Loading...

Kenali 6 Fakta Tentang Seorang Introvert

Penulis: Amanda Rubrik: Remaja

Kenali 6 Fakta Tentang Seorang IntrovertTERUSKAN.COM – Introvert adalah keadaan di mana seseorang lebih nyaman saat sedang sendiri, dengan dirinya sendiri dan cenderung menjauhi aktivitas sosial yang melibatkan banyak orang.

Banyak juga kesamaan antara sifat pemalu dan introvert, namun introvert tidaklah berarti orang tersebut pemalu, namun lebih senang beraktivitas seorang diri.

Mungkin Anda memiliki teman atau anggota keluarga yang cenderung suka menyendiri dan sibuk dengan kegiatan pribadinya.

Loading...

Atau jikaAnda adalah seorang introvert, Anda tidak perlu khawatir akan semua berita negatif terhadap sifat ini, karena ada beberapa hal yang perlu Anda ingat dan dapat meyakinkan Anda bahwa menjadi seorang introvert juga dapat membuat Anda bahagia.

1. ‘Break

Break atau waktu jeda, dapat diartikan sebagai waktu istirahat di antara aktivitas-aktivitas padat. Biasanya dilakukan oleh seorang introvert dengan sungguh-sungguh dan tidak ingin diganggu orang lain.

Hal ini dilakukan seseorang untuk mengisi kembali energi atau mood dalam dirinya sehingga dapat melakukan aktivitas harian seperti semula, yang dapat ia lakukan kapan saja ia mau.

Biasanya seorang introvert tiba-tiba menolak ajakan pesta, makan bersama atau hal lainnya dan memilih sendirian saja di rumah atau di kamar.

Anda tidak perlu khawatir saat ingin ‘rehat’ sejenak karena memang terkadang hal tersebut baik bagi anda. Hal ini lebih baik daripada memaksakan diri untuk beraktivitas ketika Anda tidak merasa ingin melakukannya.

2. Sedikit Teman

Seseorang yang introvert identik dengan pertemanan yang sempit dan tidak luas seperti kebanyakan orang pada umumnya.

Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut karena sebenarnya, lebih baik memiliki sedikit teman namun mereka selalu ada di dekat Anda, daripada banyak teman yang tidak ada saat Anda butuhkan.

3. Bekerja Sendiri

Orang yang introvert biasanya lebih suka bekerja sendiri dan tidak dalam sebuah tim atau grup. Hal ini yang membuat mereka biasanya terlihat tidak ramah atau aneh.

Padahal, ada beberapa jenis pekerjaan yang memang sebaiknya dilakukan seorang diri. Selain itu, sebuah penelitian membuktikan seseorang mampu berpikir optimal jika bekerja sendiri karena bekerja dengan orang lain disebutkan mampu mempengaruhi ide maupun pikiran.

4. Aktivitas Monoton

Jika kebanyakan orang akan senang mencoba hal-hal baru dalam hidupnya, seorang yang introvert akan cenderung melalukan hal yang itu-itu saja karena mereka sudah merasa nyaman melakukannya dan ingin terus melakukannya.

Sebaiknya sesekali waktu Anda mencoba melakukan hal baru seperti aktivitas olahraga, kegiatan sosial bersama atau aktivitas seru lainnya.

Yakinkan pada diri anda bahwa tidak ada salahnya untuk mencoba.

5. Menulis

Banyak fakta membuktikan bahwa seseorang yang intovert biasanya mampu menulis dengan hebat karena mereka mampu berkonsentrasi tinggi pada hal yang mereka gemari.

Jika Anda hobi menulis, teruslah kembangkan hobi tersebut, siapa tahu Anda dapat menjadi ahli di bidang yang Anda tekuni.

6. Lebih Bahagia

Beberapa studi menunjukkan bahwa seseorang yang introvert biasanya lebih bahagia daripada mereka yang cenderung hidup mengikuti cara maupun trend yang orang lain ikuti.

Orang yang introvert tahu akan apa yang mereka sukai dan tidak ragu untuk menjadi dirinya sendiri, sepenuhnya.

***

Bagaimana? Jika Anda seorang introvert, semoga penjelasan di atas mampu membuat Anda menyadari bahwa diri anda juga spesial.

Semoga bermanfaat!

(photo: 4.bp.blogspot.com)