Loading...

Tips Nge-Charge Smartphone yang Benar

Penulis: Amanda Rubrik: Teknologi

Tips Nge-Charge Smartphone yang BenarTERUSKAN.COM – Smartphone atau telepon genggam dengan ragam fungsi dan aplikasi di dalamnya telah menjadi kebutuhan primer atau barang wajib yang saat ini dimiliki semua orang.

Smartphone juga telah menjadi salah satu gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan dari aktivitas sehari-hari, seperti dalam bekerja, mengelola bisnis hingga dalam komunikasi jarak jauh.

Akan tetapi, berbagai fungsi yang dimiliki smartphone tadi tentu tidak berarti jika telepon genggam Anda mati. Nyatanya, baterai dalam smartphone sering habis walau belum lama digunakan.

Loading...

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menghemat baterai smartphone. Selain untuk menghemat baterai smartphone, penting juga untuk mengetahui  bagaimana cara nge-charge dengan benar.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengisi baterai Anda dengan benar, agar pengisian beterai tidak memakan waktu yang lama, dan baterai Anda pun awet.

1. Hindari mengisi baterai semalaman

Kebanyak orang membiarkan baterainya terisi semalaman yaitu sebelum tidur dan akan dicabut saat bangun tidur.

Padahal, mengisi baterai semalaman tanpa Anda sadari lambat laun akan memperburuk daya kerja baterai, bahkan dapat merusak baterai akibat terlalu lama di-charge.

Sebaiknya pasang alarm saat mengisi baterai sehingga dapat Anda dapat mencabut charger-nya saat baterai sudah terisi penuh.

2. Hindarimenunggu hingga baterai habis total

Sebagian besar orang mungkin akan mengisi baterainya saat sudah benar-benar habis, ketimbang mengisinya saat sudah berkurang lebih dari setengah.

Selain memakan waktu yang lebih lama, orang cenderung tidak sabar dalam mengisi baterainya, sehingga baterai pun tidak terisi secara optimal.

3. Bawa charger asli saat bepergian

Ketika Anda sedang tidak di rumah, mungkin Anda tidak berpikir untuk membawa charger karena alasan tidak praktis dan lain sebagainya.

Sebaiknya bawalah charger smartphone Anda yang asli. Mengapa asli? Anggapan bahwa semua charger sama saja sebenarnya salah.

Charger asli dari smartphone Anda sebenarnya sudah disesuaikan untuk berkerja secara maksimal dan hal tersebut tidak terjadi pada charger yang tidak asli.

4. Nge-Charge langsung dari soket listrik

Mengisi baterai pada smartphone sebenarnya dapat dilakukan tidak hanya melalui soket listrik, namun juga USB pada laptop maupun perangkat lainnya.

Akan tetapi, untuk mengisi baterai smartphone Anda dengan cepat dan maksimal, sebaiknya Anda nge-charge langsung dari soket listrik.

Mengisinya melalui USB dan lain sebagainya akan memakan waktu yang lebih lama dalam pengisian.

5. Hindari tempat yang panas

Baterai pada smartphone tidak didesain untuk tahan dalam suhu yang panas maupun di bawah paparan sinar matahari langsung.

Saat anda mengisi baterai smartphone, sebaiknya hindari meletakkannya di bawah paparan sinar matahari langsung karena dapat merusak atau mengurangi optimalnya baterai Anda dalam bekerja.

6. Tidak menggunakan saat sedang di-charge

Banyak dari kita yang tetap menggunakan smartphone secara terus menerus walaupun sedang di-charge.

Padahal, sebaiknya biarkan baterai terisi dengan cukup hingga penuh dahulu baru menggunakannya.

Menggunakan smartphone selagi di-charge dapat membuat pengisian baterai semakin lama dan smartphone mudah menjadi lebih panas.

Semoga bermanfaat!

(photo: wonderfulengineering.com)