Loading...

Agar Kulit Tetap Terhidrasi, Konsumsi 6 Makanan Ini

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

Agar Kulit Tetap Terhidrasi, Konsumsi 6 Makanan IniTERUSKAN.COM – Udara dingin serta penggunaan AC yang terus-menerus mungkin telah membuat kulit Anda menjadi sangat kering.

Saat mengalami hal ini, kebanyakan orang akan mengandalkan pelembab sebagai solusi terbaik, padahal Anda sebenarnya dapat mengkonsumsi makanan tertentu untuk menaga kulit agar tetap terhidrasi.

Meskipun pelembab mampu membuat kulit Anda merasa terhidrasi, namun itu juga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih kering.

Loading...

Banyak pelembab yang mengandung bahan sintetis, tetapi tidak benar-benar dapat melembabkan kulit. Sebagai hasilnya, Anda akan terus merasa seperti Anda selalu membutuhkan pelembab.

Untuk menjaga kelembaban kulit, Anda perlu untuk melembabkan dari dalam, yang dimulai dengan minum air putih dengan jumlah yang banyak. Namun, Anda juga harus menambahkan makanan sehat ke dalam diet harian Anda.

Ketika Anda melakukan hal ini, kulit Anda akan menjadi lebih sehat dan terjaga kelembabannya.

1. Almond

Karena kaya akan vitamin E, almond menjadi salah satu makanan terbaik untuk kulit terhidrasi.

Satu porsi tunggal almond akan menyediakan hampir setengah dari jumlah vitamin E yang Anda butuhkan selama satu hari. Vitamin E merupakan asupan penting bagi tubuh, karena merupakan antioksidan yang membuat kulit lebih halus dan lentur.

Selain itu, makanan ini juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk melembabkan kulit. Percaya atau tidak, lemak tak jenuh tunggal membentuk bagian dari membran sel-sel kulit Anda, di mana ia membantu menjaga kelembaban.

Karena almond memiliki banyak lemak tak jenuh tunggal, melalui makanan ini Anda dapat memperoleh nutrisi yang dibutuhkan untuk tetap terhidrasi.

2. Kenari

Kenari adalah kacang fantastis lain yang dapat Anda konsumsi untuk mendapatkan kulit lembut. Merupakan salah satu dari beberapa kacang-kacangan yang memiliki asam lemak omega 3.

Asam lemak omega 3 membantu membran sel kulit Anda tetap fleksibel, yang membuat nutrisi lebih mudah untuk memasuki sel dan mempertahankan tingkat kelembaban kulit.

Asam lemak omega 3 juga sangat berguna untuk menghidrasi kulit karena memiliki sifat anti-inflamasi. Anda dapat mengkonsumsi makanan ini satu ons setiap harinya.

3. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi, yang membuatnya sangat baik untuk menghidrasi kulit dari dalam dan luar.

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, mentimun pun memiliki beberapa nutrisi yang unik yang sangat bermanfaat untuk kulit Anda.

Mentimun adalah salah satu sumber terbaik dari silikat, yang merupakan mineral yang meningkatkan kelembaban dan elastisitas kulit.

Mentimun juga mengandung asam caffeic, yang bekerja mirip dengan asam lemak omega 3 dengan fungsi sebagai anti-inflamasi mencegah kekeringan.

Jadi, untuk mendapatkan kulit yang indah, pastikan untuk selalu mengkonsumsi mentimun.

4. Nanas

Nanas adalah buah tropis yang lezat yang mengandung enzim khusus yang disebut bromelain. Bromelain memiliki kemampuan untuk memecah protein dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Jika tubuh Anda memiliki penumpukan racun, maka hal tersebut dapat membuat kulit menjadi kasar dan kering. Dengan menghapus racun pada kulit, Anda akan mulai merasa bahwa kulit Anda lebih terhidrasi.

Bromelain juga membantu meningkatkan sirkulasi, yang selanjutnya meningkatkan tingkat kelembaban kulit Anda dengan memungkinkan nutrisi untuk mencapai sel-sel kulit Anda.

Jadi, makan nanas secara teratur mulai sekarang.

5. Alpukat

Seperti halnya almond, alpukat merupakan sumber besar lemak tak jenuh tunggal, yang berarti buah ini benar-benar akan membantu Anda menjaga kelembaban kulit.

Alpukat juga mengandung vitamin E dan vitamin C, dan seperti yang sudah Anda ketahui, vitamin E merupakan nutrisi yang baik untuk menghidrasi kulit.

Selain itu, vitamin C juga merupakan vitamin yang sangat sehat untuk kulit. Tidak hanya vitamin C berkhasiat untuk mencerahkan kulit dan membuatnya tetap lentur, tetapi juga dapat menghidrasi kulit.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar secara mengejutkan bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Ubi jalar mengandung beta karoten dalam jumlah yang tinggi, yang sangat membantu untuk menghidrasi kulit.

Beta karoten adalah antioksidan yang mencegah kulit menjadi kering. Hal ini juga melawan kerusakan akibat sinar matahari, yang dapat membuat kulit kering tampak lebih buruk.

Selain mengandung beta karoten, ubi jalar juga memiliki vitamin A dan vitamin C, yang memperbaiki kolagen yang rusak ketika kulit Anda kering.

Kulit kering merupakan masalah menjengkelkan yang sering dialami oleh siapa saja. Maka dari itu, konsumsilah banyak makanan sehat yang dapat menghidrasi kulit, ini akan membantu memelihara kulit Anda dari dalam, dan tentunya akan membuat Anda tampak lebih cantik.