Loading...

Tips Agar Lancar Menjalani Proses Persalinan

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Wanita

TERUSKAN.COM – Kesempurnaan seorang wanita ialah saat mereka telah melahirkan seorang anak, menjadi ibu. Di samping itu, banyak hal yang dilalui. Mulai dari proses mengandung hingga persalinan.

Untuk proses persalinan sendiri bukan menjadi hal yang mudah untuk dijalani. Karena itu, beberapa calon ibu disarankan untuk melakukan beberapa latihan untuk menjalani proses persalinan yang akan sangat membantu dan bisa saja mengurangi rasa sakitnya.

Tips Agar Lancar Menjalani Proses Persalinan

Loading...

1. Istirahat

Take a rest!  Ini menjadi poin penting yang harus dilakukan para ibu hamil. Mereka bahkan disarankan untuk beristirahat dan bersantai di tempat tidur. Istirahat diperlukan tetapi juga harus diimbangi dengan olahraga teratur.

Istirahat tidak hanya membantu ibu hamil lebih lancar dalam proses persalinan, tetapi juga membantu agar lebih cepat pulih setelah proses persalinan.

2. Lebih Fleksibel

Semua calon ibu akan diberitahu mengenai proses pertumbuhan anak mereka dan kemajuan kehamilan yang dijalani.

Ingat,  tidak ada kehamilan yang berjalan sesuai rencana Anda.  Karena itu, jika ada sedikit masalah sebaiknya jangan terlalu dipikirkan,  sehingga Anda akan lebih siap dan lancar dalam menjalani proses persalinan.

3. Mengikuti Kelas Ibu Hamil

Daftarkan diri Anda untuk mengikuti kelas kehamilan. Di sana Anda akan diajarkan segala sesuatu yang perlu diketahui tentang proses persalinan.

Apa yang harus Anda makan dan apa yang seharusnya dihindari, serta porsi makan. Bahkan Anda akan diberikan latihan-latihan khusus untuk merangsang proses persalinan agar lebih cepat.

4. Belajar Fokus

Coba dan bangkitkan konsentrasi dengan berfokus pada kekuatan Anda dalam menjalani proses persalinan nanti.

Saat Anda telah memasuki proses persalinan, latihan fokus yang telah Anda lakukan akan membantu mendorong proses kontraksi yang akan membantu Anda mengatasi rasa sakit.

5. Mencoba Terapi Air

Selain kelas ibu hamil, terapi air juga dapat membantu memperlancar proses persalinan. Masuk ke dalam bak mandi yang berisi air hangat atau duduk di bawah shower air panas akan membantu Anda untuk bersantai dan menenangkan diri.

Terapi ini akan menenangkan dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh kontraksi.

6. Pelajari Teknik Pernapasan

Pernapasan menjadi kunci utama jika Anda ingin menjalani proses persalinan dengan lancar. Pelajari teknik yang berbeda seperti pernapasan dalam, napas pendek, kendalinya dan sebagainya.

Demikian beberapa tips yang akan membantu Anda menjalani proses persalinan lebih lancar.

Nyeri adalah suatu hal yang alami dan setiap wanita berbeda-beda dalam tingkat rasa sakit yang dapat ia tolerir. Wanita dapat melakukan berbagai jenis kegiatan atau intervensi yang dapat membantu mengurangi nyeri persalinan dan meningkatkan kenyamanan mereka.

 

Kepercayaan diri dari calon ibu menjadi hal penting yang harus Anda yakini saat proses persalinan, sehingga semuanya akan berjalan dengan baik.

Semoga bermanfaat!

(photo: thestorkmagazine.com)