Loading...

7 Tips dan Cara Membuat Bayi Lekas Tidur

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga

7 Tips dan Cara Membuat Bayi Anda Lekas TidurTERUSKAN.COM – Setiap orang tahu dan mengerti betapa sulitnya menidurkan bayi, terutama yang memang sulit tidur.

Meskipun sulit, bayi memang membutuhkan waktu tidur yang cukup. Hal inilah yang membuat usaha untuk menidurkan bayi tidak mudah.

Walaupun demikian, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat bayi lekas tidur. Berikut tips dari kami.

Loading...

1. Menggendong

Menggendong bayi merupakan salah satu cara terbaik untuk menidurkannya. Bahkan cara ini adalah yang paling sering dianjurkan.

Bayi biasanya merasa lekas tenang saat digendong. Selain itu, menggendong juga dapat membuat hubungan erat antara ibu dan bayi.

2. Suara Lembut

Terkadang bayi sensitif akan bunyi yang akan membuat mereka sulit tidur. Anda dapat mengatasi hal ini dengan memberi suara lembut seperti nyanyian pelan, maupun musik dengan suara-suara alam seperti ombak, pohon dan kicauan burung.

Selain itu, musik dari piano dan gitar yang lembut juga dapat membantu bayi lekas terlelap.

3. Pola Tidur

Salah satu alasan mengapa bayi sulit tidur adalah pola tidur yang tidak teratur. Biasanya hal ini karena bayi tidak dibiasakan memiliki jadwal tidur sehingga mereka tak jarang sulit terlelap.

Anda sebaiknya membiasakan bayi lekas tidur di jam-jam tertentu setiap harinya sehingga bayi terbiasa untuk tidur di jam-jam tersebut.

4. Bepergian dengan Mobil

Percaya atau tidak, banyak keluarga yang memilih mengajak bayinya jalan-jalan dengan mobil, dan biasanya bayi akan mudah terlelap.

Meski tidak ada teori khusus yang membuktikan hal ini, pada kenyataannya sebagian besar orang juga cenderung mudah terlelap saat berada dalam mobil dan melakukan perjalanan.

Sesekali mungkin Anda patut mencoba cara ini.

5. Ayunan

Mengayun-ayun bayi baik dalam gendongan atau menggunakan ayunan khusus merupakan salah satu cara yang efektif membuat bayi lekas tidur.

Letakkan atunan di dalam kamar tidur maupun ruang keluarga dimana anda dapat membantu bayi lekas tidur dan dengan mudah mengawasinya.

Pastikan posisi bayi nyaman dalam ayunan tersebut sehingga Anda tidak perlu repot untuk memindahkannya ke tempat tidur dan membuat mereka mudah terbangun.

6. Berpura-pura Tidur

Cara yang satu ini dikatakan cukup ampuh dalam membuat bayi lekas tidur, yaitu dengan cara berpura-pura tidur.

Saat bayi berada di samping Anda, lakukan beberapa cara dahulu seperti bernyanyi kecil maupun menepuk-nepuk pantat bayi agar lekas tidur.

Jika tidak berhasil, anda dapat mulai pura-pura tertidur. Dengan melakukan hal ini, biasanya bayi dapat dengan mudahnya ikut tertidur.

7. Menghadapi Kenyataan

Jika pada akhirnya bayi anda sulit untuk tidur, mungkin Anda perlu mengahadapi kenyataan bahwa tidak semua bayi menginginkan jam tidur yang lama.

Pada beberap kasus, bayi memang tidak menyukai tidur terlalu lama dan memerlukan jam tidur yang lebih sedikit dari bayi lainnya.

Konsultasikan dengan dokter anak untuk mengetahui jika bayi Anda tidur cukup dan tidak ada gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya jam tidur.

***

Itulah 7 tips yang dapat Anda coba untuk membuat bayi Anda lekas tidur. Sesuaikan dengan kebutuhan jam tidurnya. Semoga bermanfaat.

(photo: www.stronglittlesleepers.com)