Loading...

7 Tips Sederhana Meningkatkan Karir Melalui Aktivitas di Rumah

Penulis: Amanda Rubrik: Dunia Karir

7 Tips Sederhana Meningkatkan Karir Melalui Aktivitas di RumahTERUSKAN.COM – Bagi Anda yang telah bekerja, sepulang dari kantor atau tempat kerja bersantai di rumah memang adalah pilihan yang paling nyaman.

Bagaimana tidak? Aktivitas pekerjaan yang padat menyita energi baik secara fisik dan mental dan membuat kita merasa lelah sehingga ingin bersantai untuk melepas kepenatan.

Akan tetapi, jika anda sedang mengejar jenjang karir yang lebih tinggi atau menginginkan kualitas yang lebih baik dalam pekerjaan, sebaiknya mulai menghindari kebiasaan menonton tv atau melakukan hal-hal lain yang membuat malas, karena ada aktivitas yang dapat Anda lakukan di rumah untuk dapat meningkatkan karir anda.

Loading...

Aktivitas-aktivitas tersebut juga tidak selalu membosankan maupun menuntut usaha keras, serta tidak memakan waktu terlalu lama.

Berikut adalah 7 cara sederhana meningkatkan karir Anda di rumah.

1. Kursus Online

Jika Anda ingin sukses di tempat kerja, maka Anda sebaiknya tidak berhenti belajar hanya di lingkungan kerja saja. Jika memiliki waktu senggang, Anda dapat melihat dan bergabung dengan beberapa kursus online yang ada di internet.

Sesuaikan jenis kursus dengan kebutuhan Anda, misalnya kursus marketing, kursus ilmu komunikasi, bahasa asing dan lain sebagainya.

Selain waktunya fleksibel, kursus online juga tidak memakan banyak biaya, bahkan ada yang gratis.

2. Rajin Membaca Buku dan Artikel

Untuk memperluas wawasan, sebaiknya Anda rajin-rajin membaca buku dan artikel, baik itu dari media cetak maupun media elektronik.

Hal ini dimaksudkan agar wawasan Anda semakin luas dan bertambah, Anda mengetahui hal-hal yang berada di luar dunia pekerjaan yang tentu dapat memberikan manfaat terhadap kualitas karir Anda saat ini.

Anda juga tidak akan ketinggalan berita dan nyaman saat berbincang dengan kolega atau pun bos mengenai topik-topik terkini.

3. Lowongan Pekerjaan yang Lebih Baik

Jika jenjang karir di tempat Anda sekarang bekerja cukup sulit, Anda dapat mulai mencari pekerjaan yang menawarkan jenjang karir lebih luas dan juga penghasilan yang lebih baik.

Mencari lowongan pekerjaan yang lebih baik juga dapat menjadi pilihan saat Anda menunggu lama untuk dipromosikan. Jika ada kesempatan yang lebih baik, mengapa tidak diambil?

4. Ide-Ide Segar dan Cemerlang

Jika Anda berada dalam posisi yang cukup baik dalam pekerjaan, mungkin Anda dapat mencari ide atau gagasan cemerlang dalam membuat perusahaan Anda lebih baik dari segi kualitas maupun untuk mendapatkan pendapatan yang lebih besar.

Ide-ide tersebut biasanya muncul saat kita membaca artikel, mencari tahu profil dan keberhasilan perusahaan lain, dan masih banyak lagi.

Diskusikan ide tersebut dengan kolega dan pimpinan Anda, siapa tahu akan membuat perubahan positif di tempat kerja Anda.

5. Memperluas Koneksi

Ya, tidak dapat dipungkiri lagi, memiliki koneksi dalam jumlah besar saat ini benar-benar sesuatu yang positif.

Anda dapat bergabung dalam suatu komunitas online maupun organisasi tertentu yang memiliki visi dan misi yang sama dengan Anda, sehingga Anda dapat bertemu dan berkenalan dengan banyak orang baru dan memperluas koneksi Anda.

6. Menggunakan Internet dengan Maksimal

Internet menawarkan akses informasi yang tidak terbatas, di berbagai bidang dan keuntungan yang beragam.

Jika anda memang hobi mengakses internet, sebaiknya pergunakan dengan efisien agar manfaat yang anda dapatkan juga banyak dan berguna terutama untuk meningkatkan kualitas karir anda.

7. Membaca Berita

Membaca berita baik di media cetak maupun elektronik tidak banyak dilakukan orang, padahal manfaatnya sangat besar.

Mulainya membiasakan diri membaca koran setiap pagi atau membaca berita saat Anda sarapan pagi dan sebelum tidur. Dengan demikian, Anda tidak akan ketinggalan berita terkini dan memperluas wawasan.

***

Itulah 7 cara sederhana yang dapat meningkatkan kualitas karir anda lewat aktivitas-aktivitas yang dapat Anda lakukan di rumah.

Semoga bermanfaat!

(photo: forbes.com)