Loading...

Ini 5 Penyebab dan Solusi Agar Perabotan Tidak Menumpuk

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Desain

Ini 5 Penyebab dan Solusi Agar Perabotan Tidak MenumpukTERUSKAN.COM – Terlalu banyak perabotan atau barang menumpuk dapat menjadi alasan utama yang membuat rumah Anda tampak berantakan.

Biasanya seseorang memiliki barang yang sebenarnya sudah tidak mereka perlukan tetapi masih tetap mengisi ruang dalam rumah. Keadaan seperti ini kemudian dapat berdampak pada kesehatan karena bisa menyebabkan stres.

Rumah akan berantakan bukan hanya karena banyak barang yang berserakan di lantai, tetapi perabotan rumah yang danggap menghalangi juga merupakan salah satu alasan yang membuat kehidupan Anda menjadi lebih buruk.

Loading...

Jadi sedini mungkin cari tahu dan kenali hal-hal yang mambuat barang Anda menumpuk di dalam rumah.

Dengan begitu, Anda dapat mencegah bahkan menghentikan terjadinya penumpukan tersebut dan tentunya akan membuat hidup Anda menjadi lebih mudah dan terhindar dari stres.

1. Mengontrol Keinginan Berbelanja

Barang yang menumpuk biasanya akan terjadi jika Anda termasuk golongan orang yang sangat senang berbelanja.

Penyebaran pusat perbelanjaan yang semakin luas akan membuat hasrat berbelanja juga semakin tinggi. Berbelanja bahkan dianggap sebagai pelampiasan untuk mengatasi rasa stres dan sedih.

Jadi untuk mengatasi hal ini, Anda harus membiasakan diri mengontrol keinginan Anda untuk berbelanja. Hentikan membeli barang yang tidak Anda butuhkan, sebab hal ini hanya akan membuat rumah Anda berantakan akibat tumpukan barang.

2. Merapikan Barang

Barang yang menumpuk juga disebabkan apabila Anda tidak termasuk orang yang rapi dan disiplin. Terlalu acuh dan masa bodoh dalam menata dan merapikan perabotan Anda akan membuat rumah terlihat berantakan.

Jadi sesering mungkin setelah bangun dan sebelum tidur, rapikan rumah Anda, letakkan barang-barang Anda pada tempatnya agar terlihat lebih indah dan teratur.

3. Singkirkan Barang Tak Terpakai

Terlalu sayang membuang barang-barang tak terpakai merupakan penyebab lain yang membuat rumah Anda berantakan.

Hal ini biasanya dilakukan karena Anda menganggap bahwa barang tersebut memiliki kenangan tersendiri bagi Anda.

Namun cobalah untuk menimang kembali apakah Anda memang masih membutuhkan barang tersebut atau tidak, bila tidak simpanlah dengan rapi di dalam kardus atau tempat lain yang tidak akan merusak pemandangan di dalam rumah Anda.

4. Lakukan Daur Ulang

Surat-surat serta amplop tagihan yang sudah menumpuk juga menjadi masalah yang membuat rumah tampak berantakan. Untuk hal ini, ada berbagai solusi yang dapat Anda lakukan.

Cara terbaik adalah dengan melakukan daur ulang untuk membuat alat tulis kembali dari surat-surat tersebut. Selain itu Anda juga dapat menjadikannya sebagai pembungkus limbah.

5. Donasikan

Terkadang kita lupa bahwa terdapat barang-barang di rumah Anda yang sebenarnya jarang atau bahkan tidak pernah Anda gunakan.

Barang tersebut bisa saja merupakan hadiah, barang cuma-Cuma atau sesuatu yang Anda beli hanya karena ingin, bukannya butuh.

Nah, barang tersebut apabila masih berada dalam kondisi yang baik, bisa Anda sumbangkan atau berikan kepada mereka yang membutuhkan.

Jika sudah tidak dapat terpakai, sebaiknya singkirkan barang tersebut untuk membuat tampilan rumah Anda menjadi lebih rapi dan membebaskan Anda dari rasa stres.

(photo: 4.bp.blogspot.com)