Loading...

Jarang Berolahraga? Coba 7 Tips Ini untuk Memulainya Kembali

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Jarang Berolahraga? Coba 7 Tips ini untuk Memulainya KembaliTERUSKAN.COM – Berolahraga bukanlah perkara mudah bagi sebagian orang.

Selain membutuhkan keteraturan dan target yang harus selalu dicapai, berolahraga juga menuntut kedisiplinan, terutama jika berkaitan dengan program diet yang harus diseimbangkan dengan program lainnya.

Jika Anda pernah sering berolahraga lalu berhenti karena beberapa sebab sepertisulot mengatur waktu, rasa malas hingga tidak adanya mood atau motivasi untuk olahraga, mungkin Anda perlu melakukan beberapa tips di bawah ini untuk memulainya kembali:

Loading...

1. Memasang Target

Olahraga tidak hanya membutuhkan keteraturan waktu, tapi juga target tertentu sehingga Anda bermotivasi tinggi untuk melalukannya.

Target dalam olahraga yang dapat Anda buat adalah mengurangi berat badan, memiliki perut yang berbentuk, stress berkurang dan lain sebagainya.

Dengan membuat target, Anda bisa semangat untuk kembali berolahraga dan pastikan target tersebut Anda ingat baik-baik dalam pikiran, ataupun Anda tuliskan di atas secarik kertas yang Anda letakkan di kamar.

2. Membuat Jadwal

Ya, olahraga memang membutuhkan jadwal yang teratur sehingga manfaat yang Anda dapatkan juga maksimal.

Pastikan olahraga ada dalam jadwal harian Anda, dimana Anda dapat mengatur atau menyesuaikannya dengan keseharian Anda.

Tentu saja jadwal olahraga sebaiknya tidak mengganggu jadwal penting Anda sehingga Anda dapat melakukannya tanpa beban.

3. Berbagi Target dengan Orang Lain

Jika Anda sedang dalam program diet atau ada target olahraga yang sangat ingin Anda capai, Anda dapat membaginya dengan orang lain yang tentu dekat dengan Anda seperti sahabat, keluarga atau pasangan Anda.

Hal ini dimaksudkan agar Anda memiliki dukungan dari mereka dalam menjalankan program Anda.

Mereka juga tidak akan segan memperingatkan Anda jika Anda mulai jarang berolahraga atau lupa akan target Anda.

4. Berolahraga Setiap Hari

Berolahraga setiap hari walau sebentar jauh lebih baik daripada olahraga yang dilakukan sekali seminggu misalnya.

Sisipkan kegiatan olahraga setiap harinya walau hanya 15-30 menit saja. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan program kesehatan Anda.

5. Berikan Hadiah untuk Diri Anda

Usaha dalam mencapai target tentu akan menjadi sangat berarti dengan reward atau hadiah yang Anda dapatkan setelah mencapainya.

Hal ini termasuk dalam program olehraga Anda. Misalnya anda memiliki program pengurangan berat badan.

Anda dapat memberi diri Anda sendiri hadiah jika target tersebut berhasil dengan membeli pakaian yang sudah diidamkan dari dulu dan lain sebagainya.

6. Diet Sehat

Olahraga tanpa mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat tidak akan membuahkan hasil atas usaha yang telah Anda lakukan.

Pastikan Anda berolahraga dan diimbangi dengan diet yang sehat terutama melalui makanan dan minuman yang anda konsumsi untuk hasil yang maksimal

7. Jangan Makan Lewat Jam 7 Malam

Jika anda memiliki target mengurangi berat badan, sebaiknya Anda menghindari makan di atas jam 7 malam karena makan di atas jam 7 malam akan membuat badan lebih bekerja keras dalam mengurangi kalori dalam tubuh.

Selain itu, pastikan juga agar Anda tidak tidur larut malam agar d ipagi hari Anda lebih termotivasi untuk berolahraga.

***

Itulah 7 tips berolahraga kembali setelah Anda cukup lama absen melakukannya. Selamat berolahraga dan selamat datang hidup sehat!

(photo: i.telegraph.co.uk)