ritme alami Anda dan menyebabkan kepeningan. Hindari ini dengan mengatur waktu bangun.

Jika Anda harus memilih, lebih baik sedikit kurang tidur dibanding tidur terlalu banyak. Jika Anda akhirnya lelah, tubuh Anda akan mengkompensasi dengan membantu Anda mendapatkan tidur lebih awal di malam berikutnya.

4. Melewatkan sarapan pagi

Ketika meninggalkan rumah tanpa sarapan, Anda tidak memberikan tubuh Anda bahan bakar yang dibutuhkan untuk melalui hari. Tubuh Anda tidak memiliki glukosa, gula yang memasok energi untuk otak Anda, yang diperoleh melalui makanan yang Anda makan.

Pada pertengahan-pagi, Anda mungkin kehilangan konsentrasi.

Makanan dengan bahan bakar terbaik untuk otak banyak terdapat pada serat, biji-bijian, susu dan buah–buahan segar. Hanya saja, jangan mengonsumsi terlalu berlebihan, justru akan menimbulkan timbunan kalori sehingga menghambat konsentrasi.

5. Kurang minum air

Minum air dan fungsi otak terkait secara integral. Kurangnya air ke otak dapat menyebabkan berbagai gejala, termasuk masalah dengan fokus, memori, kelelahan otak dan kabut otak, serta sakit kepala, masalah tidur, marah, depresi, dan banyak lagi.

Lebih dari 70 persen dari tubuh Anda terdiri dari air dan setiap fungsi dalam tubuh tergantung pada air, termasuk kegiatan otak dan sistem saraf.

Minum banyak air dapat meningkatkan konsentrasi, menjernihkan pikiran, dan mengurangi stres, yang mengarah ke pemikiran yang lebih jelas dan sakit kepala berkurang.