Loading...

6 Manfaat Kesehatan Minuman Berkarbonasi Sehat, Ginger Ale

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Ginger ale (jahe berkarbonasi) adalah minuman berkarbonasi yang dibuat dari ekstrak jahe dan dicampur dengan gula. Saat ini, minuman hangat tersebut telah dijual secara komersial di seluruh dunia. Awalnya minuman ini pertama kali ditemukan ooleh warga Canada dan masih dalam bentuk alami tanpa dicampur dengan air berkarbonasi dan pengawet lainnya seperti yang saat ini terdapat pada beberapa negara seperti China, India dan negara lainnya.

Seperti yang kita ketahui, jahe sendiri memiliki sifat penyembuhan dan telah digunakan untuk menyembuhkan banyak penyakit dari waktu ke waktu. Sama halnya dengan ginger ale yang menggunakan bahan dasar jahe juga memiliki manfaat pengobatan kesehatan yang setara dengan jahe meskipun memiliki campuran lain.

Penasaran dengan manfaat dari ginger ale, minuman jahe berkarbonasi ini? Yuk, simak artikel berikut.

Loading...

6 Manfaat Kesehatan Minuman Berkarbonasi Sehat, Ginger Ale

1. Membantu Pencernaan dan Mencegah Gangguan Pada Usus  

Jahe menjadi bahan alami pengobatan untuk masalah pencernaan. Disamping itu juga membantu menjaga lapisan lambung, mencegah gas berlebih pada usus dan juga membantu menenangkan otot-otot pada saluran pencernaan.

2. Mengatasi Mual  

Jika Anda memiliki masalah seperti mabuk saat bepergian,  ginger ale akan sangat membantu untuk meredakan rasa mual dibanding Anda harus mengkonsumsi obat mual. Minuman ini akan mengatasi mual, pusing dan sakit kepala yang biasanya berkaitan erat dengan mabuk.

3. Sebagai Anti-Inflamasi  

Ginger ale memiliki senyawa yang disebut gingerol yang berperan sebagai sifat anti-inflamasi dimana membantu mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis dan otot lainnya karena rasa sakit dan nyeri. Minuman ini sangat baik dikonsumsi saat musim dingin jika Anda mengalami rasa sakit dan nyeri.

4. Mencegah Kanker Kolorektal dan Kanker Ovarium  

Gingerol yang ditemukan secara alami dalam jahe dapat membantu melawan kolorektal dan kanker ovarium. Untuk para wanita, akan sangat baik jika mengkonsumsi minuman ini karena akan menurunkan resiko terkena kanker ovarium.

5. Membantu Mengatasi Morning Sickness Untuk Ibu Hamil  

Jahe diketahui dapat mengatasi masalah morning sickness yang biasanya dialami beberapa ibu hamil tanpa ada efek samping.  Minuman ini lebih baik dibanding harus mengkonsumsi obat untuk mengatasi morning sickness yang diketahui dapat menyebabkan beberapa masalah cacat lahir pada anak-anak.

Ginger ale adalah pilihan yang paling aman dan  efektif untuk mengobati muntah dan mual yang berhubungan selama masa kehamilan.

6. Berperan Sebagai Minuman Sehat  

Minum secangkir kecil jahe jika Anda tidak merasa lapar terutama jika Anda sedang mengalami masalah, akan membantu menenangkan Anda. Selain itu, jahe juga akan mengeluarkan semua gas yang terdapat dalam perut dan membuat cukup ruang untuk Anda makan dalam jumlah yang tepat.

**

Minuman hangat ini akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Jika sulit menemukannya di toko atau swalayan, Anda dapat membuatnya di rumah. Pastikan Anda telah mengupas dengan bersih jahe sebelum diolah.

Alasan lain mengapa lebih baik membuatnya di rumah, Anda dapat terhindari dari pemanis buatan atau tambahan bahan pengawet yang tidak akan memberikan keuntungan. Disamping itu, membuatnya dirumah akan terasa lebih segar dan Anda dapat menyimpannya dalam kulkas  minum setiap pagi di saat perut terasa kosong.

Semoga bermanfaat.