Loading...

Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan

Manfaat Buah Naga Untuk KesehatanTERUSKAN.COM – Dewasa ini banyak masalah kesehatan yang menerpa, sebut saja penyakit stroke, jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, asam urat, dan banyak lagi.

Stress akibat beban kerja yang tinggi, kemacetan lalu lintas, berbagai macam polusi, dan makanan yang tidak sehat disinyalir menjadi salah satu pemicunya.

Akan tetapi, tidak semua masalah kesehatan tersebut harus diselesaikan dengan mengonsumsi obat-obatan kimia. Semuanya dapat dicegah dengan buah dan sayuran dari alam.

Loading...

Salah satunya ialah dengan mengonsumsi buah naga.

Buah naga, yang memiliki nama latin Hylocereus undatus, merupakan jenis buah dari beberapa jenis kaktus famili Hlyocereus dan Selenicereus. Buah yang berasal dari negara Meksiko di benua Amerika ini kini banyak dibudidayakan di negara–negara Asia, termasuk Indonesia.

Dilihat dari bentuk fisiknya, buah naga atau dragon fruits ini berbentuk bulat seperti buah nanas. Kulitnya yang berwarna merah dan bersisik menjadi ciri khasnya. Batangnya berbentuk segitiga, durinya pendek dan tidak mencolok.

Terdapat beberapa jenis buah naga, seperti Hylocereus undatus, buah naga yang buahnya berwarna merah dengan daging buah putih; Hylocereus polyrhizus, buah naga yang buahnya berwarna merah muda dengan daging buah merah. Selenicereus megalanthus, buah naga berwarna kuning dan daging buah putih, dan Hylocereus costaricensis, buah naga berwarna merah mencolok.

Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari buah naga,diantaranya ialah:

1. Mencegah penyakit kardiovaskular dan membantu menurunkan berat badan

Buah naga yang kaya akan serat dapat digunakan untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lain.

Selain itu, buah naga dapat memperlancar pencernaan, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan secara alami.

2. Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang banyak terdapat dalam buah naga dapat menambah daya tahan tubuh.

3. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Kandungan antioksidan dalam buah naga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas dan penyakit kanker.

4. Manfaat lainnya

Selain manfaat yang diuraikan di atas, buah naga juga diketahui banyak mengandung fosfor, vitamin B3, lemak, protein, gula sederhana, air, betakaroten, kalsium, folat, dan kandungan alami lainnya.

Selain dapat menurunkan kolesterol, buah naga juga membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, menjaga kesehatan mata, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah diabetes melitus, menyediakan mineral bagi tubuh, mencegah anemia, dan menghaluskan kulit.

Bukan itu saja. Buah naga membantu menjaga kesehatan ibu hamil serta membantu pertumbuhan janin.

Ternyata, buah naga memiliki manfaat yang melimpah. Nah, bagaimana mengonsumsinya? Konsumsi buah naga dapat dilakukan dengan membuat jus buah naga, dimakan langsung buahnya, atau dapat dengan mengonsumsi ekstrak buah naga yang banyak dijual di pasaran.

Mudah bukan? Selamat mencoba.

(photo: herbalalami77.blogspot.com)