Loading...

5 Manfaat Membaca Karya Fiksi

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan, Remaja, Wanita

TERUSKAN.COM – Fiksi merupakan suatu karya sastra yang mengungkap realitas kehidupan seseorang sehingga mampu mengembangkan daya imajinasi penulisnya. Dan tentu saja, pembacanya.

Ada 2 jenis karya fiksi: fiksi imajinatif yang berdasarkan atas imajinasi penulis dan fiksi ilmiah yang berdasarkan atas analisa ilmiah.

5 Manfaat Membaca Karya Fiksi

Loading...

Di samping itu perlu juga mengetahui sifat karya tulis fiksi, yaitu segala sesuatu yang dilukiskan atau diungkapkan namun tidak dapat dibuktikan kebenarannya secara ilmiah dalam kehidupan sehari–hari. Jadi karya ini murni merupakan hasil rekaan semata.

Membaca cerita–cerita fiksi dapat memberikan manfaat positif, berikut diantaranya:

1. Mencegah depresi dan mengurangi stres

Karya fiksi mempunyai sifat dasar yaitu menghibur.

Bagi Anda yang kebetulan sedang suntuk atau penat karena aktifitas di kantor atau sekolah dan kampus, cobalah untuk mencari solusi mengusir rasa penat tersebut dengan cara membaca karya fiksi.

Niscaya, galau, bosan, suntuk dan rasa penat Anda akan hilang atau berkurang sehingga pikiran kembali segar.

2. Meningkatkan kemampuan mengolah emosi

Dengan membaca sebuah karya fiksi, Anda sebenarnya sekaligus sedang berlatih berimajinasi dan menata atau mengolah emosi diri sendiri agar menjadi stabil.

Saat Anda berimajinasi, emosi di dalam diri sendiri akan ikut bergejolak seperti ikut merasa sedih, kadang kesal atau malah bahagia.

Sebenarnya kondisi ini adalah sebuah permainan emosi saja. Dengan emosi yang terlatih naik atau turun, seperti melatih otot lengan dengan menggunakan barbel, maka otomatis Anda akan memiliki kemampuan untuk mengontrol emosi di dalam diri sendiri menjadi lebih baik dan sehat.

3. Lebih peka terhadap orang lain

Masih ada hubungan dengan poin nomor 2, emosi yang naik dan turun dengan stabil akan membuat sistem pengindraan Anda menjadi semakin peka.

Hal ini menjadi pertanda bahwa Anda lebih perduli atau peka terhadap lingkungan di sekeliling Anda, termasuk terhadap orang–orang yang Anda ajak bicara dan bergaul.

Alam bawah sadar anda akan mempunyai kemampuan untuk mengetahui isi hati, pikiran dan perasaan orang lain.

4. Merilekskan tubuh

Bagi Anda yang baru saja berhasil menyelesaikan sebuah proyek besar di kantor, atau baru lulus dari kampus, pasti sedang mengalami sedikit ketegangan karena bekerja secara terus-menerus.

Membaca karya fiksi dapat menjadi sarana yang tepat untuk merilekskan tubuh. Membaca karya fiksi adalah salah satu hiburan ringan dan murah namun mampu merilekskan otak dan otot-otot tubuh yang tegang.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Apabila Anda mengalami kesulitan tidur, atau tidur Anda kurang nyaman dan nyenyak, mulailah membiasakan diri untuk membaca karya–karya fiksi sebelum tidur (pada malam hari).

Karya fiksi mampu mengasah dan membuat otak serta tubuh Anda agar menjadi rileks sehingga akan memudahkan Anda tertidur dengan lelap.

Itulah manfaat dari membaca cerita fiks. Baik untuk kesehatan mental dan otak, karena ampuh dalam mengusir rasa bosan dan stres akibat rutinitas belajar atau bekerja.

Di samping mampu mengembangkan daya imajinasi dan pergaulan sosial Anda dalam masyarakat tentunya.

(photo: resources3.news.com.au)