Loading...

6 Tips Mengatasi Alergi

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan

6 Tips Mengatasi AlergiTERUSKAN.COM – Di musim yang tidak menentu seperti sekarang ini, alergi menjadi salah satu masalah umum yang dapat menyerang serta mengganggu aktivitas keseharian Anda, yang kemudian menjadi penyebab flu serta berbagai penyakit lainnya.

Kebanyakan orang terkadang mengatasi hal ini dengan konsumsi obat-obatan yang dianggap sangat ampuh untuk mengobatinya.

Padahal sebenarnya ada beberapa solusi alami yang juga tidak kalah efektif.

Loading...

1. Madu

Ya, Madu merupakan bahan alami yang memiliki begitu banyak khasiat kesehatan, bahan ini adalah salah satu tips terbaik untuk Anda nikmati saat terserang alergi.

Ini telah menjadi trik terbesar sejak berabad-abad yang lalu. Anda cukup menambahkan sesendok madu ke dalam the hangat Anda untuk dikonsumsi sekali dalam sehari.

Konsumsi madu dapat memperkuat kekebalan tubuh dan membuat Anda menjadi lebih bersemangat dalam menjalani hari.

2. Kayu manis

Selain madu, kayu manis juga menjadi solusi alami yang dapat Anda padukan dengan teh guna membantu alergi yang menyebabkan pilek dan gatal-gatal pada tubuh. Kayu manis merupakan bahan yang sangat umum digunakan pada semua obat alergi alami.

Kayu manis juga memiliki efek merangsang pada sistem pernapasan dan dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

3. Ketahui jenis alergi Anda

Kebanyakan orang yang sedang mengalami alergi terkadang berasumsi terlalu cepat bahwa alergi yang dideritanya disebabkan oleh serbuk sari pohon.

Namun rupanya, apa yang mereka duga belum tentu benar. Bisa saja alergi tersebut disebabkan oleh bulu hewan atau makanan yang tidak cocok.

Jadi sangat disarankan untuk mencari tahu penyebab utama Anda mengalami alergi, lalu setelah itu Anda dapat melakukan langkah pengobatan yang tepat untuk mengatasinya.

4. Krim retinol

Krim retinol dapat dijadikan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi hidung memerah dan bengkak yang disebabkan oleh alergi.

Anda dapat menggunakannya secara rutin setiap malam. Secara perlahan, alergi Anda akan membaik dan sembuh total.

5. Membuka jendela

Jangan malas untuk membuka jendela Anda di rumah atau tempat kerja. Ini merupakan langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk melawan alergi.

Udara segar merupakan cara yang baik untuk menghindari Anda terserang alergi.

6. Uap

Steam atau uap merupakan pelembab alami yang dapat membantu melembabkan saluran hidung yang kering dan menghilangkan lendir berlebih.

Anda dapat menyiapkan wadah yang di dalamnya berisi air mendidih, kemudian tempatkan kepala Anda di atasnya agar uap dapat meresap ke dalam seluruh wajah Anda.

Anda juga dapat menambahkan minyak esensial dengan wangi yang segar ke dalam air mendidih. Cara ini sangat baik untuk Anda lakukan setiap malam hari guna membuat tidur Anda semakin berkualitas.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda coba saat mengalami alergi, seperti dilansir dari allwomenstalk.

Tips ini dapat memberikan bantuan yang luar biasa dalam mengatasi alergi, seperti akibat serbuk sari ataupun bulu hewan. Namun jangan lupa untuk tetap mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter.

Ketika Anda diserang alergi, itu berarti bahwa sistem kekebalan tubuh Anda sedang menurun. Maka dari itu sebaiknya konsumsi makanan-makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan agar Anda tidak rentan terkena alergi.

(photo: ehowcdn.com)