Loading...

Tips Pengaturan Meja Untuk Makan Malam

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Desain

Tips Pengaturan Meja Untuk Makan MalamTERUSKAN.COM – Makan malam adalah bagian penting dalam keseharian Anda yang harus Anda jadikan sebagai suatu momen kebersamaan dengan anggota keluarga atau teman-teman terdekat.

Mengatur atau merias meja makan menjadi indah dipandang bukanlah sesuatu yang mudah.

Anda harus menempatkan semua pada tempat yang pas agar keluarga atau tamu yang diundang akan merasa nyaman dengan tampilan tersebut.

Loading...

Setiap orang selalu memberi perhatian lebih pada tampilan meja pada ruang tamu mereka, begitu pula dengan meja makan, Anda harus memahami pentingnya banyak faktor lain seperti kenyamanan dan pengaturan meja makan yang tepat.

Jika Anda menjadi tuan rumah suatu pesta atau fungsi lain seperti pertemuan kelompok, arisan dan semacamnya, Anda mungkin senang untuk mencoba sesuatu yang baru dari pengaturan biasa dan konvensional.

Tips untuk menata meja makan akan sangat berguna dalam kasus tersebut. Wanita suka untuk menjaga dapur dan ruang makan mereka agar tampak lebh nyaman dan menarik.

Jika Anda adalah salah satu di antara mereka, cobalah beberapa tips berikut seperti dilansir dari boldsky yang efektif untuk membuat tampilan meja makan menjadi lebih indah. Namun tidak hanya indah dipandang, tetapi juga membuat Anda merasa nyaman.

Jaga kebersihan meja

Tidak peduli apapun yang Anda lakukan, meja makan selalu identik dengan hal kotor dan lengket. Sisa makanan yang berhamburan dapat menjadikan meja makan Anda kurang menyenangkan.

Ini merupakan hal terburuk terutama bila Anda mengundang seorang tamu dengan keadaan meja yang berantakan.

Jadi selalu jaga kebersihan meja makan Anda agar tetap rapi dan terawat. Ini adalah salah satu tips yang paling penting untuk mengatur tampilan meja makan Anda menjadi lebih nyaman.

Tatakan atau alas piring

Jangan berpikir bahwa percuma menggunakan tatakan piring karena benda tersebut akan tertutupi dengan piring Anda.

Selalu letakkan tatakan dengan desain yang menarik karena hal ini akan membuat meja makan Anda tampak lebih elegan.

Salah satu tips yang berguna untuk pengaturan meja makan yang indah adalah dengan menggunakan alas piring yang mudah dicuci dan dapat dibersihkan tanpa banyak usaha.

Letakkan sesuatu yang menarik

Menempatkan sesuatu di pusat meja makan akan membantu menjaga pengaturan yang indah.

Anda dapat memilih untuk meletakkan vas bunga atau sesuatu yang mencolok d tengah-tengah meja makan Anda. Anda juga bisa menempatkan serbet cantik di tengah meja.

Mengatur alat makan

Jika Anda tidak tahu bagaimana mengatur garpu, sendok dan alat makan lainnya, Anda mungkin akan membuat meja makan Anda tampak berantakan.

Jadilah bijaksana dalam menentukan susunan sendok garpu, tergantung pada makanan yang Anda siapkan.

Ini kadang menjadi sesuatu yang disepelekan banyak orang, padahal memiliki arti yang mendalam dalam hal etiket Anda.

Penataan piring

Akan lebih baik jika Anda memilih piring putih polos saat menyambut tamu untuk makan malam. Susun menu Anda di tengah-tengah meja, sehingga semua anggota keluarga atau teman memiliki akses yang mudah untuk mencapainya.

Penataan piring adalah salah satu tips penting untuk membuat tampilan meja makan lebih indah.

Jangan membuat meja makan terlihat padat

Terkadang saat sedang makan, Anda meletakkan dompet ataukah gadget Anda di atas meja makan. Ini pada akhirnya akan membuat meja tampak ramai dan padat.

Cobalah untuk menghindari kebiasaan ini guna membuat suasana menjadi lebih menyenangkan, apalagi bila Anda berada pada suasana yang formal.

(photo: www.josemarcio.com)