Loading...

Ini Dia Kota Seafood Terbaik di Indonesia

Penulis: Mayrani Rubrik: Wisata

TERUSKAN.COM – Mencerminkan keragaman etnis, negara kepulauan ini menawarkan ribuan resep tradisional yang memanfaatkan bahan-bahan lokal yang melimpah.

Kota-kota ini, yang tercantum dan dipilih oleh The Jakarta Post Travel, adalah rumah bagi beberapa tempat terbaik untuk menangkap makanan laut segar lezat paling surgawi.

Ini Dia Kota Seafood Terbaik di Indonesia

Palumara, Seafood dari Makassar

Loading...

Makassar, Sulawesi Selatan

Makassar terkenal dengan masakannya.

Setelah menyaksikan matahari terbenam di Pantai Losari, pergilah ke restoran seafood yang mungkin paling terkenal di Pantai Losari, Rumah Makan Nelayan, untuk makan malam.

Rumah Makan Nelayan terkenal lezat, sambal pedas (bumbu cabai). Hidangan penanda adalah Kerapu Goreng Rica (kerapu goreng dengan saus cabai hijau). Semua makanan laut dalam keadaan segar dan dipajang.

Jika Anda merasa lebih berani, Anda mungkin ingin mencoba Palumara (kepala kakap merah dengan sup bening dibumbui dengan asam, tomat dan kemiri). Restoran Ulu Juku di Jl. Racing Center melayani Palumara lezat serta Gulai Kepala Kakap (kari kepala kakap).

Rasa lokal lain yang sayang Anda lewatkan adalah ikan bakar gagrak Makassar (ikan panggang dengan garam dan jeruk nipis, disajikan dengan berbagai macam saus cabai).

Tempat lain yang tidak kalah bagus ialah Pelabuhan Paotere, di mana Anda dapat melihat Phinisi, kapal layar Bugis. Pergilah ke pasar ikan dan mampir di Restoran Paotere untuk mencoba ikan bolu bakar (bandeng panggang dibumbui dengan air jeruk nipis, kemiri, bawang putih dan bawang merah).

Manado, Sulawesi Utara

Selain ragam ikon saus cabai pedas, Manado, yang terletak di ujung utara Sulawesi, juga merupakan tempat yang bagus untuk dieksplorasi.

Restoran Seafood Wahaha, di daerah Mega Mall di Pantai Mega Mas, merupakan favorit di antara penduduk lokal dan turis.

Karena penduduk setempat di sana dikenal mencintai makanan pedas, makanan laut di Wahaha jelas bukan untuk mereka yang tidak tahan pedas. Tapi bagi Anda yang mencari petualangan rasa harus mencoba Woku Blanga: kakap merah yang dimasak dengan jahe merah, kemiri, daun jeruk, kunyit dan cabai.

Pantai Kalasey di sisi selatan kota juga merupakan pilihan yang baik; tempat populer termasuk Restoran Seafood Ria Rio dan Restoran City Extra. Tapi sekali lagi, bersiaplah untuk saus pedas.

Satu lagi hidangan lokal yang harus Anda coba adalah Cakalang Fufu (ikan cakalang asap yang dijepit ke bingkai bambu). Makanan ini memiliki umur simpan sekitar satu bulan dan merupakan souvenir populer. Cakalang Fufu bisa dihangatkan atau digoreng dan sangat cocok dengan nasi putih dan sambal dabu-dabu.

Bali

Sebagai pusat wisata negara yang paling menonjol, tidak mengejutkan jika Bali adalah surga makanan.

Pantai Jimbaran, yang hanya berada sekitar 10 hingga 15 menit dari bandara, memiliki lebih dari 50 restoran sepanjang jalan dan menawarkan makan dengan penerangan lilin di pantai untuk suasana pesta matahari terbenam.

Salah satu restoran paling populer di Jimbaran adalah Kafe Menega. Ia menawarkan menu set untuk berdua atau a la carte. Hanya saja, jangan lupa untuk mencoba kerang BBQ dan lobster panggan .

Jika Anda berpikir bahwa makanan laut di wilayah Jimbaran terlalu mahal, Pulau Serangan sedikit lebih ramah dompet.

Meskipun terkenal karena konservasi penyu-nya, Serangan juga memiliki banyak warung seafood yang membentang di sepanjang pantai yang dalam perjalanan ke Candi Sakenan. Mayoritas menjual ikan bakar dan sup kepiting. Anda juga dapat menemukan warung-warung kecil yang menjual makanan ringan yang terbuat dari rumput laut dan kulit ikan.

Denpasar merupakan pilihan juga jika Anda benar-benar tidak ingin menyimpang terlalu jauh. Warung Mak Beng dan Warung Be Pasih di ibukota merupakan tempat-tempat untuk wisatawan dan penduduk lokal. Warung Mak Beng di Sanur legendaris dengan sup ikan-nya, tetapi Anda dapat memesan ikan rebus atau goreng juga dengan saus bumbu aromatik pedas.

Batam

Pulau kecil di sebelah selatan Singapura ini juga merupakan tujuan besar untuk makanan laut.

Di Batam, restoran seafood biasanya disebut sebagai Kelong.

Restoran seafood tertua di pulau adalah Golden Prawn Restaurant and Seafood. Berjarak sekitar 30 menit dari Batam Center Ferry Terminal di Bengkong Laut, tepat di pinggir laut.

Banyak bus wisata berhenti untuk makan di sini, jadi datanglah sebelum makan siang atau makan malam. Semua makanan laut segar dari laut dan gonggong (siput laut yang dapat dimakan) merupakan menu yang wajib dicoba. Gonggong biasanya dikukus dan dimakan dalam sambal bumbu kacang.

Pelabuhan Teluk Bata,, di mana Terminal Ferry Internasional terletak, memiliki banyak Kelong di sepanjang pantai dengan meja di pinggir laut dan pemandangan spektakuler dari Tanjung Uma. Kakap, kerapu, cumi-cumi, dan kepiting tersedia untuk dimasak sesuai dengan keinginan Anda dengan harga yang tidak akan menguras dompet Anda.

Jika Anda kebetulan melewati Jembatan Barelang di Batam, Reastoran Seafood Barelang menawarkan pemandangan dari jembatan, yang menghubungkan Pulau Batam, Rempang dan Galang.

(photo: dentistvschef.files.wordpress.com)