Loading...

Tips Membuat Burger Sehat dalam 10 Menit

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Kesehatan, Resep

Tips Membuat Burger Sehat dalam 10 MenitTERUSKAN.COM – Biasanya, burger dan kentang goreng telah menjadi menu klise untuk mendefinisikan makanan ‘sampah’.

Burger merupakan makanan cepat saji yang dianggap hanya sebagai makanan penggemuk yang tidak memiliki nilai gizi apapun.

Namun sebenarnya, burger dapat menjadi salah satu makanan sehat bag tubuh Anda, semua itu terletak pada bagaimana Anda membuat roti burger yang sehat serta bahan-bahan apa yang Anda gunakan untuk membuat burger tersebut.

Loading...

Jadi jika ingin membuat burger sehat dengan asupan gizi yang melimpah, maka ada banyak pilihan yang tersedia untuk Anda.

Usahakan untuk tidak memasukkan bahan yang telah digoreng ke dalam burger Anda, selain itu cobalah untuk mengubah ide-ide tentang bahan apa yang dapat Anda tambahkan menjadi isi dalam burger tersebut.

Maka dari itu, berikut adalah tips sederhana membuat burger dengan kombinasi sehat yang dapat Anda jadikan sebagai menu sarapan karena tidak diperlukan waktu yang lama untuk membuatnya, seperti dilansir dari boldsky:

1. Gunakan kubis daripada daun selada

Selada adalah sayuran berdaun hijau yang memiliki kandungan sehat tertentu bagi tubuh.

Namun sebenarnya, sayuran berdaun hijau lainnya seperti kubis memiliki nilai yang jauh lebih bergizi bila dibandingkan dengan daun selada.

2. Isi dengan berbagai sayuran

Tambahkan jenis sayuran yang Anda sukai untuk menjadi isi dalam burger Anda sebagai pengganti daging. Sebuah burger yang dibuat dengan bahan dari brokoli, kacang polong, kubis dan wortel juga bisa menciptakan kelezatan yang luar biasa dan tentunya rendah akan kalori.

3. Hindari menggoreng bahan

Alih-alih menggunakan roti atau bahan lain yang digoreng, Anda dapat melakukan solusi sehat dengan memanggang bahan tersebut. Oleskan sedikit minyak dan letakkan dalam pemanggangan atau microwave. Anda dapat menyingkirkan lebih banyak kalori dengan cara seperti itu.

4. Ganti saos dengan tomat segar

Hindari penggunaan saos, sebaiknya masukkan irisan tomat segar untuk membuat burger Anda.

Hanya dibutuhkan setengah menit untuk mengiris tomat, jadi mengapa harus mengkonsumsi bahan pengawet bila yang alami bisa Anda dapatkan dengan mudah.

5. Gunakan selai kacang, bukan mayones

Burger dikatakan tidak akan lengkap tanpa tambahan mayones di dalamnya. Mayones adalah bahan rendah lemak namun memiliki banyak kalori.

Jadi cobalah menggantinya dengan selai kacang yang kaya akan protein sebagai pengganti mayones, rasanya pasti tidak kalah lezat.

6. Buatlah daging sendiri

Jika Anda seorang pecinta daging, Anda tidak perlu membelinya dari supermarket. Anda dapat dengan mudah membuat daging Anda sendiri dengan membeli potongan yang sesuai untuk burger. Daging olahan dikatakan menjadi salah satu penyebab kanker.

7. Hancurkan keju

Irisan keju adalah sesuatu yang umum Anda temui dalam makanan burger. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara yang lebih sehat, yaitu merobek-robek keju tersebut. Cara ini dapat Anda lakukan saat akan membuat burger Anda sendiri.

8. Belilah roti segar

Singkirkan roti kemasan yang Anda beli dari supermarket. Anda sebaiknya membeli roti segar dari toko roti lokal yang ada disekitar tempat tinggal Anda. Idealnya, Anda harus memilih roti gandum untuk membuat burger.

Burger dengan isi daging, selada, keju serta mayones bukanlah satu-satunya jenis burger yang dapat Anda nikmati.

Anda dapat mencoba untuk memasukkan bahan lain yang lebih sehat untuk menjadi isi dalam burger tersebut.

Jadi sesering mungkin lakukan eksperimen dengan membuat burger dari bahan-bahan yang tidak biasa Anda temukan di dalam burger.

(photo: www.prevention.com)