Loading...

5 Ide Aktivitas Mengisi Liburan Untuk Mahasiswa

Penulis: Amanda Rubrik: Pendidikan, Remaja

5 Ide Aktivitas Mengisi Liburan Untuk MahasiswaTERUSKAN.COM – Bagi Anda yang sedang berkuliah, liburan akhir semester memang selalu ditunggu.

Tidak hanya bebas dari tugas kuliah yang menumpuk, liburan akhir semester yang cenderung pendek juga dapat membuat kita melakukan aktivitas yang cukup panjang.

Sebagian besar mahasiswa memang menghabiskan masa liburan akhir semester dengan melakukan perjalanan panjang, baik dengan keluarga maupun teman-teman. Tidak hanya menyenangkan, travelling juga dapat memberikan banyak manfaat.

Loading...

Untuk Anda yang sebentar lagi akan liburan akhir semester, berikut adalah beberapa ide aktivitas yang dapat Anda lakukan. Aktivitas-aktivitas berikut ini tidak hanya menyenangkan, namun juga memberikan manfaat yang besar untuk Anda.

Nah, berikut ulasan dari kami.

1. Magang atau Kerja Paruh Waktu

Liburan memang identik dengan aktivitas yang tidak serius dan bertolak belakang dengan kegiatan Anda di masa kuliah. Namun, mengisi liburan dengan bekerja paruh waktu atau magang juga menjadi salah satu pilihan yang tepat. Mengapa?

Magang atau bekerja paruh waktu dapat memberikan Anda pengalaman yang berharga dalam kegiatan di lingkungan kerja yang tentu berbeda dengan lingkungan di bangku kuliah.

Tidak hanya pengalaman, pelajaran dan pengetahuan yang didapat dari pekerjaan itu sendiri, namun juga semakin meluasnya pergaulan Anda karena Anda dapat bertemu dengan banyak orang baru.

Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda dan mungkin dapat menjadi batu loncatan besar untuk pilihan karir setelah lulus kuliah.

2. Menjadi Sukarelawan

Kegiatan yang satu ini mungkin tidak terlalu banyak dilirik karena identik dengan pekerjaan yang berat dan tanpa bayaran.

Akan tetapi, menjadi sukarelawan sebenarnya juga memberikan banyak manfaat. Terutama bagi Anda yang kuliah di jurusan humaniora misalnya, Anda dapat merasakan manfaat lewat kegiatan langsung di lapangan.

Menjadi sukarelawan juga dipercaya dapat meningkatkan rasa simpati kita terhadap orang lain dan menjadi pembelajaran yang baik akan hal-hal dalam kehidupan.

Tak lupa, Anda juga dapat bertemu banyak orang baru dan membangun relasi. Pilih jenis pekerjaan yang Anda sukai, misalnya berkaitan dengan pendidikan, anak-anak, lingkungan, kesehatan dan lain sebagainya.

3. Belajar Bahasa Asing

Tak dapat dipungkiri lagi, penguasaan bahasa asing sangat berguna saat ini, terutama dalam bidang pekerjaan.

Bagi Anda yang belum memiliki rencana pasti mengisi liburan akhir semester, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk belajar bahasa Asing.

Baik itu bahasa Inggris maupun bahasa asing populer lainnya seperti Perancis, Jerman, Jepang dan masih banyak lagi.

Anda dapat mengambil kursus di lembaga resmi dan terpercaya, atau ortodidak dengan buku dan beberapa program gratis di internet.

4. Bergabung dengan Organisasi

Bergabung dengan sebuah organisasi ataupun komunitas memberikan banyak manfaat terutama dalam hal sosial karena kita bertemu dengan banyak orang.

Pilih organisasi sesuai bidang yang Anda minati. Baik itu yang berhubungan dengan hobi maupun jurusan kuliah anda.

5. Menghabiskan Waktu dengan Keluarga

Aktivitas yang satu ini selain menyenangkan juga memberikan banyak manfaat. Ya, luangkan waktu untuk mengisi liburan bersama dengan keluarga, baik itu liburan, mengunjungi keluarga yang ada di luar kota dan masih banyak lagi.

Mungkin Anda selalu sibuk disaat kuliah dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengisinya bersama keuarga. Jadi tunggu apa lagi?

***

Dengan beberapa pilihan aktivitas di atas, diharapkan liburan Anda menyenangkan dan kaya manfaat.

Have a nice holiday!