Loading...

Ini Dia, 5 Karakteristik Pegawai Paling Dicari Perusahaan

Penulis: Amanda Rubrik: Dunia Karir

Ini Dia, 5 Karakteristik Pegawai Paling Dicari PerusahaanTERUSKAN.COM – Mencari pekerjaan saat ini bisa dibilang susah-susah gampang.

Selain semakin ketatnya jumlah pencari kerja, kemampuan orang per orang pun menjadi sangat kompetitif dan bersaing.

Oleh sebab itu kita banyak menemukan informasi seputar tips mencari pekerjaan dan meningkatkan kualitas kemampuan kita sehingga cukup mampu bersaing dengan pencari kerja lainnya.

Loading...

Karakteristik yang sering dicari sebuah perusahaan untuk menerima seseorang bekerja di tempatnya adalah keterampilan yang tentu sesuai dengan bidang yang dibutuhkan.

Akan tetapi, pengetahuan yang telah Anda miliki sebelumnya tak serta merta menjadi penentu utama.

Ada beberapa karakteristik lain yang sebaiknya dimiliki seseorang agar mudah diterima dalam pekerjaan. Berikut adalah ulasan dari kami.

1. Penuh Rasa Ingin Tahu

Mungkin beberapa perusahaan ada yang lebih memilih seseorang dengan latar belakang pendidikan atau pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang yang dibutuhkan di dalam perusahaan tersebut.

Namun, ada kalanya sifat penuh rasa ingin tahu jauh lebih penting daripada orang yang merasa sudah tahu dan tidak ada keinginan untuk tahu lebih untuk meningkatkan kemampuannya.

Seseorang yang penuh rasa ingin tahu juga cenderung disukai pemilik perusahaan dan juga akan memudahkan pegawai tersebut untuk meningkatkan kualitasnya.

Janganlah berhenti untuk ingin tahu, terutama terhadap hal-hal baru yang mungkin masih asing bagi Anda.

2. Jujur dan Bertanggung Jawab

Tidak semua orang dapat berlaku jujur dan bertanggung jawab. Kedua karateristik tersebut termasuk dalam beberapa hal yang sulit dilakukan.

Terutama jika seseorang membuat kesalahan, ia kemungkinan akan lebih memilih untuk berbohong daripada mengakuinya agarterhindar dari amarah bos dan akibat yang lebih buruk seperti diberhentikan dan sebagainya.

Padahal, berbohong justru tidak akan menyelesaikan masalah, malah membawa masalah itu semakin serius.

Seseorang yang jujur terhadap segala yang dikerjakannya dan bertanggung jawan terhadap kesalahan walaupun itu kesalahan kecil akan lebih disukai perusahaan.

3. Mudah Beradaptasi

Seseorang yang melamar perkerjaan tahu bahwa dirinya akan berada di lingkungan pekerjaan yang baru, dengan orang-orang baru.

Hal ini yang dapat menyulitkan jika orang tersebut tidak mudah beradaptasi dengan lingkungan kerja barunya.

Jika Anda orang yang mudah beradaptasi, maka pertahankan sifat tersebut karena akan menarik pemilik perusahaan dan juga memudahkan Anda dalam bekerja.

Seseorang yang mudah beradaptasi juga cenderung lebih disukai rekan-rekan kerjanya dan hal tersebut tentu memberi dampak positif dalam lingkungan kerja.

4. Dapat Mengontrol Emosi

Dunia kerja tidaklah selalu adem ayem, terkadang ada beberapa masalah yang dapat membuat seseorang menjadi emosi dan marah.

Dalam hal menghadapi masalah inilah, seseorang yang mampu mengontrol emosi jauh lebih disukai oleh pemilik perusahaan karena dengan mengontrol emosi Anda menandakan bahwa Anda mampu berbuat bijak dan berpikir dua kali sebelum bertindak.

Orang yang penuh dengan emosi dan mudah marah akan membuat kesulitan tidak hanya terhadap dirinya sendiri namun juga rekan-rekan kerjanya.

5. Dapat Bekerja di Bawah Tekanan

Seseorang yang mampu bekerja di bawah tekanan juga cenderung disukai pemilik perusahaan. Mengapa?

Tidak semua orang mampu bekerja di bawah tekanan. Hal ini juga menandakan orang tersebut lemah dan tidak berpikiran bijak dalam menghadapi situasi.

***

Semoga bermanfaat.

(photo: techpaws.com)