Loading...

5 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Penulis: Nuzulia Rubrik: Wanita

5 Manfaat Buah Manggis Untuk KesehatanTERUSKAN.COM – Buah manggis, siapa yang tak mengenalnya?

Buah berwarna merah keunguan ini memiliki rasa yang nikmat. Tak heran banyak yang menyukainya.

Buah manggis, Garcinia mangonstana, dalam perdagangan dijuluki sebagai “si ratu buah,” seperti halnya durian “si raja buah.” Merupakan komoditi yang sangat laris di pasaran, karena kadar antioksidannya yang dikenal tertinggi di dunia.

Loading...

Nah, apa saja manfaat kesehatan dari buah manggis? Ini dia!

1. Antioksidan

Buah manggis mengandung senyawa xanthone. Xanthone adalah sejenis senyawa polifenol yang baru ditemukan. Xanthone aktif secara biologis dan secara struktural mirip dengan bioflavanoid.

Senyawa zanthone jarang terdapat di alam, paling banyak ditemukan hanya dalam dua keluarga tanaman. Terdapat 200 jenis xhantone alami yang sejauh ini telah diidentifikasi, dan 40 jenis diantaranya telah ditemukan dalam kulit dan buah manggis.

Xanthone merupakan antioksidan kuat yang memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas yang bersifat merusak sel-sel tubuh. Antioksidan ini dapat menghambat penuaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengontrol penyakit degeneratif seperti arthritis atau radang sendi.

2. Kardioprotektif

Selain sebagai antioksidan, xanthone yang terdapat dalam kulit dan buah manggis juga bermanfaat dalam membantu agregasi platelet, yang dapat menyumbat pembuluh darah.

Selain itu xanthone memiliki aktifitas vasorelaxant. Dengan demikian dapat meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah.

Xanthone diketahui dapat menghambat produksi oksida nitrat – bahan kimia beracun dalam tubuh, yang meningkatkan fungsi jantung dan mengurangi risiko terkena aterosklerosis.

Bukan itu saja. Selain menawarkan manfaat kardioprotektif, xanthone juga bermanfaat dalam mencegah hipertensi dan trombosis.

3. Anti-Kanker

Senyawa xanthone yang ditemukan dalam buah manggis juga bermanfaat dalam memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker pada usus besar dan kanker hati.

Bahkan kandungan xanthone juga mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab penyakit leukemia.

4. Membantu menurunkan berat badan

Buah manggis mengandung 63 kalori per 100 gr buah manggis.

Tak hanya itu, buah manggis juga tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol. Buah manggis juga dapat mencukupi kebutuhan serat tubuh sebanyak 13 persen dalam setiap 100 gram-nya.

Dengan kandungan seratnya yang tinggi dan kalorinya yang rendah, buah manggis sangat cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

5. Membantu menyembuhkan sariawan

Selain mengandung antioksidan, senyawa xanthone, dan serat yang tinggi, buah manggis ternyata juga mengandung vitamin C.

Dengan kandungan vitamin C ini buah manggis dapat kita manfaatkan untuk membantu menyembuhkan sariawan.

Caranya mudah saja. Kulit buah manggis dicuci, lalu dipotong-potong dan direbus dengan empat gelas air. Setelah mendidih dan air rebusan tersisa setengahnya, angkat dan dinginkan. Setelah dingin, air rebusan disaring, dan gunakan untuk berkumur.

Selain manfaat-manfaat yang disebutkan di atas, buah manggis juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit diare dan disentri.

Bagaimana? Sudahkah Anda makan buah manggis hari ini?

(photo: http://reps-id.com)