Loading...

Nyeri Payudara Sebelum Periode, Normalkah?

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Wanita

Nyeri Payudara Sebelum Periode, Normalkah?TERUSKAN.COM – Nyeri atau bengkak pada payudara sering menjadi keluhan dari sebagian besar wanita.

Hal ini umumnya terjadi pada waktu sebelum periode haid dan timbul selama siklus menstruasi.

Rasa sakit atau nyeri payudara juga biasanya masih dapat terasa setelah menstruasi.

Loading...

Tapi apakah nyeri payudara ini termasuk normal?

Nyeri payudara sebelum periode merupakan suatu hal yang normal bagi kebanyakan perempuan karena merupakan bagian dari sindrom pramenstruasi (PMS). Sindrom PMS juga termasuk rasa sakit di bawah perut, perubahan suasana hati serta kegelisahan yang sering melanda.

Fluktuasi Hormon 

Alasan utama yang membuat payudara terasa nyeri dan sedikit lebih keras dari biasanya adalah karena sekresi estrogen lebih tinggi, yang merupakan hormon wanita.

Kelebihan debit menyebabkan pengerasan dari jaringan payudara dan oleh karenanya, payudara menjadi lebih keras daripada biasanya.

Maka dari itu, Anda mungkin akan merasakan payudara nyeri sebelum periode haid, namun ini adalah sesuatu yang normal.

Hal ini biasanya terjadi pada hari ke-21 dari siklus menstruasi. Oleh karena itu, gejala-gejala tersebut diamati pada banyak perempuan sebelum periode mereka.

Jadi bila Anda merasa nyeri yang dan sakit pada bagian dada, ini merupakan kondisi normal dan tidak seharusnya menjadi kekhawatiran berlebih.

Mengamati Gejala 

Hampir setiap wanita melewati fase di mana payudara mulai terasa sakit sesaat sebelum periode mereka. Hal ini disebabkan akibat sindrom pramenstruasi.

Dengan demikian, Anda tidak harus merasa terlalu tegang dan khawatir berlebih jika nyeri menyerang Anda selama atau sebelum siklus menstruasi Anda.

Namun apabila rasa sakit dan nyeri sudah tidak tertahankan, maka hal ini harus Anda tanggapi secara serius.

Efek Samping 

Kadang-kadang setelah menikah, wanita cenderung untuk mengkonsumsi sebuah pil dengan tujuan untuk memeriksa kehamilan mereka.

Tapi begitu mereka menghentikan konsumsi pil tersebut, terkadang mendadak terjadi perubahan hormon yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada payudara Anda.

Ini benar-benar sesuatu yang normal ketika Anda secara tiba-tiba menghentikan bentuk pengobatan yang telah rutin Anda lakukan, tetapi jika Anda merasa ada yang salah pada diri Anda, segeralah mengunjungi dokter ahli untuk memeriksakan tubuh Anda.

Obesitas 

Kelebihan berat badan serta gaya hidup yang tidak benar adalah salah satu alasan yang menyebabkan timbulnya nyeri payudara pada wanita.

Hal ini tidak begitu dapat membahayakan wanita dan nyeri payudara terjadi akibat berat badan. Jika rasa sakit terasa sebelum periode Anda, maka hal tersebut adalah normal untuk terjadi.

Guna mengurangi jumlah rasa sakit, Anda bisa mengonsumsi makanan bebas lemak dan makanan bebas minyak.

Selain itu disarankan untuk minum banyak air karena cara ini dapat membantu mengatasi rasa sakit yang diderita.

Sedang Bertumbuh 

Ada kemungkinan bahwa gadis-gadis remaja yang mulai beranjak dewasa juga seringkali merasakan nyeri atau sakit payudara ketika mereka mulai memasuki usia menstruasi.

Oleh karena itu, Anda tidak harus tegang jika Anda mengalami menstruasi untuk pertama kalinya.

Ketidakseimbangan hormon menjadi hal utama yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri atau pembengkakan pada payudara sebelum periode haid Anda.

Hal ini tentunya akan membuat Anda merasa kurang nyaman, terutama bila Anda memiliki segudang aktivitas.

Salah satu tips yang dapat Anda lakukan dalam mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan ukuran bra yang tepat selama masa menstruasi Anda. Penggunaan bra yang pas akan memberikan kenyamanan dan mengurangi rasa nyeri yang Anda alami.