Loading...

Ini Dia, 9 Manfaat Si Cantik Bunga Sepatu

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

Ini Dia, 9 Manfaat Si Cantik Bunga SepatuTERUSKAN.COM – Bunga sepatu, atau dalam bahasa latinnya hibiscus, merupakan salah satu bunga yang banyak tumbuh di daerah tropis.

Termasuk di Indonesia, bunga atau yang biasa disebut kembang sepatu ini tumbuh subur terutama di tempat yang mudah terkena sinar matahari.

Bunga sepatu biasanya berwarna-warna cerah seperti merah dan di pedesaan sering digunakan untuk mainan anak-anak.

Loading...

Bunga ini biasanya tidak diperjual belikan secara satuan karena cenderung tumbuh dengan mudahnya dan bahkan disebut pula bunga liar.

Di balik kecantikan bunga sepatu, ternyata juga menyimpan banyak manfaat, tidak hanya untuk kecantikan, namun juga kesehatan. Berikut diantaranya:

1. Antioksidan

Kelopak bunga sepatu ternyata kaya akan kandungan zat antioksidan yang berguna untuk membersihkan tubuh dari racun dan radikal bebas.

Anda dapat memanfaatkan kandungan tersebut dengan mengonsumsi teh kelopan bunga sepatu yang juga bermanfaat untuk pencegah kanker dan penurun kadar kolestrol

2. Merawat Kulit

Tak hanya kelopak bunga mawar yang kaya akan manfaat untuk kulit, tapi juga kelopak bunga sepatu.

Anda dapat memanfaatkannya dengan cara menggosokkan kelopak bunga sepatu pada wajah maupun leher saat berendam dengan air hangat atau masukkan dalam campuran lulur.

Kelopak bunga sepatu dipercaya dapat mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih halus. Selain itu, kandungan antioksidan didalamnnya dipercaya dapat mencegar penuaan dini.

3. Menurunkan Berat Badan

Ya, bagi Anda yang sedang dalam program diet, Anda dapat mengonsumsi teh kelopak bunga sepatu untuk membantu menurunkan berat badan.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan antioksidan yang juga dapat bermanfaat mengeluarkan racun, mengurangi lemak dan kalori dalam tubuh.

Tentu hal ini sebaiknya Anda jalankan bersama dengan program diet lain yang sedang Anda jalani.

4. Mengurangi Rasa Cemas

Rasa cemas juga dapat timbul oleh asupan makanan dan minuman yang tidak sehat dan juga pola gaya hidup yang salah.

Anda dapat memanfaatkan teh kelopak bunga sepatu untuk membuat perasaan menjadi lebih tenang.

5. Meredakan Demam

Untuk Anda yang menyukai pengobatan alternatif dengan memanfaatkan tanaman herbal, Anda dapat memanfaatkan kelopak bunga sepatu sebagai salah satu obat pereda demam.

Minumlah teh kelopak bunga sepatu secara rutin saat demam.

6. Mengatasi Ketombe

Bagi Anda yang bermasalah dengan ketombe, manfaatkan minyak kelopak bunga sepatu dan gosokkan pada kulit kepala Anda serambi dipijat.

Perawatan rutin dengan minyak kelopak bunga sepatu dapat mengurangi dan menghilangkan kotembe yang mbandel

7. Melembabkan Wajah

Jika kulit Anda cenderung kering hingga sangat kering, gunakan minyak kelopak bunga sepatu dalam perawatan masker wajah.

Oleskan ada kulit wajah sambil dipijat dengan lembut, tunggu sebentar dan bilas hingga bersih.

8. Mengatasi Selulit

Bagi para wanita, selulit memang menyebalkan dan mengganggu penampilan. Anda dapat memanfaatkan minyak kelopak bunga sepatu untuk mengatasinya.

Oleskan pada daerah selulit, pijat dan bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin, niscaya selulit Anda akan berangsur hilang

9. Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Tumit, siku dan bagian tubuh lain yang sering kering hingga pecah-pecah dapat diatasi dengan menggunakan minyak kelopak bunga sepatu.

Oleskan setiap diperlukan, maupun sebelum Anda tidur, dengan rutin untuk hasil yang maksimal.

(photo: www.sehat.info)